...
Tempat Wisata Singkawang
5-min read

7 Tempat Wisata Singkawang yang Cocok untuk Berlibur di Akhir Pekan

Tempat Wisata Singkawang

Cek ragam tempat wisata di Singkawang yang memanjakan mata, ada pantai sampai pegunungan.

Singkawang merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Kota yang berlokasi di sebelah utara kota Pontianak ini memiliki hamparan pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata.

Konon kata Singkawang berasal dari kata “San Kew Jong” yang berarti kota yang terletak di antara laut, muara, gunung, dan sungai. Hal tersebut terbukti dengan lokasi Kota Singkawang yang berbatasan dengan Laut Natuna, Gunung Roban, Pasi, Raya, Gunung Poteng, dan Sakok.

Kota Singkawang memiliki ragam destinasi wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi para wisatawan. Mulai dari perbukitan sampai air terjun, semua ada di kota yang dijuluki Kota Seribu Kelenteng ini.

Buat kamu yang punya rencana jalan-jalan ke Singkawang, berikut tujuh tempat wisata Singkawang yang cocok untuk berlibur di akhir pekan. Yuk, disimak artikelnya!

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable, Pernah ke Sini?

1. Pantai Pasir Panjang

Source: Swiss Bel Hotel

Tempat wisata Singkawang yang pertama adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer dan wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kalimantan Barat.

Sesuai namanya, Pasir Panjang memiliki karakteristik garis pantai pasir putih yang panjang dan landai. Kamu dapat bersantai sembari menikmati hamparan pasir putih dan birunya air laut yang memanjakan mata.

Pantai ini memiliki daya tarik berupa panorama laut Natuna yang biru. Dari kejauhan dapat telihat pula beberapa pulau seperti Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan.

Menjelang sore hari, Pantai Pasir Panjang semakin ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunset. Kamu pun bisa bermain banana boat sambil melihat panorama yang memukau saat senja.

  • Alamat: Pantai Pasir Panjang @ Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

2. Danau Biru Singkawang

Source: Tribun Singkawang

Selain pantai, Singkawang juga memiliki pesona wisata alam lainnya, seperti Danau Biru Singkawang. Untuk menuju tempat ini, wisatawan perlu melewati jalan yang berpasir.

Sayangnya akses kendaraan umum untuk menjangkau tempat ini masih terbilang sulit. Oleh sebab itu, wisatawan yang berkunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Danau ini memancarkan kilau air berwarna hijau kebiru-biruan yang begitu mencolok. Warna danau tersebut tercipta akibat adanya penambangan emas dan telah ditinggalkan sedemikian lama. 

Kecantikan tersebutlah yang mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati ketika berada di tempat ini. Konon katanya air di danau ini sudah terkontaminasi dengan bahan kimia yang berbahaya bagi manusia.

  • Alamat: Danau Biru Singkawang @ Pajintan, Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat

3. Pantai Batu Burung

Source: Celebes.co

Pantai Batu Burung juga termasuk salah satu tujuan wisata pantai yang sangat populer di Singkawang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Keelokan alam di pantai ini tidak perlu dipertanyakan. Dari tepi pantai, wisatawan dimanjakan dengan panorama air laut berwarna biru dengan pepohonan kelapa yang hijau berayun-ayun di sepanjang pantai.

Salah satu keunikan dari pantai ini adalah batu-batu granit yang tersebar di sepanjang tepian pantai. Di tengahnya terdapat jembatan yang menghubungkan batu-batu tersebut. Area ini menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto.

Cukup menempuh perjalanan 10-15 menit dari simpang jembatang sedau dan jalan malindo, wisatawan dapat menikmati keindahan Pantai Batu Burung ini.

  • Alamat: Pantai Batu Burung @ Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

4. Air Terjun Eria

Source: Kumparan.com

Selain wisata pantai, Singkawang juga memiliki destinasi wisata air terjun yang memanjakan mata. Salah satu wisata air terjun yang dapat kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Eria yang memiliki aliran air jernih dan menyegarkan.

Jika dilihat secara saksama, air terjun Eria sejatinya bukanlah air terjun seperti pada umumnya. Air yang berada di tempat wisata tersebut bersumber dari Gunung Poteng. Masyarakat setempat lebih sering menyebut air terjun Eria dengan Sungai Eria.

Di tempat ini wisatawan masih dapat menikmati suasana alami khas pegunungan. Pepohonan rindang dengan udara yang sejuk mampu membuat wisatawan yang berkunjung betah untuk berlama-lama di tempat tersebut.

  • Alamat: Air Terjun Eria @ Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Boyolali yang Lagi Hits dan Instagramable | Yuk, Liburan Seru di Kota Susu!

5. Taman Batu Belimbing

Source: Celebes.co

Taman Batu belimbing terletak di Nyarumkop, Kalimantan Barat. Tempat wisata ini menyajikan nuansa alam yang tenang dan damai. Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki sebuah ikon berbentuk batu yang menyerupai buah belimbing.

Uniknya, keberadaan batu belimbing ini letaknya seperti mengapung di atas air. Hal ini dikarenakan batu belimbing di kelilingi oleh air yang sangat jernih dan merefleksikan keberadaan batu tersebut.

Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan harus menempuh waktu sekitar kurang lebih 20 – 30 menit dari pusat Kota Singkawang.

Batu Belimbing termasuk wilayah perbukitan dengan hamparan perkebunan dan hutan yang masih alami. Keasrian tempat ini menjadikan Taman Batu Belimbing sebagai ikon pariwisata panorama alam di Kelurahan Nyarumkop Singkawang Timur.

  • Alamat: Batu Belimbing @ Gang Batu Belimbing, Kelurahan Nyarumkop, Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat

6. Bukit Rindu Alam

Source: Celebes.co

Singkawang juga memiliki wisata alam perbukitan yang tak kalah indah dari bukit-bukit lain di Indonesia. Bukit Rindu Alam merupakan tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan yang datang ke Singkawang.

Bukit Rindu Alam berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut, wisatawan dapat melihat pemandangan matahari terbit maupun matahari tenggelam yang sangat memesona. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang mendambakan nuansa alam yang romantis.

Di Bukit Rindu Alam ini terdapat sebuah gardu pandang yang memperlihatkan keindahan pantai Kota Singkawang, seperti Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Pendek, dan lain-lain. Untuk mencapai puncak Bukit Rindu Alam, wisatawan dapat menggunakan roda dua atau roda empat.

  • Alamat: Bukit Rindu Alam @ Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

7. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Source: Celebes.co

Singkawang dijuluki sebagai Kota Seribu Kelenteng. Hal tersebut berkaitan dengan sejarah Kota Singkawang dengan para pendatang dari etnis Tionghoa.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya menjadi kelenteng tertua di Singkawang, yang konon sudah ada sejak tahun 1878. Oleh sebab itu, Vihara ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

  • Alamat: Vihara Tri Dharma Bumi Raya Jln. Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat

Itu dia tujuh tempat wisata Singkawang yang cocok untuk berlibur di akhir pekan. Mulai dari destinasi pantai hingga pegunungan, semua ada di Kota Singkawang. Dari tujuh destinasi di atas, mana tempat wisata yang ingin kamu kunjungi?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare