...
tempat wisata di solo yang instagramable
5-min read

6 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable, Pernah ke Sini?

tempat wisata di solo yang instagramable

Ternyata ada juga tempat wisata di Solo yang Instagramable!

Kamu sedang merencanakan liburan? Atau kebetulan sedang berada di Solo dan mau jalan-jalan atau mencari tempat-tempat menarik dan Instagramable untuk dikunjungi? Kamu sudah membaca artikel yang tepat!

Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi oleh para pelancong, baik dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Pesona Kota Solo memberikan kesan tersendiri bagi para turis berkat wisata sejarah dan wisata alamnya.

Sebagai turis, nih, tentu kita tidak hanya ingin menikmati pemandangan kota yang khas saja. Pasti ada juga keinginan untuk mengabadikan momen saat kita berkegiatan di sana, plus berfoto untuk keperluan konten media sosial, dong. Kamu mungkin termasuk yang sering kepikiran begini? Hayoo ngaku!

Ternyata ada tempat-tempat wisata di Solo yang instagramable dan sayang banget kalau kamu lewatkan!

Info wajib baca: 10 Tempat Wisata di Serang Wajib Mampir | Dari Wisata Alam hingga Sejarah

Tempat Wisata di Solo yang Instagramble dan Bersejarah

Dalam rangka merekam momen liburan atau membuat kenangan di Solo, tentu kamu perlu mencari spot foto yang terlihat bagus dan instagramable sebagai latar belakang.

Kalau datang ke tempat-tempat wisata bersejarah yang juga instagramable, nih, kamu tidak hanya mendapatkan foto-foto yang bagus, namun juga pengalaman dan pengetahuan tentang tempat tersebut.

Penasaran? Langsung cek tempat wisata di Solo yang instagramable untuk kebutuhan konten media sosialmu berikut ini!

1. The Heritage Palace

tempat wisata di solo yang instagramable
Source: Travel Kompas

Untuk beberapa dari kamu pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata di Solo yang instagramable satu ini. The Heritage Palace sendiri sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu, karena nuansa tempatnya seolah-olah membawa kamu ke Eropa pada zaman klasik.

Penampakan gedung yang desainnya seperti bangunan Eropa, membuat kamu bisa mengambil selfie sepuasnya di setiap sudut tempat The Heritage Palace ini. Selain itu, kamu juga dapat menyewa kostum untuk dipakai berfoto ria, baik sendiri maupun bersama teman-teman, bahkan keluarga.

The Heritage Palace terdiri atas beberapa museum unik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu sudah puas berfoto di sekitarnya. Ada Museum Industri, Museum Transportasi, Museum 3D Art, Omah Kwalik, Kids Town, dan Garden Retro Paradise. Jika perut sudah mulai keroncongan, kamu dapat menuju ke Food Street.

  • Alamat The Heritage Palace: Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Pukul 09.00 – 16.30 WIB (dapat berkeliling hingga pukul 19.00 WIB bagi yang sudah memiliki tiket)
  • HTM: Tiket outdoor Rp30.000, Tiket terusan Rp55.000 (weekdays) dan Rp 65.000 (weekend)

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

tempat wisata di solo yang instagramable
Source: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta

Menjadi tempat wisata bernilai sejarah, Keraton Surakarta Hadiningrat dapat kamu jadikan salah satu destinasi berkunjung. Dengan tampilan keraton yang megah namun sarat akan nilai-nilai budaya, kamu juga dapat mengambil foto yang instagramable di sini.

Keraton Surakarta Hadiningrat sendiri sudah sering menjadi spot foto prewedding bagi para pasangan yang akan menikah. Kamu juga dapat memakai baju adat Jawa dan berfoto seolah-olah kamu adalah bangsawan keraton, menarik bukan?

  • Alamat Keraton Surakarta Hadiningrat: Jln. Kamandungan, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Senin – Kamis pukul 09.00 – 14.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB, Jumat tutup
  • HTM: Tiket domestik Rp10.000; Domestik rombongan Rp8.000; Wisatawan asing Rp15.000.

3. Benteng Vastenburg

tempat wisata di solo yang instagramable
Source: Wikipedia

Bangunan peninggalan zaman Belanda sering kali menjadi spot foto yang menarik bagi sebagian orang yang berkunjung, tak terkecuali benteng.

Benteng Vastenburg menjadi salah satu tempat wisata sejarah untuk kamu masukkan ke dalam list tempat wisata di Solo yang instagramable. Tempatnya yang terkesan vintage akan memberikan kesan aesthetic pada foto kamu. Wajib banget kamu sambangi dan jadikan spot untuk mengambil stok foto feed Instagram, nih.

  • Alamat Benteng Vastenburg: Jln. Jenderal Soedirman Kedung Lumbu, Pasir Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Pagi-sore
  • HTM: Anak-anak Rp1.000, Dewasa Rp2.000

4. Gedung Djoeang 45

Source: Muhammad Irfan Al Amin (TribunSolo Wiki)

Gedung yang satu ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh anak-anak muda di kota Solo. Bangunannya yang berkesan klasik dengan sentuhan modern, ditambah dengan lampu-lampu yang menghiasi, membuat Gedung Djoeang 45 jadi salah satu tempat wisata yang instagramable di Solo.

Tempatnya sendiri tidak jauh dari pusat kota, dan uniknya lagi, jika kamu ingin masuk ke dalam Gedung Djoeang 45, kamu akan diwajibkan untuk membeli es krim gelato. Gimana, tertarik?

  • Alamat Gedung Djoeang 45: Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 17.00 WIB – 24.00 WIB
  • HTM: Gratis, hanya perlu membeli gelato jika ingin masuk ke dalam gedung

Tempat Wisata Alam di Solo yang Instagramable

Sstt, tempat yang instagramable tidak melulu cafe atau taman hiburan, tapi taman dan bendungan pun dapat menjadi salah satu spot foto yang menarik untuk kamu sambangi. Cek tempat wisata Solo di luar ruang berikut ini, yuk.

5. Bendungan Colo

tempat wisata di solo yang instagramable
Source: Detik.com

Yap, kamu nggak salah baca. Siapa sangka kalau Bendungan Colo dapat menjadi salah satu destinasi wisata instagramable kamu saat berkunjung ke Solo.

Yang membuat bendungan ini unik, yaitu adanya pilar-pilar pemecah arus air yang muncul di permukaan air, di mana pilar-pilar ini berfungsi untuk menahan dan memecah arus air yang deras agar tidak berbahaya.

Nah, pilar-pilar inilah yang menjadi spot foto bagi para pengunjung. Kamu dapat mengambil foto- foto yang instagramable di pilar-pilar pemecah arus yang muncul di permukaan saat musim kering. Selain itu, di dekat bendungan ini juga terdapat taman dengan pohon-pohon rindang yang dapat kamu jadikan spot foto juga, atau sekadar bersantai.

  • Alamat Bendungan Colo: Desa Pengkol, Kecamatan Nguter Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Pagi -Sore
  • HTM: Gratis

Info wajib baca: 9 Tempat Wisata di Sukabumi yang Bikin Kamu Makin Suka Alam

6. Taman Balekambang

tempat wisata di solo yang instagramable
Source: Visit Jawa Tengah

Untuk kamu yang cari tempat wisata instagramable berupa taman, tempat yang satu ini pas buat kamu! Taman Balekambang sendiri adalah tempat wisata yang sudah berdiri dari tahun 1921.

Yang menariknya lagi, untuk bisa masuk ke Taman Balekambang, kamu tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis! Selain itu, ada banyak rusa dan angsa yang dibiarkan berkeliaran secara bebas di sekitaran taman. Kalau kamu mau memberi makan rusa yang ada di situ, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk membeli makanan rusa.

Kamu bisa berfoto ria di sekitaran Taman Balekambang, atau berfoto dengan rusa-rusa cantik yang berkeliaran.

  • Alamat Taman Balekambang: Jln. Balekambang No. 1, Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000 – Rp10.000


Gimana? Ada yang tertarik untuk berkunjung ke enam tempat tadi? Dijamin foto-foto stok untuk update Instagram kamu akan terlihat bagus dan menarik! Jangan lupa bawa teman yang jago memotret ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare