...
tips menabung harian
5-min read

7 Tips Menabung Harian Biar Nggak Boncos saat Tengah Bulan | Disiplin adalah Kunci!

tips menabung harian

Biar cepat kaya, simak tips menabung harian ini.

Saat masih kecil, apa kamu pernah diajari oleh orang tua untuk memulai kebiasaan nabung? Ya, walaupun dulu merasa kebiasaan ini nyusahin banget, tapi ternyata menabung punya banyak manfaat positif, lho.

Selain jadi memiliki uang simpanan, menabung juga dapat membantu kamu untuk menghemat pengeluaran dan mengatur keuangan dengan baik. Penting banget biar kamu nggak boncos ketika masih tengah bulan.

Tips Menabung Harian biar Nggak Boncos

Jadi, gaes, kebiasaan menabung itu nggak harus memberatkan, kok. Nggak perlu langsung menyisihkan uang dalam jumlah banyak pada awal bulan juga. Sebab, kamu bisa menyisihkannya sedikit demi sedikit secara harian dan mengurangi pengeluaran yang tidak begitu diperlukan.

Nah, kalau kamu mulai punya niat untuk mewujudkan financial stable atau stabil secara keuangan dengan cara menabung. Ceilah. Simak tips menabung harian ini, yuk!

 1. Tips menabung harian: Mulai dari nominal kecil

tips menabung harian
Source: detikcom

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nabung itu bukan kebiasaan yang harus memberatkan, kok. Kamu bisa mengawalinya dengan mulai menyisihkan uang dalam nominal kecil.

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menyisihkan uang pecahan. Punya recehan Rp500? Tabung. Dapat uang kembalian Rp2000an? Tabung. Nemu uang Rp50.000an di saku celana? Tabung. Bentuk gas elpiji 3kg? Tabung!

Jika berhasil melakukannya secara konsisten, jangan kaget jika uang yang terkumpul memiliki nominal yang besar. Lumayan banget, kan, buat uang jajan atau tambahan beli barang kesukaan.

2. Nabung sesuai tanggal

tips menabung harian
Source: Kompas.com

Cara menabung harian lainnya yang bisa kamu terapkan yaitu dengan menyisihkan uang sesuai tanggal. Maksudnya gimana, tuh?

Jika kamu merasa nggak yakin dengan cara di atas (padahal dicoba saja belum), mulai sekarang bisa nabung sesuai tanggal saja. Jadi, kamu menyisihkan nominal uang sesuai dengan tanggal pada hari itu.

Misal tanggal 1 kamu nabung Rp1000, tanggal 18 nabung Rp18.000, sampai tanggal 30 kamu nabung Rp30.000. Kalau ingin menantang adrenalin lagi, nih, kamu bisa menambah nominal tersebut 10 kali lipat. Namun biar nabungmu lancar jaya, ingat prinsip sebelumnya, ya: tidak memberatkan!

3. Tips menabung harian: Buat financial goals 

tips menabung harian
Source: TapHomes

Supaya kamu makin termotivasi buat nabung, nih, nggak ada salahnya bikin tujuan keuangan atau financial goals. Memiliki tujuan besar yang ingin dicapai biasanya dapat membuat kamu semakin termotivasi untuk nabung dan berhemat.

“Tujuan keuangan yang kayak apa, tuh?”

Nah, tujuan ini pastinya bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan keinginan. Misal ingin membeli laptop baru, jalan-jalan ke Bali, atau menguasai dunia keliling dunia sebagai modal untuk melanjutkan pendidikan.

4. Simpan uang di tempat yang sulit diambil

tips menabung harian
Source: The Balance

Kalau kamu pikir semua hal yang memudahkan itu mempunyai dampak positif, coba pikirkan lagi, deh. Tanpa disadari, akses mengambil dan menggunakan uang yang mudah itu bisa menjadi alasan kenapa kamu boros, lho. Kok bisa?

Ya, menyimpan uang dalam jumlah banyak di dompet atau terlalu sering melakukan transaksi digital dengan satu kali klik saja dapat membuatmu berpikir bahwa uang kamu tidak ada habisnya. Ingat, kamu bukan Elon Musk!

Supaya uangmu ada limitnya, nih, kamu bisa pisahkan uang yang sudah terkumpul di tempat yang aksesnya sulit. Misalnya di deposito bank, reksadana, atau ke rekening lain yang hanya dikhususkan untuk tabungan.

5. Kurangi pengeluaran konsumtif

Source: MarketWatch

Sering cuci kendaraan di luar? Atau bahkan hampir tiap hari beli makanan melalui jasa aplikasi pesan antar? Nah, sepertinya mulai perlu dikurangi nih, gaes. Sebab, kebiasaan ini bikin kamu jadi sulit menabung, lho!

Walaupun secara nominal terlihat sangat terjangkau, namun jika dilakukan terlalu sering dalam satu bulan bisa mengganggu arus keuangan kamu juga. Nah, kamu bisa mengatasi pos pengeluaran ini dengan melakukannya sendiri.

Namun, jangan terlalu kaku juga dalam menerapkannya, ya. Tentukan batas toleransi menggunakan jasa layanan instan supaya hidupmu merasa dimudahkan. Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan kamu misalnya sebulan dua kali atau seminggu sekali.

6. Perhatikan pengeluaran kecil

tips menabung harian
Source: Blyp

Kamu pencinta cimol, seblak, atau jajanan lain yang mengandung micin? Pastinya sudah tahu, kan, kalau dikonsumsi terlalu sering jadinya nggak baik untuk kesehatan? Namun tenang saja, bukan itu, kok, yang mau dibahas.

Balik soal menabung, pengeluaran kecil seperti jajan atau beli barang printilan kerap menjadi hal yang luput diperhatikan saat mengatur keuangan. Padahal kebiasaan seperti ini sudah sering diingatkan sejak kecil melalui pepatah, “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”

Artinya, pengeluaran kecil tersebut jika dihitung secara keseluruhan dalam sebulan, bisa jadi memiliki jumlah yang besar. Makanya, mulai belajar untuk tidak menyepelekan hal kecil, ya, gaes.

7. Disiplin batasi pengeluaran

Source: Mint

Fafifu wasweswos soal keuangan tentu nggak akan ada artinya kalau kamu nggak disiplin. Tips menabung harian ini pastinya harus diimbangi juga oleh niat besar kamu untuk menabung.

Supaya memudahkan dalam mengatur keuangan, kamu bisa membuat pos pengeluaran tiap bulannya. Tentukan juga nominal maksimal yang bisa kamu keluarkan untuk pos anggaran tersebut.

Sedangkan, nih, untuk besaran nominalnya tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan bulanan. Dengan begitu, kamu jadi bisa mempunyai perkiraan nominal pengeluaran harian yang dibutuhkan.


Nah, itulah 7 tips menabung harian yang bisa kamu terapkan biar uangmu nggak habis di tengah bulan. Tentunya, kamu juga bisa merancang rencana keuangan sendiri agar bisa membeli kebutuhan dan mewujudkan financial goals kamu.

Nggak susah, kok, cuma butuh niat aja. Kapan kamu akan mulai menabung, nih? Coba tinggalin komentarmu di bawah, ya.

Jangan lupa follow akun media sosial Infokost, ya, daripada gabut scrolling tanpa tujuan yang jelas. Ada banyak info dan tips paling gres biar kamu makin produktif. Cek Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid yang punya banyak konten seru.

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Kost Malang Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare