...
cara menghemat uang
5-min read

Nongkrong Anti Bokek, Ini 7 Rahasia Cara Menghemat Uang

cara menghemat uang

Cara menghemat uang ala anak kost, sanggup nyoba?

Mau nggak boros saat nongkrong bareng bestie? Apalagi kalau kamu belum bekerja, harus hemat banget. Sementara bagi kamu yang sudah bekerja, hindari menghamburkan uang hanya untuk nongkrong saja, masih ada hari esok yang perlu kamu jalani.

Memang godaan untuk hangout tiap akhir pekan ada di mana-mana. Tapi kamu jangan sampai kalah melawan godaan keborosan dari para bestie-mu. Buat kamu yang menginginkan kantong aman, tapi menolak jadi jadi orang anti-sosial, cara menghemat uang ala anak kost perlu kamu pahami dan ini serius harus dilakukan, intip di bawah.

Cara Menghemat Uang untuk Nongkrong Hemat

Banyak cara menghemat uang, tapi tetap bisa nongkrong nyaman yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Saatnya kamu lakukan mode hemat biar bisa beradaptasi di tengah gempuran ajakan nongkrong yang sering datang tiap akhir pekan. Langsung saja intip cara menghemat uang berikut ini.

1. Cara menghemat uang, cek harga menu restoran atau cafe yang ingin dikunjungi

cara menghemat uang
Souce: Unsplash.com

Sebelum pilih tempat hangout, selalu cek dulu range harga dan review restoran, cafe, maupun tempat nongkrong pilihan di beberapa situs atau media sosial. Biasanya, selain ada info soal rasa dari menu, ada juga info menu restoran lengkap dengan harga.

Kalau sedang bokek, sebaiknya pilih tempat hangout yang menawarkan kisaran harga aman di kantong. Meski terjangkau, perhatikan juga review cita rasanya. Kamu nggak mau, kan, sudah keluar uang, tapi menu yang dicicipi justru zonk.

Pastikan cek harga makanan, kenyamanan tempat, dan review cita rasa di restoran ataupun cafe yang akan didatangi.

2. Buat anggaran untuk nongkrong

cara menghemat uang
Source: iStockphoto.com

Cara menghemat uang untuk nongkrong selanjutnya dengan bikin anggaran khusus untuk kebutuhan healing time kamu. Anggaran ini penting untuk dibuat supaya kamu nggak kelewat batas menggunakan uangmu.

Sebenarnya cara ini sulit dilakukan banyak orang, sih, terlebih kalau perut sudah mulai keroncongan dan di tempat nongkorng menyediakan menu kesukaanmu. Tenang saja, kamu bisa menghindari kondisi ini, coba cek cara berikutnya.

3. Sebelum pergi, makan dulu

Source: iStockphoto.com

Nah, kalau kamu khawatir nggak bisa menahan perut keroncongan, ada baiknya kamu mencoba cara agar nggak boros saat nongkrong satu ini. Jadi, saat di tempat hangout tujuanmu, kamu cukup beli minuman, makanan, atau camilan yang memiliki harga murah.

Merasa cara ini nggak efektif saat kamu sedang nongkrong? Jangan khawatir, cara menghemat uang selanjutnya ini pasti membantu kamu di kala kantong krisis.

4. Cari promo yang tersedia

cara menghemat uang
Source: iStockphoto.com

Nggak tahan untuk beli makanan dan minuman? Tips selanjutnya ini bisa cukup efektif dilakukan. Biasanya, cafe atau restoran menawarkan berbagai macam promo, seperti beli makan gratis minuman, hingga potongan harga. Kalau nggak ada promo, tinggal cari tempat hangout yang menawarkan promo.

Total pengeluaran buat hangout pasti lebih hemat. Terlebih kalau ada promo beli 1 gratis 1, kamu bisa patungan bareng bestie. Selain promo dari tempatnya, kadang beberapa layanan uang elektronik kerap kali memberikan promo menarik untuk pembayaran menggunakan aplikasi. Manfaatkan promo atau cashback saat membayar!

5. Cara menghemat uang, sharing bareng teman

Source: Unsplash.com

Temanmu ngajak nongkrong, sekarang saatnya kamu manfaatkan kehadiran temanmu. Ini serius. Sharing makanan bareng teman-teman, bisa bikin kamu hemat. Semakin banyak jumlah orang yang nongkrong, bisa semakin aman kantong kamu.

Misal ingin membeli makanan dalam porsi besar, ajak temanmu patungan bersama. Bagi rata saja pembayarannya. Cara ini dianggap paling efektif untuk dilakukan.

6. Pilih-pilih circle

Source: Unsplash.com

Ingat nih, nggak semua orang bakal cocok sama kamu, gitu juga sebaliknya. Nggak salah kalau kamu pilih-pilih teman yang memang sefrekuensi denganmu. Kamu juga nggak perlu menyenangkan semua orang dengan menerima semua tawaran ajakan hangout bareng.

Bestie nggak perlu banyak-banyak, deh. Coba cek lagi circle pertemananmu, perhatikan mana teman yang nggak boros-boros banget. Selain itu, kamu juga bisa berteman dengan mereka yang mau diajak pilih tempat sesuai budget, alias bisa diajak berhemat.

7. Cara menghemat uang, jangan gengsi untuk menolak ajakan nongkrong

cara menghemat uang
Source: Unsplash.com

Jangan selalu utamakan gengsi kamu untuk hangout tiap akhir pekan. Mungkin kadang kamu merasa sungkan menolak ajakan orang lain atau merasa gengsi kalau nggak ikut nongkrong bareng teman-teman.

Tapi sesekali kamu berhak, lho, untuk menolak ajakan buat hangout. Tahan diri kamu untuk nggak ikut nongkrong bareng mereka. Secara nggak langsung, kamu mulai belajar mengendalikan hawa nafsu untuk mengeluarkan uang yang seharusnya bisa kamu tabung untuk bersenang-senang di lain hari.


Dari tips di atas, kamu bisa menghemat banyak budget untuk sekadar hangout. Kalau mau nongkrong cek budget dulu ya, jangan sampai nongkrong bikin kamu melarat di akhir bulan.

Hangout juga perlu hemat, masih ada kebutuhan lain yang perlu kamu siapkan budget, kan? Ingat setelah hangout, kamu masih perlu bertahan hidup esok hari.

Jangan lupa follow akun media sosial Infokost, ya, biar nggak ketinggalan info dan tips paling gres buat anak kost. Ada Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid yang punya banyak konten seru.

DAPATKAN INFO KOST DI DAERAH FAVORITMU:

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Medan Harga Murah

Kost Tangerang Selatan Harga Murah

Kost Jakarta Selatan Harga Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare