...
universitas di Batam
5-min read

Simak 6 Universitas Populer di Batam Berikut Ini | Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

universitas di Batam

Lagi sibuk cari universitas sana-sini? Tengok universitas populer dan terbaik di Batam di bawah ini!

Halo, gaes! Apakah kamu pelajar SMA tahun terakhir yang sedang mencari universitas terbaik di Batam? Jangan khawatir, Kostmin telah mengumpulkan universitas paling populer di Batam untuk membantu kalian memilih institusi pendidikan yang tepat.

Universitas di Batam ini jadi pilihan untuk kuliah S1 maupun melanjutkan studi pascasarjana, lho. Wajib banget simak artikel ini akan memberikan informasi penting tentang akreditasi dan fasilitas di setiap universitas. Yuk, langsung simak daftar universitas terbuka untuk calon maba!

Info wajib tahu: Ini Rekomendasi Kost Dekat UNS yang Murah Buat Kamu!

Universitas Negeri di Batam

Buat kamu yang tertarik masuk universitas negeri khususnya di daerah Batam, simak informasi di bawah ini, ya.

1. Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam
Source: www.polibatam.ac.id

Politeknik Negeri Batam ini terletak di Batam Centre, Jalan Ahmad Yani, Teluk Tering, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Kampus ini letaknya juga sangat strategis, lho, karena posisinya yang terletak di jantung Kota Batam.

Politeknik Negeri Batam atau yang juga disingkat dengan Polibatam ini merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Program studi yang tersedia di Polibatam ini antara lain Diploma 3 dan Sarjana Terapan (D4). Beberapa fakultas yang dapat kamu temukan di Polibatam ini di antaranya Fakultas Manajemen dan Bisnis, Fakultas Teknik Eletro, Fakultas Teknik Informatika, dan Fakultas Teknik Mesin.

Biaya UKT Politeknik Negeri Batam ini juga berbeda-beda sesuai dengan program studi yang dipilih berkisar mulai dari Rp1.800.000 hingga Rp15.000.000.

2. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
Source: Edukasi Okezone

Universitas negeri selanjutnya dekat Batam, ada Universitas Maritim Raja Ali Haji atau yang juga biasa disingkat dengan UMRAH. Kampus ini terletak di Jalan Raya Dompak, Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Kamu dapat menemukan beberapa fakultas yang disediakan di kampus ini antara lain Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Kamu juga bisa memilih program studi sesuai minat, baik Program Sarjana (S1) maupun Program Pascasarjana (S2). Biaya UKT UMRAH juga berbeda-beda tergantung dari program studi yang akan dipilih, yaitu mulai dari Rp500.000 – Rp4.700.000 sesuai dengan kelompok (kelompok 1 sampai kelompok 5).

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman

 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman
Source: stainkepri.ac.id

Ada pula Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman. Sekolah tinggi ini terletak di Jalan Lintas Barat Km. 19 Toapaya, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. STAIN Sultan Abdurrahman ini menyediakan beberapa program studi dengan latar belakang pendidikan, ekonomi, komunikasi, dan hukum.

Beberapa jurusan yang dapat kamu temukan di STAIN Sultan Abdurrahman antara lain Ilmu Alqur’an dan Tafsir, Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Bisnis Syariah, dan Tadris Bahasa Inggris.

Biaya UKT per semester di STAIN Sultan Abdurrahman ini berkisar mulai dari Rp400.000 hingga Rp1.500.000.

Info wajib baca: 9 Universitas Swasta Surabaya Terbaik, Calon Mahasiswa Merapat!

Universitas Swasta di Batam

Tidak hanya universitas negeri, kamu bisa menemukan beberapa universitas swasta di Batam juga, lho! Simak informasinya berikut ini.

1. Universitas Internasional Batam

Universitas Internasional Batam
Source: Universitas Internasional Batam

Yang pertama ialah Universitas Internasional Batam atau dikenal dengan singkat UIB. Tepatnya, universitas ini terletak di Baloi-Sei Ladi, Jalan Gajah Mada, Tiban Indah, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

UIB ini merupakan perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan bagi masyarakat kota Batam dan sekitarnya. Pada tahun 2019 lalu, UIB terakreditasi B dan masuk 5% perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Sekarang ini, UIB menyediakan Program Sarjana (S1) dan Program Pascasarjana (S2). Program-program studi untuk S1 yang dapat kamu temukan di UIB antara lain Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Pariwisata, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, Arsitektur, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk program S2 di antaranya ada Hukum dan Manajemen.

Untuk biaya per semesternya pun berbeda-beda sesuai dengan jurusan yang kamu pilih, ya. Perkiraan biaya semester di UIB berkisar mulai dari Rp10 jutaan.

2. Universitas Batam

Universitas Batam
Source: Foursquare

Nah, salah satu universitas swasta yang cukup populer di Batam selanjutnya ialah Universitas Batam yang didirikan oleh Yayasan Griya Husada Kota Batam pada tahun 2000. Universitas ini berlokasi di Jalan Uniba No. 5 Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Universitas Batam atau UNIBA menyediakan 3 jenis program studi di antaranya Program Sarjana (S1), Program Pascasarjana (S2), dan Program Doktor (S3). Sementara fakultas UNIBA di antaranya Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Kedokteran.

Buat kamu yang lagi cari kuliah swasta di Batam, UNIBA bisa banget jadi rekomendasi kampus impianmu!

3. Universitas Putera Batam

Universitas Putera Batam
Source: Linkedin

Universitas Putera Batam ini berlokasi di Jalan R. Soeprapto Muka Kuning, Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Kampus ini berdiri pada tahun 2008 yang pada awalnya merupakan sebuah lembaga pendidikan komputer dan bahasa Inggris.

Saat ini, Universitas Putera Batam menyediakan 2 jenis program pendidikan yaitu Program Sarjana (S1) yang terdiri atas 2 fakultas dan 9 program studi; serta Program Pascasarjana (S2) dengan program studi Manajemen.

Adapun program-program studi S1 yang dapat kamu temukan di UNIBA antara lain Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris, Ilmu Administrasi Negara, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Industri.

Biaya kuliah di Universitas Putera Batam juga berbeda-beda tergantung dari program studi dan shift kelas yang kamu pilih. Untuk biaya kuliah di UPB ini perkiraannya sekitar Rp4 juta hingga Rp5 jutaan per semester.


Nah, itu dia beberapa universitas di Batam yang populer baik dari negeri maupun swasta. Setelah baca artikel ini, apakah kamu semakin berminat untuk kuliah di Batam? Kira-kira, persiapan apa aja, nih, yang udah kamu lakuin untuk masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta? Boleh share di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare