...
5-min read

Urutan Film Scream Beserta Pemerannya, Dari 1996 Sampai 2023

Franchise film ini merupakan salah satu film dengan genre horor tersukses dalam sejarah, Scream. Ada enam film, bagaimana urutan film Scream?

Waralaba Scream adalah serangkaian enam film horor kultus yang disutradarai oleh Wes Craven (Scream 1-4) dan kemudian Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett (Scream 5-6), dengan Christopher Landon yang nanti akan menjadi sutradara film Scream 7. Awalnya cerita ini ditulis dan dibuat oleh Kevin Williamson, dan kemudian dilanjutkan oleh Ehren Kruger, James Vanderbilt dan Guy Busick.

Apakah kamu pecinta film horor yang ingin menonton film horor dengan cerita yang berurutan? Jika iya, Kostmin akan merekomendasikan film “Scream” untukmu! Hingga saat ini, terdapat enam film Scream yang dirilis sejak tahun 1966. Bagaimana urutannya dan seperti apa alur ceritanya? Kalau penasaran, baca artikel ini sampai habis, ya!

1. Scream (1996)

Source: Us Now

Wes Craven kembali menciptakan dan merevitalisasi genre horor tajam dengan film horor klasik modern ini. Scream berhasil menjadi film yang lucu, pintar, dan menakutkan. Film ini diawali saat seorang maniak bertopeng menakutkan mengintai siswa sekolah menengah di pinggiran kota kelas menengah dengan pisau.

Sidney Prescott, seorang gadis remaja, yang ibunya dibunuh setahun sebelumnya, menjadi sasaran pembunuh bertopeng ini. Pacarnya Billy Loomis menjadi tersangka utama bersama ayah Sidney. Reporter Berita Tabloid Lokal Gail Weathers dan Deputi Woodsbroro Dwight “Dewey” Riley menyelidiki dan mencoba mencari tahu siapa pembunuhnya dan apakah orang yang sama yang membunuh ibu Sid tahun sebelumnya.

Adapun pemeran film ini yakni Neve Campbell sebagai Sidney, Courteney Cox sebagai Gale Weathers, David Arquette sebagai Deputy Dewey, Skeet Ulrich sebagai Billy, dan Drew Barrymore sebagai Casey.

Info wajib baca: The Exorcist: Sinopsis dan Fakta Film Horor Legendaris Ini

2. Scream 2 (1997)

urutan film scream

Sydney (Neve Campbell) dan reporter tabloid Gale Weathers (Courteney Cox) selamat dari peristiwa “Scream” pertama. Meskipun begitu, mimpi buruk mereka belum berakhir. Ketika dua mahasiswa dibunuh saat preview “Stab”, sebuah film yang didasarkan pada peristiwa dari film pertama membuat masyarakat mengira bahwa ada pembunuh peniru yang sedang berkeliaran.

Sydney dan Gail, serta Dewey (David Arquette) dan Randy (Jamie Kennedy) yang selamat harus mencari tahu siapa dalang pembunuhan besar-besaran ini, sebelum mereka semua mati.

3. Scream 3 (2000)

Source: Awards Radar

Scream 3 adalah film horor tahun 2000 yang disutradarai oleh Wes Craven dengan skenario oleh Ehren Kruger. Ini adalah bagian ketiga dari serial film horor satir Scream yang sukses.

Sidney sedang berhibernasi di hutan, keberadaannya tidak diketahui semua orang kecuali Dewey. Setelah sejumlah pembunuhan yang tampaknya terkait dengan kasus Woodsboro terjadi di lokasi syuting Stab 3, ia datang ke Hollywood untuk diteror, mencari tahu lebih banyak tentang kematian ibunya, dan mengumpulkan potongan terakhir dari misteri Scream.

4. Scream 4 (2011)

Sepuluh tahun telah berlalu, Sidney Prescott yang merupakan penulis buku self-help pulang ke Woodsboro pada perhentian terakhir tur bukunya. Di sana dia berhubungan kembali dengan Sheriff Dewey dan Gale, yang sekarang sudah menikah, serta sepupunya Jill dan Bibi Kate.

Sayangnya, kemunculan Sidney juga membawa kembalinya Ghostface, menempatkan Sidney, Gale, dan Dewey, bersama Jill, teman-temannya, dan seluruh kota Woodsboro dalam bahaya.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Film Horor Malaysia yang Asyik dan Menegangkan

5. Scream 5 (2022)

Seperti film aslinya 25 tahun lalu, seorang gadis remaja berada di rumah sendirian ketika telepon berdering. Seorang pria ingin bermain-main dengannya. Dengan ancaman akan membunuh sahabatnya, Tara terpaksa ikut campur.

Nyaris tidak selamat dari penikaman penyusup bertopeng wajah hantu, Tara dilarikan ke rumah sakit. Kakak perempuannya yang berusia 5 tahun, Samantha yang meninggalkan rumah pada usia 18 tahun karena masalah mental, pacarnya, dan teman SMA Tara mengunjunginya di rumah sakit.

Di sisi lain, di sebuah bar, seorang pria memprovokasi teman-temannya dan kemudian diserang di luar di tempat parkir oleh Ghostface. Samantha menerima telepon dari Ghostface di rumah sakit, namun kemudian Ghostface tidak berhasil menyerangnya.

Sam menghubungi salah satu korban asli, Dewey, untuk meminta bantuan. Dia memperingatkan dua korban asli lainnya, Sidney Prescott dan Gale Weathers, tentang kembalinya Ghostface.

6. Scream 6 (2023)

Pemain franchise “Scream” telah kembali, begitu pula dengan pembunuh bertopeng yang memburu mereka. Babak terbaru Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett (alias Radio Silence) dalam franchise “Scream” menampilkan generasi terbaru penyintas Woodsboro yang memulai kehidupan baru di New York City, jauh dari bayang-bayang Ghostface yang berada di pinggiran kota.

Film dibuka dengan pembunuhan seorang profesor film, yang ketika jumlah korban meningkat dengan cepat, Samantha Carpenter (Melissa Barrera), saudara perempuannya, Tara (Jenna Ortega), dan si kembar Mindy (Jasmin Savoy Brown) dan Chad (Mason Gooding) bersiap untuk melarikan diri, tapi sayangnya mereka tidak cukup cepat untuk menghindari Ghostface baru ini.

Bergabung dengan karakter lainnya, yakni Gale Weathers (Courteney Cox) dan Kirby Reed (Hayden Panettiere) serta sejumlah pendatang baru termasuk Anika (Devyn Nekoda), Josh (Danny Brackett), Ethan (Jack Champion), Quinn (Liana Liberato), dan Detektif Bailey (Dermot Mulroney), “core four” yang baru dibentuk harus berhadapan dengan para pembunuh sekali lagi. Tidak di Woodsboro, kali ini mereka menghadapi Ghostface di jantung Big Apple.


Scream yang memiliki alur cerita apik serta pemain yang ikonik ini sudah sepantasnya mendapatkan perhatian para pecinta film horor. Sudah pernah menonton salah satunya? Tulis pendapatmu di bawah, ya!

Mau tahu rekomendasi film lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare