...
usaha sampingan karyawan
5-min read

6 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan | Tiada Hari Tanpa Cuan!

usaha sampingan karyawan

Yuk, cek ide usaha sampingan karyawan ini buat dapetin penghasilan tambahan!

Menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan, baik karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS) menjadi hal yang diimpikan oleh banyak orang karena memiliki penghasilan yang tetap. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga membutuhkan penghasilan tambahan. 

Maka, nggak sedikit, tuh, mereka yang mencari ide bisnis sampingan. Nah, bagi kamu yang sedang ingin mencari penghasilan tambahan tapi masih bingung jenis usaha sampingan apa yang cocok, bisa banget cek beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan berikut ini.

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Sesuai Skill

Kira-kira usaha sampingan untuk karyawan apa yang mudah untuk dijalankan dengan modal skill atau kemampuan pribadi? Cari tahu jawabannya dengan baca artikel ini sampai habis!

1. Jasa pembuatan website

usaha sampingan karyawan
Source: ed2go.com

Kesadaran orang akan pentingnya digitalisasi makin meningkat. Banyak UMKM yang mulai memikirkan membuat toko online-nya sendiri dan nggak sedikit yang butuh dibuatkan company profile. Bahkan, individu dengan profesi tertentu butuh menampilkan portofolionya secara online.

Nah, jika kamu punya kemampuan membuat situs web, kebutuhan-kebutuhan ini bisa jadi potensi bisnis kamu. Apalagi, sekarang ini sudah banyak tools atau aplikasi yang memudahkan orang awam untuk membuat situs web sendiri.

Untuk proyeksi keuntungannya sendiri berbeda-beda tergantung fitur, desain, tools, hingga SEO (Search Engine Optimization) yang digunakan. Biasanya fee untuk pembuatan website berkisar antara Rp200.000 – Rp3.000.000. Gimana, tertarik untuk membuka jasa pembuatan website?

2. Ide usaha sampingan untuk karyawan: Jasa penerjemah

usaha sampingan karyawan
Source: gcu.edu

Kalau kamu punya kemampuan bahasa asing yang baik, seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Arab, Italia, Korea, dan bahasa asing lainnya, nggak ada salahnya memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi seorang penerjemah. Jasa penerjemah yang kamu tawarkan bisa berupa translate dokumen kantor, surat kabar, jurnal, dan artikel. 

Kamu pun bisa menentukan tarif per kata, misalnya Rp100 per kata sehingga bila menerjemahkan teks pendek dengan jumlah 300 words kamu bisa mendapatkan Rp30.000. Biasanya, sih, mereka yang menggunakan jasa translator memberikan teks panjang. Jadi, dalam sekali melaksanakan tugas kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp100.000 – Rp500.000.

Selain itu, menjadi seorang penerjemah juga nggak memakan waktu lama dan pekerjaanya pun dapat dilakukan selepas pulang kantor. Menarik banget, kan?

3. Driver transportasi online

Source: pexels.com

Apabila kamu menggunakan kendaraan ke kantor bisa banget dijadikan usaha sampingan karyawan, yaitu sebagai driver transportasi online. Jadi, kamu bisa, tuh, mengambil penumpang selagi pergi atau pulang kerja. 

Apalagi, saat ini banyak banget penumpang yang mengandalkan jasa transportasi online sebagai alat mobilisasi mereka. Sangat memungkinkan juga bila kamu mulai menjadi driver transportasi online saat pulang kerja.

Misal, kamu pulang jam 5 sore, nah, dari pukul 17.00 inilah kamu bisa mulai mencari orderan hingga pukul 21.00. Tentunya, semakin kamu rajin, keuntungan yang bisa didapatkan juga akan semakin tinggi. Bahkan, menurut Salary Explorer, driver transportasi online di Indonesia rata-rata memiliki gaji berkisar dari Rp2.000.000 – Rp6.000.000 per bulannya, lho.

Pilihan Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan dari Bidang Berbeda

Ada juga pekerjaan sampingan yang membutuhkan modal nekat, nih, soalnya bidang pekerjaannya bisa saja berbeda dari skill maupun pekerjaan kamu saat ini. Ada apa saja? Coba cek di bawah ini.

4. Agen jual beli properti atau kendaraan 

usaha sampingan karyawan
Source: investopedia.com

Usaha sampingan yang cocok untuk karyawan selanjutnya adalah menjadi agen properti atau kendaraan bermotor. Nah, kamu bisa banget, nih, ngejalanin usaha ini secara online, jadi nggak akan mengganggu pekerjaan utama.

Apalagi, pekerjaan ini terbilang menawarkan komisi yang cukup besar, terutama ketika kamu berhasil menjual unit kendaraan atau properti tersebut. Biasanya, agen penjualan akan diberi komisi senilai beberapa persen dari total penjualan. 

Misal, kamu berhasil menjual unit kendaraan atau properti senilai 500 juta, kemudian kamu akan mendapatkan fee yang biasanya sebesar 1% atau Rp5 juta. Lumayan banget, kan?

Kamu juga bisa menawarkan jasa sebagai agen penjualan ini kepada rekan kerja di kantor yang sedang ingin membeli atau menjual rumah maupun kendaraan mereka. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan klien serta mencapai target penjualan, deh.

Info wajib baca: 7 Tips Menabung Harian Biar Nggak Boncos saat Tengah Bulan | Disiplin adalah Kunci!

5. Ide usaha sampingan untuk karyawan: Reseller atau dropshipper

Source: cashlez.com

Rekomendasi usaha sampingan karyawan lainnya adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Selain mudah, jenis usaha ini juga masuk dalam daftar 101 peluang bisnis sampingan bagi karyawan, lho. 

Apalagi, sekarang kepercayaan masyarakat untuk belanja secara online meningkat pesat. Kamu pun bisa menghubungi berbagai perusahaan yang mengeluarkan produk untuk mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropshipper secara resmi. 

Sistem reseller dan dropshipper pun berbeda-beda, terutama terkait komisi yang didapatkan. Biasanya, persentase keuntungan menjadi reseller atau dropshipper itu berkisar antara 10-30% dari setiap barang yang dijual. Pokoknya kamu tinggal mempelajarinya dan memilih mana yang sekiranya cocok untuk dijalankan.

6. Ide usaha sampingan untuk karyawan: Layanan jasa titip (jastip)

Source: detik.com

Nah, ide usaha sampingan karyawan satu ini memang terbilang unik dan mulai banyak bermunculan. Sayangnya, diperlukan effort yang ekstra untuk bisa menjalankan usaha ini. 

Kamu perlu mengunjungi beberapa toko dan berkeliling untuk membelikan barang titipan pelanggan, atau ketika ada acara sale dari merek tertentu. Kamu pun bisa menyampaikan usaha sampingan ini kepada rekan kerja sebelum kamu ditugaskan oleh kantor ke luar kota atau luar negeri. 

Tawarkan produk yang bisa kamu bantu belikan, baik makanan, fashion, skincare, dan lain sebagainya. Pastikan juga kamu menyertakan fee jasa titip yang sesuai dengan effort yang akan dikeluarkan. Biasanya biaya yang dikenakan sekitar 5-15% per item dari harga barang. 

Misal, harga barang yang ingin dibeli harganya Rp1.000.000. Nah, kamu bisa mengenakan fee jasa titip sekitar Rp50.000 – Rp150.000. Tentunya, semakin banyak barang yang ingin dibeli, fee yang dikenakan juga akan semakin besar. Tertarik nggak, nih, ngejalanin usaha satu ini?


Nah, itulah beberapa ide usaha sampingan karyawan yang menjanjikan dan cuan. Dari beberapa ide usaha tersebut mana, nih, yang mau kamu coba? Atau kamu sudah pernah ngejalaninnya? Coba share pendapat atau pengalaman kamu di kolom komentar, ya, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare