...
cara memperkenalkan diri saat interview
5-min read

5 Cara Mudah Memperkenalkan Diri saat Interview Kerja yang Memorable | Recruiter Pasti Tertarik!

cara memperkenalkan diri saat interview

Keterima di kantor idaman dengan ikutin cara memperkenalkan diri saat interview kerja ini!

Mau menghadapi sesi interview kerja? Nggak usah khawatir, kamu pasti bisa, kok melewatinya. Terkadang memang cukup bikin deg-degan ketika harus menghadiri proses interview, apalagi ketika diminta untuk memperkenalkan diri atau menceritakan tentang diri sendiri.

Nah, kalau sudah kayak gitu, kamu cuma perlu tenang saja, kok, ketika menyampaikan kalimat perkenalan. Dengan begitu, kamu jadi bisa menjelaskan semua tentang dirimu secara jelas dan tidak terbata-bata.

Namun, bagi kamu yang masih suka kebingungan ketika menghadapi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa diterapkan, nih. Biar nggak penasaran, terus baca artikel ini sampai habis, ya!

Cara Terbaik Memperkenalkan Diri saat Interview Kerja

Biasanya, proses interview kerja dilakukan untuk mengetahui bagaimana sosok kepribadian dan pengalaman dari kandidat peserta yang melamar. Dengan melakukan pembicaraan singkat tersebut, pihak perusahaan jadi bisa menilai apakah kamu cocok dengan kriteria yang dicari atau nggak.

Nah, biar siap ketika harus menghadapi hal tersebut, ada beberapa cara terbaik yang bisa banget kamu lakukan, nih. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di bawah ini, gaes!

1. Mulai dari perkenalan dan informasi singkat tentang dirimu

cara memperkenalkan diri saat interview
Source: idntimes.com

Hal yang harus kamu sampaikan pertama kali saat perkenalan diri adalah perkenalan dan informasi singkat tentang diri kamu. Meski informasi itu sudah ada di resume atau CV, kamu tetap harus memperkenalkan ulang diri kamu agar rekruter juga bisa mengingat namamu.

Informasi dasar ini mencakup nama lengkap, usia, hingga latar belakang pendidikan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan job title kamu saat ini. Contohnya:

  • “Saya adalah seorang graphic designer.”
  • “Saya adalah seorang content writer.”

Kalau kamu baru lulus kuliah, kamu juga bisa menjelaskan sebagai lulusan baru. Contohnya:

  • “Saya adalah fresh graduate dan baru saja lulus pada tahun ini dari jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia.”

2. Tunjukan bahasa tubuh yang profesional

cara memperkenalkan diri saat interview
Source: legalcheek.com

Salah satu hal ini merupakan bagian yang tidak bisa kamu lupakan ketika proses interview berlangsung. Saat melakukan interaksi dengan rekruter, cobalah tunjukkan bahasa tubuh yang profesional, seperti:

  • Memberikan senyuman ramah dengan kontak mata yang wajar
  • Tunjukkan gestur badan yang tegap
  • Gunakan nada suara yang normal, jangan terlalu kencang atau pelan

3. Cara memperkenalkan diri saat interview kerja: Ceritakan pengalaman dan prestasi yang pernah kamu raih

Source: resumeprofessionalwriters.com

Selanjutnya, fokuslah untuk menceritakan pengalaman kerja atau prestasi yang pernah kamu raih sebelumnya. Bagi kamu yang masih fresh graduate, nggak usah kebingungan ketika harus menceritakan pengalaman atau prestasi kamu. Kamu bisa banget menceritakan tentang organisasi atau pelatihan yang pernah diikuti selama kuliah.

Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan tugas atau project apa saja yang pernah berhasil kamu kerjakan saat masa kuliah. Jelaskan posisi dan tanggung jawabmu pada masa itu, kemudian ceritakan juga pencapaian kamu ketika mengikuti organisasi tersebut.

Kalau kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, maka kamu dapat jelaskan posisi kamu dalam pekerjaan, perusahaan apa, dan berapa lama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Usahakan juga bahwa pengalaman dan prestasi yang kamu ceritakan tersebut relevan dengan perusahaan atau posisi yang kamu lamar. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Selama masa kuliah, saya cukup aktif mengikuti beberapa organisasi seperti anggota unit kegiatan mahasiswa. Ketika mengikuti organisasi tersebut, saya berhasil menjalankan sebuah event tahunan kampus dan dihadiri oleh banyak pengunjung.”

4. Jelaskan skill atau keterampilan yang kamu miliki

Source: mbarendezvous.com

Setelah menjelaskan pengalaman kerja kamu, maka bisa banget coba untuk menarik perhatian user atau HRD dengan menjelaskan skill atau keterampilan yang kamu miliki saat ini.

Coba hubungkan skill dan keterampilan yang dimiliki tersebut dengan posisi yang sedang kamu lamar. Nggak perlu juga menyebutkan semua kemampuan atau skill semua-muanya, kamu hanya perlu fokus kepada 1-2 skill yang dapat dijelaskan dengan bukti nyata.

Hal tersebut tentunya bisa meyakinkan HRD atau user bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Selama  2 tahun belakangan ini, saya telah melakukan berbagai macam jenis pekerjaan, mulai dari mengelola website, membuat blog, dan mengembangkan website dengan berhasil menarik 2.000.000 traffic di tahun lalu. Di perusahaan sebelumnya, saya juga telah berhasil mendapatkan penghargaan atas keberhasilan yang saya lakukan tersebut. Kemudian, beberapa waktu lalu, saya juga telah menyelesaikan beberapa pelatihan dan course terkait kemampuan saya.”

5. Cara memperkenalkan diri saat interview kerja: Akhiri dengan menjelaskan mengapa kamu ingin melamar di perusahaan tersebut

cara memperkenalkan diri saat interview
Source: ekrut.com

Selanjutnya, akhiri perkenalan diri dengan menjelaskan alasan mengapa kamu berniat untuk melamar di perusahaan tersebut. Tunjukkan kepada recruiter seberapa besar minat kamu untuk bekerja di posisi tersebut.

Jelaskan juga bagaimana keterampilan yang kamu miliki dapat bermanfaat bagi perusahaan dan sebaliknya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Maka dari itu, bekerja sebagai (posisi) di perusahaan ini akan menjadi suatu kesempatan terbaik bagi saya untuk dapat meningkatkan skill terbaik saya serta dapat berkontribusi kepada perusahaan untuk menjadi yang lebih baik.”

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memperkenalkan diri saat interview kerja. Semoga dengan mengetahui cara-cara tersebut kamu bisa segera keterima di kantor idaman, ya!

Kamu punya informasi atau  cara lainnya untuk memperkenalkan diri saat interview kerja? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja! 

Cek Info Kost Favorit di Kota Kamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare