...
tips wawancara kerja
5-min read

7 Tips Wawancara Kerja Agar Cepat Disodori Kontrak | Jobseeker Harus Tahu!

tips wawancara kerja

Supaya berhasil menarik hati rekruter, yuk, simak tips wawancara kerja berikut ini.

Sebagai jobseeker atau pencari kerja, mendapatkan kesempatan wawancara kerja pastinya menjadi salah satu momen yang membanggakan. Walaupun belum pasti diterima, nih, tapi mendapatkan kesempatan wawancara kerja bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam proses mendapatkan pekerjaan baru.

Maka dari itu, penting, nih, untuk menyiapkan diri sebelum menghadapi proses wawancara kerja. Selain membuatmu lebih percaya diri, persiapan yang matang juga pastinya bisa menjadi nilai positif kamu di mata rekruter atau penyeleksi kandidat karyawan.

Yuk, siapkan diri kamu dengan menyimak tips wawancara kerja berikut ini. Bikin kamu cepat disodorin kontrak kerja!

Tips Sukses Wawancara Kerja yang Perlu Kamu Tahu

Persiapan wawancara kerja tidak hanya tentang hal-hal teknis saja. Lebih dari itu, kamu juga harus mempersiapkan mental dan memperhatikan attitude saat bertemu dengan rekruter. Berikut ini beberapa tips lengkap wawancara kerja yang bikin kamu cepat disodorin kontrak:

1. Tips wawancara kerja: Lakukan riset perusahaan dan posisi yang dilamar

tips wawancara kerja
Source: Inc. Magazine

Sebelum mulai wawancara kerja, riset perusahaan dan posisi yang dilamar jangan sampai kamu lewatkan, nih. Proses ini penting dilakukan supaya kamu memiliki bekal pengetahuan saat menjawab pertanyaan dari para rekruter dan bikin kamu nggak planga-plongo.

Dari hal ini pula, rekruter biasanya akan menggali potensi dan menilai apakah kamu orang yang tepat untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan.

2. Menggunakan pakaian yang tepat

tips wawancara kerja
Source: Forbes

Pakaian yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan saat menghadapi wawancara kerja, nih. Tips ini juga bisa kamu pakai saat hendak melakukan wawancara offline ataupun online.

Sebenarnya, tidak ada ketentuan khusus terkait pakaian kecuali diminta langsung oleh perusahaan. Maka dari itu, kamu bebas untuk menggunakan pakaian formal atau bahkan casual.

Jangan cuma mikirin trend mode karena belum tentu cocok buat pakaian wawancara kerja. Nah, supaya nggak bingung, kamu bisa sesuaikan pakaian dengan bidang pekerjaan dan kultur atau budaya kerja perusahaan yang dilamar, ya. 

3. Tips wawancara kerja: Latih bicara dan siapkan kalimat pembuka

tips wawancara kerja
Source: British Council

Tips penting wawancara kerja yang nggak boleh kamu abaikan adalah melatih kemampuan bicara. Kamu bisa berlatih dengan berbicara sendiri di depan cermin atau minta tolong kepada teman untuk mendengarkanmu.

Namun, latihan ini jangan asal bicara saja, dong. Siapkan kalimat pembuka yang berkaitan dengan diri kamu mulai dari latar belakang, pengalaman kerja, hingga rencana karier dan harapan kamu di perusahaan yang dilamar. 

Untuk mempermudah, kamu bisa menyiapkan catatan agar apa yang mau kamu sampaikan lebih terstruktur dan mudah dimengerti.

4. Tips Wawancara Kerja: Jawab pertanyaan secara on-point

tips wawancara kerja
Source: Careers Portal

Apa sih maksud on-point? Singkatnya kamu harus menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang ditanyakan rekruter, nggak pakai muter-muter dulu. Ya, ini menjadi tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan! 

Pasalnya, saat melakukan wawancara kerja, jawaban yang ngelantur dan tidak sesuai dengan konteks pertanyaan dapat menyulitkan rekruter untuk menilai kemampuanmu.

Jadikan kesempatan ini menunjukan kelebihan diri tanpa harus terlihat sombong. Nah untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa berlatih sendiri di rumah bersama teman atau orang tua dengan melakukan sesi tanya jawab.

5. Tips wawancara kerja: Bersikap sopan

Source: Work It Daily

Saat melakukan wawancara kerja, attitude kerap menjadi salah satu hal yang luput diperhatikan oleh para jobseeker, nih. Kamu bisa membiasakan diri untuk bersikap sopan terhadap lawan bicaramu dan tunjukkan rasa hormat.

Walaupun bukan hal teknis, namun attitude kandidat pastinya menjadi salah satu hal yang menjadi penilaian dan pertimbangan juga. Sebab, sikap diri saat wawancara bisa jadi cerminan seseorang, terutama jika kamu terpilih untuk bergabung di perusahaan nantinya.

6. Manfaatkan kesempatan untuk bertanya

Source: London Post

Kesempatan untuk bertanya di akhir sesi wawancara menjadi kesempatan emas buat kamu mendalami seluk beluk perusahaan. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Dengan bertanya, kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk meningkatkan nilai diri di mata rekruter. Sebaliknya jika kamu pasif, kamu bisa dianggap tidak memiliki ketertarikan kepada perusahaan atau bahkan dianggap tidak menyiapkan diri dengan baik.

7. Hindari energi negatif

Source: CareerExport

Walaupun posisi kamu sebagai kandidat, tapi kamu juga bisa coba membangun suasana menjadi positif, lho. Kesan positif yang kamu buat bisa menjadi modal penting untuk menarik perhatian rekruter.

Tips lainnya, nih, kamu juga bisa menghindari jawaban yang menimbulkan kesan negatif seperti misalnya menjelekkan perusahaan lama atau merasa rendah diri. Tunjukkan semangat bahwa kamu siap untuk menerima tantangan baru dan mengembangkan diri di perusahaan tersebut.

Pertanyaan yang Sering Muncul saat Wawancara Kerja

Source: The Ladder

Menyiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja juga bisa kamu lakukan dengan membuat daftar pertanyaan yang biasa diajukan. Jika kamu belum tahu, berikut ini daftar pertanyaan yang cukup sering diajukan oleh rekruter:

  1. Bisa ceritakan tentang diri kamu?
  2. Apa kelebihan dan kekurangan diri kamu?
  3. Kenapa kamu tertarik untuk melamar di posisi ini?
  4. Kenapa kamu tertarik untuk melamar di perusahaan ini?
  5. Dari mana kamu mendapatkan informasi pekerjaan ini?
  6. Setelah melakukan riset, bagaimana pandangan kamu tentang perusahaan ini?
  7. Apa kontribusi yang ingin kamu berikan kalau diterima untuk bergabung di perusahaan ini?
  8. Bagaimana rencana karier kamu dalam 3-5 tahun ke depan?
  9. Apa prestasi yang sudah pernah kamu raih di pekerjaan sebelumnya?
  10. Apa yang menjadi kelebihan kamu sehingga kami harus merekrutmu?
  11. Apa yang kamu harapkan dari perusahaan jika bergabung bersama kami?
  12. Bagaimana lingkungan kerja yang kamu impikan?
  13. Apa yang menjadi target pribadi kamu jika bergabung di perusahaan kami?
  14. Bagaimana gaya bekerjamu?
  15. Apa yang akan kamu lakukan jika dihadapkan kepada dua pekerjaan yang sama pentingnya?
  16. Bagaimana cara kamu keluar dari masalah?
  17. Berapa ekspektasi gaji yang kamu harapkan di perusahaan ini?
  18. Apa saja benefit yang kamu harap bisa didapatkan dari perusahaan kami?
  19. Apa yang memotivasi kamu untuk bekerja?
  20. Seandainya diterima, kapan kamu bisa mulai bergabung dengan kami?

Itulah 7 tips wawancara kerja dan daftar pertanyaan yang biasa diajukan oleh rekruter. Yuk, siapkan dirimu dengan maksimal agar bisa menarik hati rekruter dan langsung tanda tangani kontrak kerja! 

Sering gabut dan bosan scroll layar HP terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Yuk, cari info kost terdekat di daerahmu

Kost Yogyakarta Murah

Kost Malang Murah

Kost Depok Murah

Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare