...
weton jumat pahing
5-min read

Weton Jumat Pahing: Boros tapi Rezeki Tetap Lancar!

weton jumat pahing

Bahas soal weton, jangan sampai ketinggalan buat bahas weton Jumat Pahing juga!

Weton yang merupakan hari lahir seseorang dalam kalender Jawa, dapat melambangkan hal-hal terkait orang tersebut, contohnya weton minggu pahing dan juga weton yang satu ini. Yuk simak beberapa karakteristik dari weton Jumat Pahing!

Kalau kamu suka bahasan terkait astrologi atau zodiak, bukan nggak mungkin kamu juga bakal suka bahasan terkait weton-wetonan! Kenapa? Karena sejatinya pembahasan terkait hari lahir menurut penanggalan Jawa ini nggak jauh beda dengan zodiak, astrologi, atau sejenisnya.

Buat kamu yang penasaran soal weton, mneidng kita simak dulu yuk, sedikit informasi terkait weton berikut ini!

Sedikit Tentang Weton Jawa

Sedikit Tentang Weton Jawa
Source: Kompas Regional

Dalam sistem penanggalan Jawa, weton adalah gabungan antara pasaran dan wuku. Pasaran terdiri dari lima siklus, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Sedangkan wuku terdiri dari 30 siklus, yaitu Sinta, Landep, Wukir, Kurantil, Tolu, Gumbreg, Warigalit, Warigagung, Julungwangi, Sungsang, Galungan, Kuningan, Langkir, Medangsia, Medangkungan, Pangglong, Pujut, Pawukon, Krulut, Merakih, Tambir, Menail, Prangbakat, Bala, Wugu, Wayang, Kulawu, Dukut, Watugunung, dan Sinta.

Weton Jumat Pahing adalah salah satu cara penanggalan tradisional yang digunakan di Jawa dan Bali. Sistem penanggalan ini berdasarkan pada perhitungan siklus lima hari dan tujuh hari, yang disebut pasaran dan wuku.

Setiap kali siklus pasaran dan wuku bertemu, maka akan terbentuk suatu weton tertentu. Weton Jumat Pahing merupakan salah satu weton yang memiliki makna khusus dalam budaya Jawa dan Bali.

Dalam weton Jumat Pahing, Jumat merupakan pasaran yang terletak di urutan kedua, sedangkan Pahing merupakan wuku yang terletak di urutan kedelapan.

Artinya, weton Jumat Pahing terjadi ketika siklus pasaran Pahing bertemu dengan siklus wuku Jumat. Kombinasi ini terjadi setiap 35 hari sekali atau tujuh kali dalam satu siklus pasaran.

Menurut kepercayaan Jawa dan Bali, weton Jumat Pahing dianggap sebagai weton yang paling istimewa dan memiliki makna khusus. Hal ini karena weton Jumat Pahing dianggap sebagai weton yang paling serasi dan berenergi positif dalam perjalanan hidup manusia.

Info wajib baca: Weton Jumat Legi, Pekerja Keras dan Ambisius?

Keistimewaan Weton Jumat Pahing

Nah, sekarang saatnya kita masuk ke bahasan terkait keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki oleh orang yang lahir di Jumat Pahing. Mulai dari watak, karir, sampai rezeki. Kalau udah siap, langsung cek sampai habis aja di bawah, ya!

1. Watak weton Jumat Pahing

weton jumat pahing
Source: rawpixel.com (Freepik)

Weton yang satu ini menjadi salah satu weton dengan neptu yang cukup besar. Yaitu 15 yang berasal dari gabungan nilai hari lahir Jumat (6) dan hari pasaran Pahing (9).

Dengan neptu tersebut, orang dengan weton Jumat Pahing berada di bawah parasan Lakuning Srengenge artinya bersifat seperti matahari, yaitu sebagai pencerah, menerangi, berwibawa, tutur katanya lemah lembut, agak mengalah dan pemaaf.

Kamu juga dikenal sebagai pribadi yang yang menyenangkan, dan mereka pandai mengambil hati, serta simpati, nggak heran kalau banyak orang yang menyukaimu dan selalu menantikan kehadiran kamu.

Eits, masih ada lagi. Kamu yang lahir di hari ini juga dikenal sebagai pribadi yang nggak mudah marah dan royal, loh! Tapi, dua watak ini bisa jadi kelemahanmu juga.

Karena keroyalan dan keborosanmu seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang dengan maksud dan tujuan tertentu. Kamu harus lebih hati-hati, nih!

Selain itu, walaupun kamu nggak mudah marah dan pemaaaf, kalau udah marah, kamu bisa aja berbuat seenaknya tanpa berpikir panjang, loh. Tuh, kamu yang temennya lahir di hari ini harus hati-hati juga, loh, jangan sampai bikin dia marah atau kecewa!

2. Karir weton Jumat Pahing

weton jumat pahing
Source: Freepik

Karena hari lahir berikut bersifat ‘Mantri Sinaroja’ alias berwibawa, berkharisma, dihormati oleh semua orang, dan selalu diingat serta di sayangi oleh pengikutnya, kamu-kamu yang lahir di hari ini disinyalir bakalan cocok bekerja jadi seorang pemimpin, wirausaha, seniman atau mungkin pemuka agama.

Kenapa? Karena orang dengan hari lahir berikut ini biasanya mampu beradaptasi yang membuatnya bisa bekerja dengan lingkungan yang beraneka ragam. Selain itu, sikap tanggung jawab, ketekunan, serta kemandiriannya jadi modal besar buatmu dalam menjemput rezeki.

Wah, rezeki orang jumat Pahing bagus, dong, min? Nah, sekarang kita mulai masuk ke bahasan rezeki, ya. Kira-kira beneran bagus, nggak, nih?

3. Rezeki

weton jumat pahing
Source: wirestock (Freepik)

Selamat! Buat kamu yang lahir di Jumat Pahing, bener banget, rezeki kamu disinyalir lumayan bagus! Walaupun kamu adalah orang yang borors, tapi rezeki kamu tetap mengalir dan tetap ada. Istilahnya ‘Tunggak Aemi’, atau artinya selalu bersemi kembali setelah habis terpangkas.

Kamu juga disinyalir nggak akan mengalami kesulitan dalam hal ekonomi keluarga. Justru kamu malah membawa berkah dan rezeki yang cukup atau bahkan bisa jadi berlebih pada keluargamu. Tapi perlu diingat, rezeki nggak selalu datang sendiri, kadang ada juga yang harus dijemput.

Info wajib baca: Weton Sabtu Pahing Punya Watak Keras! Cari Tahu Jodoh dan Peruntungannya di Sini


Widih, banyak kabar baik, nih buat kamu yang lahir di Jumat Pahing, terutama soal rezeki! Tapi perlu diingat, bukan berarti dengan segala kabar baik di atas kamu nggak harus waspada atau malah bermalas-malasan. Karena sejatinya rezeki kadang ada yang perlu dijemput juga.

Kamu juga harus hati-hati dalam memilih teman, biar keroyalanmu nggak dimanfaatkan oleh orang tertentu untuk kepentingan mereka sendiri! Nah di antara informasi di atas, ada yang relate nggak, nih, kira-kira sama kehidupanmu?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare