...
cerita rakyat Jawa Tengah
5-min read

5 Cerita Rakyat Jawa Tengah yang Menarik untuk Diketahui!

cerita rakyat Jawa Tengah

Intip 5 cerita rakyat Jawa Tengah yang menarik berikut ini, yuk!

Siapa yang tidak tertarik mendengar cerita rakyat? Setiap daerah di Indonesia memiliki kisah-kisah yang unik dan menarik, begitu pula dengan Jawa Tengah. Provinsi ini tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, tetapi juga menjadi rumah bagi berbagai macam cerita rakyat dengan pesona luar biasa.

Dari karangan hiasan hingga babad-babad kuno, tuh, kamu bisa menemukan banyak sekali narasi inspiratif dari provinsi ini. Maka dari itu, dalam artikel kali ini Kostmin akan memperkenalkan kepada kamu 5 cerita rakyat Jawa Tengah yang patut diketahui!

Apa Itu Cerita Rakyat?

Apa Itu Cerita Rakyat?
Source: Sekolahnesia

Cerita rakyat (folklore) adalah sebuah cerita yang berasal dari rakyat dan diteruskan turun-temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Cerita rakyat biasanya bercerita mengenai kehidupan suatu daerah, budaya, atau tradisi tertentu.

Hal ini juga merupakan jenis cerita yang berasal dari tradisi lisan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Cerita ini menceritakan tentang kepercayaan, nilai-nilai, legenda, mitos, sejarah, atau kisah-kisah lain yang dianggap penting dalam suatu budaya atau masyarakat tertentu.

Biasanya memiliki beberapa versi yang berbeda tergantung kepada daerah atau suku yang menceritakannya, dan sering kali memiliki pelajaran moral atau pesan yang terkandung di dalamnya. Contoh cerita rakyat di Indonesia antara lain legenda “Roro Jonggrang”, “Si Pitung”, atau “Malin Kundang”.

Salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan cerita rakyat adalah Jawa Tengah. Daerah ini memiliki banyak sekali cerita rakyat yang menarik untuk diketahui.

Info wajib baca: Kisah Nabi Syuaib AS tentang Pentingnya Kejujuran

Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Tengah

Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Tengah
Source: Muffin Graphics

1. Kumpulan cerita rakyat Jawa Tengah: Timun Mas

“Timun Mas” menceritakan tentang perjanjian yang terjalin antara Mbok Randa dan raksasa mengenai impian Mbok Randa yang menginginkan seorang anak. Atas perjanjian tersebut, lahirlah Timun Mas. Namun Mbok Randa mengingkari perjanjian tersebut karena tidak tega jika harus menyerahkan Timun Mas kepada raksasa.

Timun Mas pun kabur dan dikejar oleh raksasa. Namun, berbekal sejumlah bungkusan pelindung yang diberikan Mbok Randa, Timun Mas berhasil mengalahkan raksasa dan kembali pulang serta hidup bahagia bersama Mbok Randa.

2. Cindelaras

“Cindelaras” merupakan kisah tentang seorang permaisuri Kerajaan Jenggala yang difitnah oleh selirnya. Permaisuri tersebut pun diusir oleh raja dan diasingkan ke hutan. Namun, raja tidak mengetahui kalau sang permaisuri tengah mengandung.

Berbulan-bulan tinggal di hutan, permaisuri pun melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Cindelaras. Sang anak pun tumbuh menjadi anak pemberani.

Hingga pada suatu masa, Cindelaras mendatangi kerajaan Jenggala untuk menuntut kebenaran atas ibunya. Sang Raja yang mengetahui hal tersebut pun murka dan mengusir sang selir. Cindelaras dan ibunya pun berhasil kembali dan tinggal di Kerajaan Jenggala.

3. Kumpulan cerita rakyat Jawa Tengah: Asal Usul Baturaden

“Asal Usul Baturaden” menceritakan tentang kisah cinta antara suta (pembantu) dan putri kerajaan yang mencintai satu sama lain dengan tulus. Namun, perbedaan latar belakang yang mereka miliki menyebabkan hubungan mereka tidak direstui oleh raja.

Pada suatu masa, Suta melamar putri di hadapan raja dan membuatnya murka. Suta pun ditangkap dan ditahan di penjara yang gelap hingga sakit-sakitan. Putri yang tidak tega kekasihnya diperlakukan seperti itu pun berusaha mengeluarkan Suta dari penjara.

Ketika berhasil keluar dari penjara, Putri dan Suta melarikan diri ke suatu daerah di Gunung Slamet dan menetap di sana. Hingga akhirnya wilayah tersebut diberi nama Batur (pembantu) dan Raden (Putri).

4. Aji Saka dan Asal Mula Huruf Jawa

“Aji Saka dan Asal Mula Huruf Jawa” adalah cerita rakyat yang berkisah tentang Aji Saka, seorang pemuda sakti nan gagah berani yang datang ke Kerajaan Medang Kamulan untuk menumpas kejahatan Prabu Dewata Cengkar.

Setelah sukses mengalah Prabu Dewata Cengkar, Aji Saka pun dinobatkan sebagai Raja Medang Kamulan. Namun, ketika menjabat sebagai raja, Aji Saka melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan meninggalnya dua pengawal pribadinya yang setia.

Untuk mengabadikan kesetiaan pengawalnya tersebut, Aji Saka pun menciptakan huruf-huruf Jawa yang kemudian dikenal sebagai Carakan.

Info wajib baca: Kisah Nabi Nuh Singkat dan Pelajarannya

5. Jaka Tarub dan Bidadari Cantik

Cerita rakyat satu ini mengisahkan tentang kehidupan Jaka Tarub, pemuda yang secara tidak sengaja menyaksikan beberapa bidadari sedang mandi di sebuah telaga. Jaka Tarub pun berinisiatif untuk mengambil salah satu selendang bidadari yang ada di sana.

Ternyata, perbuatan Jaka Tarub tersebut mengakibatkan salah satu bidadari bernama Nawang Wulan tidak dapat kembali ke kayangan. Mengetahui hal tersebut, Jaka Tarub pun menemui Nawang Wulan dan membawanya pulang ke rumah Jaka Tarub. Nawang Wulan kemudian tinggal di rumah tersebut dan beberapa waktu kemudian menikah dengan Jaka Tarub.

Ketika mereka sudah dikaruniai seorang anak yang bernama Nawangsih, terjadi peristiwa yang merusak kepercayaan Nawang Wulan terhadap Jaka Tarub. Nawang Wulan pun kembali ke kayangan dan sesekali mengunjungi bumi untuk menemui Nawangsih.


Itulah pengenalan tentang cerita rakyat dan beberapa kumpulan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah mulai dari “Timun Mas” hingga kisah “Jaka Tarub dengan Bidadari Cantik”. Dari daftar cerita rakyat Jawa Tengah di atas, kira-kira mana, nih, yang jadi favorit kamu untuk dibaca? Atau kamu punya rekomendasi cerita rakyat Jawa Tengah lainnya? Boleh banget ninggalin komentar di bawah ya, gaes!

Selain cerita-cerita rakyatnya yang terkenal, untuk lebih mengenal budaya Jawa kamu juga bisa memahami terkait aksara Jawa lengkap dan weton Minggu Wage, lho! Jangan sampai ketinggalan artikel-artikel dari Kostmin yang tentunya informatif buat kamu!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare