...
wisata alam bandung
5-min read

7 Tempat Wisata Alam di Bandung, Sejuk dan Asri

wisata alam bandung

Wisata alam di Bandung buat kamu yang ingin healing!

Ingin liburan dengan merasakan suasana alam yang asri dan sejuk? Coba jajal wisata di daerah Bandung. Kota Kembang ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat tenang dengan hawa sejuk.

Ada banyak destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan dalam dan luar negeri. Menarik banget untuk kamu kunjungi, apalagi berbagai destinasi tersebut punya spot Instagramable dengan berlatar keindahan alam mempesona.

Rekomendasi Wisata Alam di Bandung yang Lagi Hits

Pemandangan alam yang cantik, udara sejuk, dan suasana tenang sangat cocok sebagai destinasi healing sejenak dari berbagai aktivitas dan keramaian kota. Terlebih kalau kamu bingung jalan-jalan ke mana kalau lagi di Bandung.

Yuk, intip ada wisata alam apa saja di Bandung yang wajib kamu jajal. Berikut ini rekomendasinya!

1. Wisata alam di Bandung, Sunrise Point Cukul

Source: Bandungkab.go.id

Rekomendasi pertama ada Sunrise Point Cukul. Berlokasi di Pangalengan, berkunjung ke sini kamu bisa melihat matahari terbit dengan indah.

Meski letaknya lumayan jauh dari kota pusat kota, kamu butuh waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam untuk sampai di Sunrise Point Cukul. Tapi, sesampainya di tempat wisata ini, dijamin kamu nggak bakal kecewa dan semua lelah langsung hilang.

Pemandangan sunrise di sini nggak main-main indahnya, soalnya kamu benar-benar bisa melihat momen matahari terbit dari balik Gunung Wayang. Bakal terpesona, deh, saat menyaksikannya!

Kalau kamu berada di sekitar Bandung maupun dari luar kota Kembang, siapkan jadwal keberangkatan kamu saat tengah malam dari kota. Nantinya kamu bisa sampai di Sunrise Point Cukul sebelum terbitnya matahari dan mendapat spot menyaksikan sunrise yang bagus.

Kalau nggak mau berangkat tengah malam, coba saja camping satu malam di destinasi wisata ini. Ada banyak penawaran paket camping yang bisa kamu cari.

2. Ranca Upas Camping Ground

Pilihan kedua pasti nggak asing lagi buat kamu yang suka ke Bandung. Pastinya Ranca Upas nggak boleh ketinggalan masuk dalam daftar. Destinasi wisata yang luasnya mencapai 215 hektare ini merupakan bumi perkemahan.

Di sini, kamu bisa melihat hutan lindung dengan edelweiss rawa, pemandian air panas, perkemahan perlengkapan camping, tentunya penangkaran rusa. Mau mencoba penginapan yang nggak beda dari sebelumnya di camping ground ini?

Ada Igloo Camp yang tempatnya lebih mewah ala glamping. Untuk ke Ranca Upas, kamu perlu merogoh kantong untuk membeli harga tiket sebesar Rp25.000 per orang. Sementara harga tiket masuk camping sebesar Rp40.000 per orang.

Info wajib baca: Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Tasikmalaya, dari Dataran Tinggi hingga Pantai

3. Kawah Putih

wisata alam bandung
Source: Kompas.com

Beralih ke Bandung Selatan, ada tempat wisata alam yang sering dikunjungi wisatan lokal dan luar negeri. Ya, belum lengkap liburan ke Bandung kalau nggak berkunjung ke Kawah Putih.

Terletak di dekat Pasar Ciwidey atau bisa kamu tempuh sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, kamu bakal merasakan tempat wisata dengan suasana berbeda.

Kawah putih yang memiliki danau kawah berwarna biru kehijauan, didominasi oleh warna putih pucat yang indah banget.

Nggak hanya danau di dekatnya saja yang menambah indah destinasi wista ini, di sekeliling Kawah Putih berdiri tebing dengan tinggi mencapai sekitar 2500 meter di atas permukaan laut. Makin bikin kamu terpesona melihat keindahan alamnya!

4. Wisata alam di Bandung, Situ Patenggang

Berwisata ke Situ Patengan atau Situ Patenggang, kamu bisa menikmati pemandangan alam dengan genjot bebek, sepeda air, perahu dayung ataupun speed boat.

Selain menikmati panorama alam, di sini ada juga hamparan luas perkebunan teh Rancabali. Kawasan hutan pinus di lokasi Patenggang juga wajib kamu kunjungi. Sejuk banget suasananya!

Kalau kamu ingin mengabadikan banyak momen liburan ke Situ Patenggang, bisa juga mengunjungi teras bintang hingga taman kelinci.

Info wajib baca: 5 Tempat Wisata Populer di Tomohon | Dari Wisata Alam hingga Kuliner Ekstrem!

5. Floating Market

Source: Lembang.co.id

6. Kawah Rengganis Ciwidey

Sudah pernah ke Kawah Rengganis Ciwidey? Tempat wisata hidden gem di Bandung ini juga nggak kalah dari Ranca Upas maupun Kawah Putih.

Destinasi satu ini punya pesonanya sendiri yang nggak boleh kamu lewatkan. Aad kolam pemandian air panas alam dengan bentuk bertumpuk-tumpuk. Ditambah bebatuan vulkanis yang bikin pemandangan Kawah Rengganis Ciwidey makin eksotis.

Pemandian di Kawah ini memang masih alami banget, jadi panas airnya dari uap panas bumi. Bikin rileks berendam di air panas Kawah Rengganis Ciwidey. FYI, berendam di sini menyehatkan dan baik untuk kulit.

Kalau mau ke sini, kamu perlu trekking sekitar 10 hingga 15 menit dari parkiran mobil.

7. Wisata alam di Bandung, Nimo Highland

wisata alam bandung
Source: Kompas.com

Ingin merasakan sejuknya suasana kebun teh lainnya di Bandung, coba berkunjung ke Nimo Highland. Tempat wisata yang berlokasi di Bandung Selatan ini juga bisa membuat kamu menyaksikan pemandangan alam secara 360 derajat.

Aktivitas lainnya yang bisa kamu jajal ada naik ATV, berkemah, paralayang, dan berkuda. Berwista di salah satu kawasan di Gunung Nini ini nggak bakal mengecewakan kamu!


Itu dia 7 rekomendasi wisata alam di Bandung yang lagi hits untuk kamu kunjungi. Selamat menikmati liburan kamu!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare