...
wisata jonggol
5-min read

7 Tempat Wisata di Jonggol yang Lagi Hits

wisata jonggol

Ada banyak rekomendasi tempat wisata asyik di Jonggol!

Kawasan Bogor selalu menjadi pilihan untuk liburan singkat, terutama kalau kamu tinggal di Jakarta dan ingin menghabiskan akhir pekan. Salah satu daerah di Bogor yang menarik untuk dikunjungi, namun belum terlalu dikenal adalah Jonggol.

Jonggol merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor yang punya daya tarik wisata yang asyik. Soalnya, banyak destinasi wisata menarik yang dapat kamu kunjungi di sini. Terlebih lagi, udara di Jonggol sangat sejuk karena lokasinya berada di dataran tinggi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jonggol yang Lagi Hits

Keindahan panorama alam yang masih alami di Jonggol juga akan membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sini. Bagi kamu yang penasaran dengan destinasi wisata apa saja yang ada di Jonggol, berikut beberapa rekomendasinya!

Info wajib baca: 6 Destinasi Wisata di Jatinangor Untuk Liburan Akhir Tahun!

1. Wisata Gunung Batu Jonggol

Source: Idntimes.com

Mendaki Gunung Batu Jonggol nggak perlu keahlian pendakian yang tinggi atau persiapan perlengkapan rumit. Soalnya, ketinggian Gunung Batu Jonggol hanya sekitar 875 meter di atas permukaan laut. Dalam waktu sekitar 15-20 menit dari kaki gunung, kamu sudah bisa mencapai puncaknya.

Tapi, pengalaman di puncak Gunung Batu Jonggol tetap terasa menakjubkan. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa panorama hijau yang terhampar di sekitarnya.

Selain itu, ada kabut tipis yang menyelimutinya. Kalau tertarik, kamu juga bisa menyiapkan tenda untuk bermalam di sini, karena pengelola menyediakan area berkemah bagi para pengunjung.

2. Penangkaran Rusa Cariu

Salah satu destinasi utama lain yang harus kamu kunjungi di Jonggol Bogor adalah Penangkaran Rusa Cariu. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama teman, pasangan, atau keluarga, karena menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berlibur bersama orang-orang tersayang.

Di Taman Wisata Penangkaran Rusa, kamu akan menemui berbagai koleksi rusa yang hidup bebas berkeliaran. Eits nggak perlu khawatir, karena tempat ini telah dilengkapi dengan jembatan gantung yang membuat kamu tetap bisa berinteraksi langsung dengan rusa dengan aman, termasuk memberi makan.

3. Situs Rawa Gede

Source: Kompas.com

Selanjutnya, destinasi menarik lainnya adalah Situs Rawa Gede, termasuk dalam daftar tempat wisata di Jonggol Bogor yang patut dikunjungi. Situs Rawa Gede ini merupakan kawasan rawa yang telah diubah menjadi objek wisata air yang menarik.

Untuk menikmati fasilitas di Situs Rawa Gede, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp20.000 per orang. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti bermain air, berenang, dan menyewa perahu bebek untuk berkeliling rawa.

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Siantar Hits dan Kekinian di Tahun 2023

4. Wisata Kampoeng Sunda Siliwangi di Jonggol

Destinasi satu ini adalah Kampoeng Sunda Siliwangi. Wisata tersebut merupakan desa budaya di mana kamu dapat memahami lebih dalam tentang kearifan lokal masyarakat Sunda. Nggak hanya sekadar liburan saja!

Selain melihat kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, kamu dapat menjelajahi desa ini dengan sepeda sambil menikmati keindahan alamnya yang masih alami. Salah satu tujuan menarik di desa ini adalah Goa Ciwadon, yang terkenal karena pernah menjadi lokasi pengambilan gambar salah satu sinetron laga Indonesia.

Keindahan goa ini ada di stalaktit dan stalakmitnya yang patut untuk kamu abadikan. Jangan kelupaan mampir ke sini, ya!

5. Hutan Pinus Cipamingkis

wisata jonggol
Source: Kompas.com

Selanjutnya, Hutan Pinus Cipamingkis, yang terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, menyajikan pemandangan pohon pinus yang terhampar dalam kabut tipis yang indah. Destinasi ini terhubung dengan Curug Cipamingkis di kawasan Wisata Puncak Dua Jonggol.

Fasilitas di Hutan Pinus Cipamingkis sangat lengkap, dengan banyak spot foto menarik. Salah satunya adalah rumah pohon yang dapat dijangkau melalui jembatan gantung.

Selain itu, terdapat monumen “I Love U” dan bintang raksasa sebagai latar belakang foto menarik. Spot lainnya berada di atas sungai, termasuk Anjungan Perahu Asmara dan Jembatan Cinta yang terbuat dari bambu.

Kalau satu hari nggak cukup untuk kamu menikmati keindahan tempat ini, bermalam saja di Hutan Pinus Cipamingkis. Tersedia penginapan dan area berkemah bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menginap di tengah hutan pinus.

6. Curug Country

Salah satu destinasi lain di Jonggol Bogor adalah Curug Country. Meski air terjun ini nggak memiliki terlalu tinggi, hanya sekitar 7 hingga 10 meter, kamu tetap dapat menikmati keindahan kawasan ini dengan bermain sepuasnya.

Tempat wisata ini tergolong masih asri dan alami, soalnya belum banyak yang mengetahuinya. Apa kamu ingin menikmati destinasi hidden gem ini?

7. Wisata Heaven Memorial Park di Jonggol

wisata jonggol
Source: Facebook/ Heaven Funeral Fanpage

Tempat terakhir adalah Heaven Memorial Park. Pernahkah kamu berwisata di pemakaman? Kalau belum, wajib banget mengunjungi tempat wisata unik di Jonggol Bogor ini.

Heaven Memorial Park merupakan kompleks pemakaman yang terinspirasi oleh Pemakaman Quiling di Tiongkok dengan konsep mewah dan megah.

Meski sebuah pemakaman, tempat ini lebih dikenal sebagai objek wisata karena menawarkan pemandangan alam yang indah. Pemakaman ini terkenal karena dikelilingi oleh hutan di kaki gunung dan dialiri oleh sungai yang jernih.

Nggak hanya itu, bangunan-bangunan makam di sini dibentuk dan dihiasi dengan megah. Terlihat mewah banget! Bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman wisata yang nggak biasa di Jonggol Bogor, tempat ini patut untuk dikunjungi.


Nah, itu dia beberapa rekomendasinya yang bisa kamu pertimbangkan. Mana tempat wisata yang ingin kamu kunjungi terlebih dulu?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare