...
5-min read

Selain Pantai Laskar Pelangi, Cek Rekomendasi Destinasi Wisata Bangka Belitung Ini

Tak hanya berkeliling pantai yang indah, kamu juga bisa menikmati wisata sejarah di Bangka Belitung!

Terletak di tengah-tengah Selat Bangka, provinsi ini menawarkan pesona alam yang memikat hati. Dari pantai berpasir putih hingga bebatuan granit unik, setiap sudut Bangka Belitung menjanjikan petualangan yang membuat liburanmu lebih seru.

Ingin berkunjung ke Bangka Belitung untuk liburan? Pastikan kamu tidak melewatkan artikel ini karena Kostmin akan mengajakmu menikmati keindahan laut, budaya, dan tradisi lokalnya. Sudah siap?

Rekomendasi Destinasi Wisata Bangka Belitung

Kamu bisa menemukan wisata alam hingga wisata sejarah yang membuat liburanmu lebih berwarna saat ke Bangka Belitung.

1. Wisata Bangka Belitung: Danau Kaolin Biru

Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Dari Kota Tanjung Pandan tepatnya dari bandara, kamu hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk sampai ke danau ini. Danau ini memiliki pemandangan yang tampak seperti oase di tengah gurun tandus.

Mengutip dari Belitungisland.com, lokasi Danau Kaolin Biru yang tidak jauh dari bandara menjadikan danau ini sebagai destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke sini mencantumkan Danau Kaolin sebagai daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Info wajib baca: 6 Kue Khas Belitung yang Wajib Kamu Coba, Dari Kue Basah Hingga Kue Kering

2. Pulau Lengkuas

Source: Unsplash

Dengan luas total kurang dari 1 hektare, Pulau Lengkuas terletak di kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Meskipun ukurannya kecil, namun ia menawarkan beragam kemegahan. Mengutip dari Indonesia Travel, pulau kecil nan sederhana ini menawarkan pemandangan indah, pepohonan palem rimbun, dan bebatuan besar yang sangat menyenangkan untuk dipanjat atau berenang di bawahnya.

Pulau Lengkuas memiliki pantai yang bersih dengan perairan biru kehijauan dan batu-batu granit besar yang merupakan ikon pantai Belitung, terletak di utara Desa Tanjung Binga di Belitung. Tak hanya keindahan alam, ada juga mercusuar berusia ratusan tahun yang menyuguhkan pemandangan lengkap seluruh pulau dan sekitarnya.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Source: Jurnal Flores

Ingin menikmati pantai yang indah dengan air jernih? Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali, karena pantai yang satu ini juga tak kalah cantik. Pantai Tanjung Kelayang menampilkan air laut yang biru dan jernih. Ombaknya tidak terlalu kuat membuat wisatawan bisa bermain air dengan nyaman.

Kamu juga bisa merasakan pasir di bibir pantai yang putih dan lembut sembari melihat-lihat pohon kelapa yang ada di pantai ini. FYI, kalau merasa familiar melihat gambarnya, kamu tidak salah karena pantai ini muncul di film “Laskar Pelangi” yang diangkat dari novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata.

Memiliki garis pantai yang indah panjangnya sekitar 4 km. Air lautnya tenang membuat pantai ini cocok berenang santai. Sementara di sebelah baratnya terdapat 3 pulau kecil berjarak kurang lebih 750 meter.

Nah, jika ingin menikmati matahari terbenam, kamu perlu mengunjungi bagian barat pantai ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanjat granit untuk mengambil foto yang estetik.

4. Bangka Botanical Garden (BBG)

Bangka Botanical Garden (BBG) adalah lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit dan pakan ternak dengan menggunakan lahan bekas tambang timah dan lahan kritis yang merupakan lahan gambut dan berpasir. Tidak hanya bisa melihat pohon-pohon, di Kebun Raya Bangka terdapat kolam yang berisi berbagai jenis ikan tawar, serta peternakan sapi perah dan potong.

Mengutip dari Wonderful Pangkalpinang, saat ini Kebun Raya Bangka merupakan acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia. Tak hanya itu, kebun ini juga dijadikan kawasan ekowisata modern serta wujud kepedulian terhadap lingkungan oleh masyarakat Bangka Belitung.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Bangka, Dikenal Paling Diminati!

5. Pantai Tanjung Tinggi

Pulau Belitung adalah rumah bagi pantai-pantai indah dan pulau yang menakjubkan. Jika berkunjung ke sini, pastikan kamu juga berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi yang berada di Kecamatan Sijuk yang terletak di bagian utara Pulau Belitung.

Jika datang dari Tanjung Pandan, kamu perlu melakukan perjalanan sekitar 36 km untuk mencapai tempat yang terletak di antara Tanjung Pendam dan Tanjung Kelayang ini. Selain pemandangannya yang menakjubkan, pantai ini juga pernah menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Mengutip dari Indonesia Tourism, penduduk setempat juga menyebut pantai ini sebagai Pantai Laskar Pelangi. Pantai ini memadukan air laut bewarna tosca dan pasir yang lembut dan putih.

6. Museum Timah Indonesia

Bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan sembari jalan-jalan, kamu wajib untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini. Memasuki kawasan museum, pengunjung akan disambut oleh bor bangka yang klasik. Bor ini adalah peninggalan zaman Belanda yang digunakan saat melakukan kegiatan penambangan timah kala itu.

Pada bagian yang lain, kamu juga bisa melihat sejumlah benda klasik lain yang juga digunakan dalam proses penambangan pada zaman dahulu. Alat-alat ini yaitu lokomotif klasik yang dahulu digunakan sebagai pembangkit listrik untuk keperluan pertambangan. Tak hanya bisa melihat alat-alatnya, mengutip dari situs resminya, kamu juga bisa melihat pernak-pernik cantik yang terbuat dari timah.


Ternyata ada banyak tempat menari di Bangka Belitung yang juga punya senjata khas tradisional ini. Tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat di atas? Atau sudah pernah berkunjung ke Bangka Belitung? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare