...
wisata di sukabumi
5-min read

9 Tempat Wisata di Sukabumi yang Bikin Kamu Makin Suka Alam

wisata di sukabumi

Suka wisata alam? Yuk, wisata di Sukabumi!

Kawasan Pantai Selatan dikenal dengan banyaknya wisata alam yang indah dan memanjakan mata. Nah, salah satu kota yang nggak boleh kamu lewatkan karena keindahan wisata alamnya adalah Sukabumi. Kota yang identik dengan oleh-oleh mochi ini berada sekitar 64 km dari Bogor atau sekitar 2 jam berkendara.

Sesuai namanya yang ‘bumi’ banget, Sukabumi memiliki beragam keindahan alam yang membentang di bagian selatan Pulau Jawa. Mengagendakan liburan di kota ini juga pastinya nggak akan bikin kamu bosan karena ada banyak tempat wisata yang bisa dijelajah.

Daftar Tempat Wisata di Sukabumi

Selain terkenal dengan wisata pantainya, Sukabumi juga ternyata menyimpan banyak tempat hidden gem lainnya, nih. Mulai dari curug, bukit, hingga wisata budaya lengkap ada di sini. Penasaran, kan? Simak ulasan berikut ini saja, yuk!

1. Wisata di Sukabumi: Situ Gunung

wisata di sukabumi
Source: Situ Gunung Suspension Bridge

Mencari tempat wisata di Sukabumi nggak lengkap rasanya tanpa menyebut nama Situ Gunung. Wisata dataran tinggi ini juga menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi, lho.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya dari ketinggian, buat kamu yang ingin melepaskan beban pikiran juga bisa uji adrenalin, nih. Salah satunya dengan menyeberangi jembatan gantung atau yang keren disebut dengan Suspension Bridge.

Jadi jika ke sini, kamu akan melewati jembatan yang melintang hingga 243 meter di antara dua bukit. Tingginya juga nggak main-main, yakni 121 meter dari permukaan tanah! Bikin kaki gemetar nggak, tuh?

2. Curug Cimarinjung

wisata di sukabumi
Source: Kompas.com

Walaupun berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Sukabumi juga mempunyai curug yang eksotis, lho. Ya, nama curug tersebut adalah Curug Cimarinjung yang berada di kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu atau lebih dikenal Pelabuhan Ratu.

Jika mendatangi curug ini, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun raksasa setinggi 60 meter dari bawah. Tak hanya itu, kamu juga bisa merasakan sensasi cipratan air dari derasnya debit air yang jatuh.

Walaupun terlihat sangat indah, namun jangan sok ngide untuk berenang di bawahnya, ya. Sebab, batuan yang tajam dan derasnya arus bisa berpotensi untuk mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Wisata di Sukabumi: Kawah Ratu

wisata di sukabumi
Source: Sabumi

Wisata alam lainnya yang bisa kamu nikmati adalah Kawah Ratu. Ya, kawah single parent (karena nggak ada pasangan rajanya) ini juga termasuk salah satu hidden gem di Sukabumi.

Namun, untuk sampai ke tempat ini, kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh karena letaknya di pelosok. Medan yang dilalui pun cukup sulit sehingga kamu membutuhkan pemandu untuk sampai ke sana.

Walaupun jauh dan melelahkan, namun hasil akhir pemandangan yang akan kamu dapatkan pasti sebanding dengan usahamu. Pokoknya nggak akan nyesel, deh, dengan pemandangan kawah putih dan nuansa kuning khas belerang yang menjadi ciri khas tempat ini.

4. Wisata di Sukabumi: Puncak Dharma

wisata di sukabumi
Source: Kompas.com

Jika kamu berniat untuk menjelajah Geopark Ciletuh, salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Puncak Dharma. Dari tempat ini, kamu bisa melihat keindahan bentang alam di kawasan Ciletuh mulai dari laut hingga pemandangan hijaunya.

Mau ambil foto estetik juga bisa banget, nih. Pemandangan alamnya yang cantik dapat menjadi latar sempurna untuk mengabadikan momen bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini yaitu pagi atau sore hari menjelang malam. Sebab saat siang, panas matahari di tempat ini cukup menyengat karena minimnya pohon dan langsung beratap langit.

5. Wisata di Sukabumi: Pasir Datar

wisata di sukabumi
Source: Liputan6

Dari Pasir Datar, kita bisa mengambil pelajaran bahwa jangan memberikan ekspektasi terlalu tinggi kepada sesuatu. Sebab, jika kamu pikir Pasir Datar adalah tempat dengan lautan pasir yang luas, maka kamu akan kecewa.

Pasalnya, Pasir Datar merupakan kawasan wisata yang penuh dengan pemandangan hijau ala perkebunan. Kamu akan menemukan hamparan sawah dan perkebunan yang luas di sebelah kiri dan kanannya.

Namun jangan khawatir, pemandangan di sini pastinya juara banget. Banyak tempat foto estetik yang bisa menambah koleksi feed Instagram kamu. Sama halnya saat kamu melihat duit, datang ke sini juga bisa membuat mata kamu jadi hijau!

6. Kampung Adat Ciptagelar

Source: detikcom

Nggak hanya wisata alamnya, Sukabumi juga menyimpan wisata budaya yang nggak kalah menarik. Nah, salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Adat Ciptagelar.

Hidup di tengah masyarakat desa tradisional menjadi pengalaman yang nggak akan terlupakan, nih. Selain rumahnya yang khas, kampung ini juga dikelilingi area persawahan luas.

Kalau beruntung, kamu juga bisa menyaksikan rutinitas adat dan budaya khas kampung Ciptagelar. Serunya lagi, kamu juga berpeluang untuk terlibat langsung dalam rutinitas tersebut, lho.

7. Halimun Adventure Journey

Source: Highland Experience

Ingin merasakan sensasi petualangan dan bikin kamu merasa si paling anak alam? Datangi Halimun Adventure Journey saja. Sesuai namanya, lokasi ini berada di kaki gunung Halimun.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Halimun Adventure Journey. Mulai dari merasakan dinginnya malam dengan mendirikan tenda camping, hingga menjelajah hutan khas kaki gunung yang menantang.

Pengalaman di sini juga pastinya nggak kalah seru. Namun, kamu juga perlu menyiapkan diri untuk merasakan sensasi kotor dan basah, ya.

 8. Wisata di Sukabumi: Danau Batu Bacan

Source: Halo Indonesia

Danau Batu Bacan menambah daftar wisata di Sukabumi sebagai daerah wisata yang palugada. Setelah pantai, dataran tinggi, hingga budaya, Sukabumi juga memiliki danau yang nggak kalah cantiknya.

Danau bekas galian tambang ini memiliki pemandangan indah dengan airnya yang berwarna hijau. Cocok banget buat kamu yang senang hunting spot foto estetik dengan pemandangan alam nggak biasa. Saat foto di sini, perhatikan juga jarak aman supaya kamu nggak nyemplung ke danau. Tiati ya, gaes!

9. Mata Air Panas Cisolok

Source: Sabumi

Puas menjelajah wisata alam Sukabumi, bisa mampir sejenak, nih, di Mata Air Panas Cisolok. Kamu bisa merelaksasi diri dengan berendam di sungai yang dialiri oleh air panas.

Sensasi hangat yang terasa di kulit juga pastinya bisa menghilangkan capek setelah seharian jalan-jalan. Nggak perlu repot lagi bikin air panas di rumah untuk memulihkan tenaga. Tinggal nyemplung ke sungai!


Itulah 9 tempat wisata di Sukabumi yang menyajikan keindahan alam luar biasa. Apa kamu pernah mengunjungi salah satunya? Share cerita kamu di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja! 

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Kost Malang Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare