...
wisata gunung pati
5-min read

Rekomendasi Tempat Wisata Gunung Pati yang Wajib Dikunjungi!

wisata gunung pati

Wisata Gunung Pati ternyata memiliki sejumlah tempat yang bagus dan siap memanjakan mata.

Gunung Pati adalah salah satu kecamatan yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Terdapat juga beberapa lokasi tempat wisata Gunung Pati yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke sana.

Salah satu tempat wisata Gunung Pati yang wajib dikunjungi adalah Goa Kreo. Namun, bukan hanya Goa Kreo saja yang wajib kamu kunjungi, melainkan beberapa tempat menarik lainnya.

Daripada penasaran, berikut ini tempat wisata Gunung Pati, Semarang, yang bisa jadi referensi destinasi liburan nanti.

Info wajib baca: Novel Dear Nathan, Cerita Fiksi Remaja Tulisan Erisca Febriani

Tempat Wisata Gunung Pati

wisata gunung pati
Source: IDN Times

Gunung Pati adalah surga bagi para pencinta alam dan wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam Jawa Tengah. Berikut beberapa destinasi wisata alam yang menarik di daerah ini:

1. Goa Kreo, jadi salah satu wisata Gunung Pati

Pertama ada Goa Kreo, ini adalah salah satu goa yang paling terkenal di Semarang. Terletak di Desa Kandri, Gunung Pati, goa ini memiliki panjang sekitar 100 meter dan penuh dengan stalaktit dan stalakmit yang memukau.

Kamu dapat menjelajahi keajaiban bawah tanah ini sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, sekitar Goa Kreo, terdapat penangkaran kera abu-abu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

  • Alamat: Jln. Raya Goa Kreo, Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

2. Ngrembel Asri

wisata gunung pati
Source: Tribunnews.com

Selanjutnya, Ngrembel Asri, merupakan taman wisata alam yang terletak di Desa Ngrembel, Gunung Pati. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang, wahana permainan anak-anak, dan area berkemah.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah dengan hamparan rerumputan hijau dan pepohonan rindang. Cocok untuk keluarga juga, lho.

  • Alamat: Jln. Raya Manyaran-Gunungpati No.KM 10, Gunungpati, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. D’Pongs

D’Pongs adalah destinasi wisata alam dan petualangan yang terletak di Desa Pongangan, Gunung Pati. Tempat ini memiliki beragam wahana permainan menarik, seperti outbond, paintball, archery, ATV, high rope, horse riding, mini trail, dan glamping.

Selain itu D’Pongs juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan bukit-bukit dan hutan pinus. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang suka foto-foto dan meng-update akun Instagram.

  • Alamat: Jln. Kol. R. Warsito Soegiarto, Pongangan, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah

4. Thematic Kampung Jawi

wisata gunung pati
Source: Semarangkota.go.id

Berbeda dari tempat wisata sebelumnya, Thematic Kampung Jawi kental dengan suasana Jawa zaman dulu. Di sini, kamu bisa bernostalgia sambil memperkenalkan kuliner khas tradisional pada anak.

Apalagi cara pembayarannya juga dibuat sejadul mungkin, yakni menggunakan uang kepeng. Selain kulineran, jika beruntung kamu dapat menikmati live musik.

Info wajib baca: Mengenal Eating Disorder: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Apalagi saat malam hari, suasananya yang menyatu dengan alam dan cahaya lampu kekuningan. Bikin kamu berasa di zaman yang berbeda.

  • Alamat: Kalialang, Kelurahan Sukorejo, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah

5. Hutan Wisata Tinjomoyo, wisata Gunung Pati

Terakhir ada Hutan Wisata Tinjomoyom yang dulunya merupakan kebun binatang. Sayangnya, tempat ini dilanda banjir akibat meluapnya Kali Garang pada 2006 sehingga kebun binatang tersebut harus ditutup dan satwa koleksinya dipindah ke lokasi baru di Magelang.

Hutan Tinjomoyo memiliki luas sekitar 57 hektare menawarkan pemandangan alam yang dihiasi pepohonan hijau. Udaranya masih sejuk dan kamu bebas mengelilingi hutan wisata tersebut.

Selain itu, terdapat sebuah jembatan merah berlatar hutan dan sungai yang menjadi ikon sekaligus spot foto favorit.

  • Alamat: Jln. Tinjomoyo Barat, Kelurahan Sukorejo, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah

Tips Berwisata di Gunung Pati

Untuk memastikan perjalanan wisata kamu di Gunung Pati berjalan lancar dan menyenangkan, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, di antaranya:

1. Pilih waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Pati adalah selama musim kemarau, yaitu antara bulan Mei hingga September. Pada periode ini, cuaca cenderung cerah dan tidak hujan, sehingga kamu dapat menikmati pemandangan alam dengan lebih leluasa.

2. Pakaian yang nyaman

Karena Gunung Pati memiliki topografi yang berbukit-bukit, disarankan untuk mengenakan pakaian nyaman dan sesuai untuk berjalan kaki. Selalu kenakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik.

Juga, jangan lupa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang kuat.

3. Persiapkan perlengkapan

Pastikan kamu membawa perlengkapan yang diperlukan seperti sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki, obat-obatan pribadi, makanan, dan minuman. Juga, pastikan kamu memiliki perlengkapan keselamatan yang diperlukan untuk kegiatan petualangan seperti canopy tour, rafting, atau offroad.

4. Patuhi peraturan lokal

Selalu patuhi peraturan yang berlaku di setiap destinasi wisata. Jangan membuang sampah sembarangan, jaga kebersihan lingkungan, dan hindari merusak fasilitas umum.

Selain itu, jangan mengganggu satwa liar yang ada di sekitar Gunung Pati.


Nah, itulah dia beberapa rekomendasi tempat wisata Gunung Pati yang bisa kamu masukkan ke dalam buku catatan kamu jika ingin berlibur ke sana. Sudah siapkah kamu untuk berlibur ke sana?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare