...
wisata halal Indonesia
5-min read

5 Destinasi Wisata Halal di Indonesia, Wajib Kunjungi saat Liburan

wisata halal Indonesia

Wisata halal Indonesia raih posisi 1 di GMTI 2023!

Cari wisata halal untuk liburan kamu? Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia punya deretan wisata halal terbaik untuk dikunjungi.

FYI, untuk daftar destinasi wisata halal terbaik di dunia, Indonesia berhasil menempati peringkat pertama berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023. Jadi, yuk, jelajahi kota-kota di Indonesia dan temukan destinasi wisata halal favorit kamu!

Apa Itu Wisata Halal?

Konsep wisata halal mulai diperkenalkan di Indonesia, lho. Kemudian, deretan negara lain seperti Turki, Mesir, Malaysia, dan Arab Saudi, negara dengan populasi masyarakat muslim mulai menerapkan konsep wisata ini.

Wisata ini bisa jadi alternatif bagi wisatawan muslim yang ingin berwisata sekaligus memenuhi kebutuhan spiritualnya. Konsep liburan ini akan menawarkan halal trip, halal restoran, dan halal hotel. Kamu bisa menemukan fasilitas ramah muslim, seperti tempat beribadah, penyediaan makanan halal, dan bebas dari aktivitas non halal.

Info wajib baca: Menawarkan Keindahan Alam, Berikut 6 Rekomendasi Wisata di Cimahi

Rekomendasi Destinasi Wisata Halal di Indonesia

Source: Unsplash.com

1. Wisata halal di Indonesia, Aceh

Menjadi destinasi liburan di Indonesia yang pertama, tentunya kamu nggak boleh melewatkan berkunjung ke Aceh. Daerah yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah ini punya banyak spot wisata bernuansa islami.

Bahkan tahun 2016 lalu, Aceh mendapatkan penghargaan dari World Halal Tourism Award sebagai World Best Airport for Halal Travellers dan World Best Halal Cultural Destination.

Nggak sulit menemukan restoran tersertifikasi halal dan fasilitas pendukung untuk beribadah di sini.

2. Lombok

Rekomendasi destinasi wisata halal di Indonesia selanjutnya adalah Lombok. Meski baru beberapa tahun belakang konsep restoran, resort, serta kuliner semakin popular, Lombok sudah lama menerapkan konsep ini.

Banyak destinasi wisata di daerah ini mengutamakan kehalalan pada setiap layanan. Nggak heran, Lombok menjadi daerah wisata yang ramah muslim. Apalagi tahun 2015, dalam ajang World Halal Travel Awards di Abu Dhabi, Lombok dinobatkan sebagai The World Best Halal Tourism.

Saat berlibur di sini, banyak banget yang perlu kamu cobain. Tapi paling utama, jangan mengunjungi masjid-masjid megah, seperti Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB. Soalnya, Lombok dikenal dengan julukan pulau seribu masjid.

3. Wisata halal di Indonesia, Jawa Barat

Beralih ke Jawa Barat, ada kota Bandung yang wajib kamu kunjungi jika mencari destinasi wisata halal. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini memiliki deretan destinasi religi yang menarik untuk kamu kunjungi.

Misalnya saja Masjid Terapung Gedebage dan Masjid Raya Bandung. Provinsi Jawa Barat juga mengutamakan kuliner bersertifikat halal, jadi orang muslim nggak perlu bingung mencari kuliner di sini.

Info wajib baca: 10 Tempat di Baturaden Wisata yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Keluarga!

4. Yogyakarta

Kalau destinasi di Yogyakarta memiliki banyak peninggalan kerajaan Islam dan bangunan bersejarah, salah satunya ada Kasultanan Yogyakarta. Liburan di daerah ini benar-benar terasa banget budaya khas Jawa dari zaman nenek moyang.

Mau mengenal sejarah Islam lebih dekat? Coba berkunjung ke Kampung Kauman, destinasi yang menjadi saksi sejarah perkembangan agama Islam di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

5. Wisata halal di Indonesia, Jakarta

Nggak ketinggalan dalam daftar rekomendasi wisata halal di Indonesia, yaitu Jakarta. Ibu kota Indonesia ini dikenal sebagai salah satu daerah yang menyediakan cukup banyak fasilitas ramah muslim.

Dari hotel bersertifikat halal hingga berkunjung ke masjid terbesar se-Asia Tenggara, Masjid Istiqlal. Budaya Betawi di Jakarta juga masih erat kaitannya dengan agama Islam. Di sini, mudah banget mendapat fasilitas ramah muslim.


Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam, budaya, dan warisan Islam. Dari Jogja yang kaya sejarah hingga pesona Aceh yang menakjubkan, destinasi wisata di Indonesia menawarkan pengalaman yang nggak terlupakan bagi para wisatawan muslim.

Jadi, sudah siap merencanakan perjalanan kamu sekarang? Yuk, nikmati pesona Indonesia yang tak tertandingi.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare