...
wisata gunung salatiga
5-min read

Rekomendasi Wisata Gunung Salatiga, Ada Agrowisata Kopeng sampai Pohon Pengantin

wisata gunung salatiga

Wisata gunung Salatiga memang menjadi tempat rekomendasi untuk dikunjungi!

Salatiga adalah kota yang terletak antara Surakarta dan Semarang. Meskipun kota ini kecil, tetapi faktanya banyak sekali lho wisata gunung Salatiga yang bagus dan layak untuk dikunjungi.

Bagi kamu yang ada rencana untuk berlibur dan pengen mengunjungi wisata gunung Salatiga ini, yuk coba simak artikel ini selengkapnya ya. Agar kamu tahu tempatnya terlebih dahulu sebelum kamu pergi ke lokasi.

Info wajib baca: 6 Sayur Sehat Bekal Sekolah yang Menyehatkan, Cocok untuk Si Anak!

Rekomendasi Wisata Gunung Salatiga

wisata gunung salatiga
Source: Tiket.com

Penasaran apa saja yang menarik di wisata gunung Salatiga ini, berikut ini daftar lengkapnya ya.

1. Wisata gunung Salatiga: Agrowisata Kopeng Gunungsari

Pertama, kamu dapat mengunjungi Agrowisata Kopeng Gunungsari, yang terletak di Salatiga yang menawarkan keindahan taman bunga dengan pemandangan Gunung Telomoyo. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan pemandangan unik dan menikmati pemandangan.

Kamu tidak hanya dapat menikmati keindahan hamparan bunga warna-warni, tetapi juga bisa mengunjungi beberapa tempat. Menara Pandang dari bambu adalah tempat terbaik untuk foto.

2. Kopeng Treetop Adventure Park

Kopeng Treetop Adventure Park adalah salah satu wisata Kopeng Salatiga terbaru yang harus dilihat. Ini menawarkan pengalaman outbound di tengah hutan pinus dan cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Flying fox dan treetop adalah beberapa aktivitas outbound menarik yang dapat kamu coba. Bahkan ada wahana riding ATV yang memiliki lintasan yang menantang.

3. Kali Odo

Selanjutnya ada Kali Odo, wisata air di Salatiga, yang terletak 7 km dari pusat kota dan menawarkan aktivitas seru seperti river tubing atau mengarungi sungai dengan ban pelampung. Kamu juga dapat bersantai mengikuti arus sungai, meskipun arusnya tidak begitu deras.

Bahkan air jernih Kali Odo dapat membuat foto di bawah air yang luar biasa. Tempat wisata ini berada di Dusun Karang, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang.

4. Merbabu View & Cafe

wisata gunung salatiga
Source: Kompas.com

Merbabu View & Café adalah tempat wisata di Salatiga yang menawarkan konsep semi-outdoor dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan Gunung Merbabu. Kafe ini terletak di selatan Agrowisata Kopeng Gunungsari dan memiliki bangunan segitiga unik.

Untuk mengunjungi Merbabu View & Café, waktu terbaik adalah di sore hari karena kamu dapat melihat pemandangan sunset yang sangat indah.

5. Pohon Pengantin, wisata gunung Salatiga

Selanjutnya ada pohon pengantin yang menjadi favorit para fotografer dan penggemar selfie. Meskipun pohon ini berada di tengah sawah, namun bentuknya yang menarik banyak pengunjung ke tempat wisata Salatiga terbaru ini.

Foto pre-wedding sering diambil di Pohon Pengantin Salatiga. Bentuk batangnya yang meliuk seperti bonsai adalah ciri khas pohon beringin Salatiga. Orang-orang di sekitar saya percaya bahwa wisata alam Salatiga adalah simbol cinta.

6. Boemisora

Apakah kamu ingin mengunjungi tempat wisata alam sambil mendapatkan edukasi bersama keluarga? kamu harus merencanakan liburan ke Boemisora, wisata Salatiga terbaru tahun 2023 yang berfokus pada agroforestry.

Boemisora adalah tempat yang bagus untuk membawa anak-anak ke alam. Karena terdapat mini zoo, greenhouse, kolam ikan, area camping, hingga playground. Kamu bisa juga mengajak si kecil trekking menyusuri bukit, belajar berkebun, memberi makan hingga berfoto bersama aneka satwa, hingga menangkap ikan.

Info wajib baca: 12 Coffee Shop Kemang Murah Sedang Hits, Cocok untuk Hangout!

7. Bukit cinta

wisata gunung salatiga
Source: Travel Kompas.com

Bukit cinta, ini tempatnya dekat dengan Rawa Pening, jadi cukup strategis untuk mengunjungi tempat wisata lainnya. Tempatnya juga sejuk dengan pemandangan yang indah lho.

Taman di Love Hill cocok untuk bersantai atau piknik. Terdapat juga berbagai area bermain, seperti seluncuran dan ayunan. Cocok untuk liburan bersama keluarga, terutama untuk anak-anak.

8. Sumber mata air senjoyo

Sumber Mata Air Senjoyo merupakan wisata air di Salatiga, yang hanya berjarak 6 km dari pusat kota. Tempat ini memiliki pemandangan indah dan airnya yang menyegarkan karena berada di lereng Gunung Merbabu.

Salah satu daya tarik Sumber Mata Air Senjoyo adalah kumpulan ikannya, yang memungkinkan kamu untuk berenang dan berfoto dengan beberapa ikan.

9. Desa wisata Kemetul

Tempat wisata Salatiga terbaru, Dewa wisata Kemetul, menawarkan pengalaman selfie yang unik lho. Sebenarnya, wilayah desa wisata ini adalah persawahan. Namun, penduduk lokal mengubahnya menjadi lokasi wisata.

Foto bambu raksasa di tengah sawah adalah lokasi terkenal di wisata Salatiga. Selain itu, ada juga gazebo yang dapat digunakan untuk piknik sambil menikmati persawahan. Dari Salatiga, kamu bisa mengakses Jalan Suruh. Jarak tempuh dari pusat kota yaitu sekitar 12 km atau sekitar 30 menit perjalanan.

10. Arrowhead Park, wisata gunung Salatiga

Lokasi ini berada di tengah pedesaan, lebih tepatnya di Desa Tegal Waton. Pemandangan alam desanya masih asri, hijau, dan rindang.

Kegiatan berkeliling desa dengan berkuda jadi kegiatan paling seru di sini. Bahkan, tersedia paket untuk sekolah berkuda. Arrowhead Part sangat cocok menjadi tempat wisata bareng keluarga lho.

11. Tlogo Plantation

Selanjutnya ada Tlogo Plantation yang berada di Tuntang, Salatiga. Ini merupakan kawasan wisata terpadu. Selain liburan asyik, kamu juga bisa menambah ilmu di perkebunan kopi setempat.

Kalau membawa serta anak-anak, ikutlah kegiatan berkebun. Selain itu, ada beberapa resor dengan pemandangan alam indah buat referensi menginap. Terdapat 22 cottage dan 15 kamar superior yang bisa kamu pilih untuk melepas lelah.


Nah, itulah dia beberapa rekomendasi wisata gunung Salatiga yang memukau dan mempunyai pemandangan yang indah, yang tentunya bisa jadi destinasi liburan kamu berikutnya.

Jadi gimana? Apakah kamu bersedia berkunjung ke sana? Yuk, coba komen di bawah!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare