...
5-min read

6 Destinasi Wisata Pagaralam yang Wajib Kamu Kunjungi, Dari Gunung Hingga Taman Buatan

Kawasan wisata di Pagaralam cocok untuk kamu yang sedang mencari udara yang bersih dan sejuk, serta melarikan diri dari hiruk pikuk ibu kota.

Pagaralam, sebuah destinasi wisata yang mungkin masih tersembunyi namun penuh dengan pesona alam yang menakjubkan. Terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Pagaralam menawarkan pengalaman wisata yang unik dengan kombinasi indahnya alam pegunungan, kearifan lokal, dan keberagaman budaya. Dari gunung hingga taman buatan, semuanya bertujuan untuk melegakan paru-parumu!

Pada artikel kali ini, Kostmin akan membawamu untuk menjelajahi kecantikan alam Pagaralam serta menyingkap pesona-pesona tersembunyi yang membuatnya layak untuk menjadi destinasi wisata pilihan. Tak hanya indah dan sejuk, kawasan wisata di Pagaralam ini juga memiliki tiket masuk yang terjangkau, lho! Penasaran? Baca artikel ini sampai habis, ya!

1. Oziel Amazing Garden

Source: Genpi.co Sumatera Selatan

Taman yang terletak di Pagaralam ini memiliki banyak fasilitas, mulai dari spot foto yang estetik hingga penyewaan pakaian tradisional asal Korea Selatan, Hanbok. Oziel Amazing Garden memiliki konsep utama yaitu taman bunga, kebun stroberi, dan kebun jeruk. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat pohon sakura layaknya di Jepang yang cocok dijadikan sebagai latar untuk berfoto-foto.

Bukan hanya taman yang cocok untuk dijadikan spot foto, di Oziel Amazing Garden juga ada kawasan bermain anak-anak, lho! Tentu ini membuat Oziel Amazing Garden cocok untuk dijadikan destinasi wisata yang family friendly. Untuk berlibur ke taman ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah per orangnya, sangat terjangkau bukan?

2. Pagaralam Rafting Wisata

Pagaralam Rafting Wisata berlamat di Jl. Kombes H. Umar No. 1 Kel. Besemah Serasan Pagaralam – Sumatera Selatan Indonesia. Ini merupakan destinasi wisata yang dirintis sejak tahun 2002 dan berbasis di kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Kawasan wisata ini mengutamakan pelayanan dan berusaha untuk mengakomodir segala kebutuhan gathering bagi perusahaan, instansi, maupun keluarga yang ingin menikmati wisata alam di kota Pagaralam.

Info wajib baca: Mengenal Kekayaan Adat Sumatera Selatan: Rumah, Pakaian, hingga Tari Tradisional

3. Gunung Dempo

Source: Kabar BUMN

Gunung Dempo berlokasi di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu. Jarak tempuh darat untuk ke kawasan wisata ini memakan waktu sekitar 7 jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan. Saat kamu mengunjungi gunung ini, kamu akan melihat ada sebuah danau di ujung barat laut dengan lebar sekitar 400 m.

Dempo merpakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 3195 mdpl. Gunung ini juga sekaligus menjadi bagian dari deretan Pegunungan Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Sumatera. Namun kamu harus hati-hati, karena Gunung berapi yang memiliki dua puncak ini masih tergolong aktif.

4. Green Paradise Pagar Alam

Green Paradise adalah objek wisata terletak di kaki Gunung Dempo, tepatnya di Desa Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam yang memiliki luas sekitar 2,5 hektar. Terletak di ketinggian, pengunjung bisa merasakan hawa sejuk di bawah kaki Gunung Dempo yang dikelilingi perkebunan kopi. Tak hanya itu, kamu akan disuguhkan pemandangan sungai yang berasal dari mata air alami.

Di Green Paradise ini, kamu juga bisa menyatu dengan alam dan masyarakat sekitar. Selain itu, kamu juga bisa ikut belajar memanen sayur bersama petani-petani yang ada di sana. Ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di objek wisata ini, seperti memancing, memberi makan ikan, berenang, menunggangi kuda, flying fox, memanah, dan bermain outbound. Harga tiket masuknya juga terjangkau, yakni hanya 10 ribu rupiah per orangnya.

5. Tangga Seribu Pagar Alam 

Tangga Seribu Pagar Alam menawarkan wisata alam dengan harga yang terjangkau, yakni hanya 5 ribu rupiah saja per orangnya. Terdapat sebuah lampu yang akan menyala di setiap anak tangganya ketika dilewati. Saat menyusuri tangga ini, kamu bisa melihat pemandangan kebuh teh yang terbentang luas. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat gagahnya Gunung Dempo yang menjulang setinggi 3.159 mdpl.

Info wajib baca: Mengenal Bentuk dan Jenis Rumah Adat Sumatera Selatan | Tak Hanya Rumah Limas

6. Dempo Park

Dempo Park adalah sebuah taman tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian sekitar 1800 meter di atas permukaan laut. Taman ini terletak di kaki Gunung Dempo, sehingga jika cuaca cerah kamu akan melihat Gunung Dempo sebagai latar belakang pemandangannya.

Tak hanya bisa melihat keindahan alamnya, di Dempo Park juga terdapat fasilitas bermain anak-anak seperti prosotan, panjat tangga ayunan, dan masih banyak lagi. Warna-warni dari bunga di taman ini juga menjadi daya tarik Dempo Park, sehingga kawasannya menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.


Pagaralam pantas menjadi destinasi yang dijelajahi oleh para pencinta alam dan petualang. Pernah berkunjung ke salah satu destinasi wisata ini? Jika belum, mari kita lepas penat sejenak dari kehidupan sehari-hari dan berpetualang di Pagaralam saat liburan akhir tahun nanti.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare