...
5-min read

6 Destinasi Wisata di Jombang yang Wajib Dikunjungi, Bisa Makan Duren Sepuasnya?

Dari wisata religi hingga keliling kebun duren, destinasi wisata di Jombang ini dijamin bikin kamu pengen balik lagi!

Jombang merupakan kabupaten yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam. Terletak di Provinsi Jawa Timur, Jombang menjadi pilihan bagi para wisatawan yang mencari pengalaman unik dan berkesan.

Dengan pesona alam yang memukau, warisan sejarah yang berlimpah, serta kehangatan masyarakatnya, Jombang menawarkan petualangan seru dan pengetahuan mendalam.

Nah, apa kamu berencana untuk mengunjungi Jombang? Jika iya, kamu mendarat di artikel yang tepat, nih! Pada kali ini, Kostmin akan memperkenalkan beberapa kawasan wisata di Jombang yang wajib kamu kunjungi.

Destinasi Wisata di Jombang

Tak hanya indah, kawasan wisata berikut juga memiliki tiket masuk yang terjangkau. Untuk itu, mari kita telusuri bersama keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini. Simak daftarnya berikut ini:

1. Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi merupakan destinasi wisata yang ideal untuk liburan bersama keluarga maupun teman-teman. Alamatnya berada di Jl. Raya Gondang, Dusun Gondang, Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tak hanya bermain di kawasan terbuka, kamu juga bisa menginap di tempat dengan tema perdesaan ini sembari menikmati panorama yang indah.

Dengan tiket masuk seharga 50 ribu per orangnya, kamu sudah bisa menikmati fasilitas sebagai berikut, flying fox, high rope, arena shooting target, amphitheater, rafting di Kali Boro, off road, motor cross, dan mountain bike. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas kolam renang yang tersedia di Kampoeng Djawi ini.

Untuk menikmati lebih banyak fasilitas, kamu bisa mengunjungi tempat ini pada akhir pekan karena biasanya Kampoeng Djawi mengadakan pentas musik pada waktu ini.

Info wajib baca: Ada Africa Van Java, Inilah 5 Destinasi Wisata Situbondo yang Wajib Dikunjungi!

2. Banyumili Eco Tourism

wisata di jombang
Source: WisataHits

Kawasan wisata yang satu ini terletak di Carangwulung, Wonosalam, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang. Tak hanya cocok untuk healing, Banyumili Eco Tourism juga memiliki spot foto berupa rumah hobbit dan gerbang merah ala Jepang yang keren lucu.

Dari wisata alam hingga wisata buatan, semuanya bisa kamu temui di Banyumili Eco Tourism. Meskipun begitu, kawasan wisata ini memiliki tiket masuk yang murah, yakni mulai dari 5 ribu rupiah untuk satu tiketnya. Ada juga fasilitas lainnya seperti flying fox, outbound, dan perahu bebek yang bisa kamu naikki.

3. Kelenteng Hong San Kiong, wisata religi di Jombang

wisata di jombang
Source: Alid Abdul

Kelenteng Hong San Kiong berlokasi di Jalan Raya Gudo-Blimbing No. 156 Gudo, Kabupaten Jombang. Jawa Timur. Tempat ini awalnya hanya digunakan sebagai tempat sembahyang dan kegiatan umat Tridharma, namun seiring berjalannya waktu, Kelenteng Hong San Kiong juga dijadikan sebagai kawasan wisata oleh masyarakat setempat.

Dengan biaya gratis untuk tiket masuknya, kamu bisa menikmati keindahan arsitektur gaya Tionghoa. Tak hanya itu, di wisata religi yang sudah berdiri sejak abad ke-17 ini kamu juga bisa mengetahui tentang budaya Tionghoa.

4. Air Terjun Tretes

Ingin menikmati keindahan alam di Kabupaten Jombang sembari berendam di air yang bersih dan segar? JIka iya, maka tempat yang satu ini cocok sekali untukmu. Air Terjun Tretet terletak di Desa Galeng Dowo Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Dominasi vegetasi pada blok ini yaitu jenis anggrung (trema orientalis), kukrup, bambu, grasak, jelatang, cembirit (tabernaemontana macrocarpa) dengan tutupan lahan ± 80%. Selain tumbuhan yang beragam, ada juga satwa burung juga banyak ditemui di sana, seperti mantenan, cucak ijo, dan cucak jenggot. Untuk melihat keindahan alam yang menawan, kamu hanya perlu mengeluarkan 10 ribu rupiah sebagai tiket masuknya.

Info wajib baca: Wisata Indramayu yang Wajib Dikunjungi, Dari Wisata Outdoor Hingga Indoor!

5. Aquatics Pool and Water Park, wisata air di Jombang

Aquatics Pool and Water Park adalah wisata air yang terletak di Desa Sengon, Kecamatan Jombang, yang mana lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jombang. Kolam renang ini juga menjadi salah satu kolam renang di Jombang yang populer. Bahkan dapat dibilang bahwa Aquatics Pool adalah kolam renang terbaik di Jombang.

Bukan hanya kolam renang, Aquatics Pool and Water Park juga memiliki fasilitas water slider yang bisa kamu naikki agar wisata airmu terasa lebih menyenangkan. Meskipun memiliki fasilitas yang terbilang bagus dan lengkap, Aquatics Pool and Water Park memiliki tiket masuk yang cukup terjangkau, lho, yakni hanya 10 ribu rupiah saja untuk satu orang.

6. Duran Duren, wisata alam di Jombang

Pecinta duren wajib ke sini! Terletak di pegunungan, wisata yang baru buka tahun 2022 silam ini menawarkan panorama yang indah. Kawasan wisata Duran Duren menyajikan view perbukitan dengan pepohonan hijau yang asri. Adapun Duran Duren mengusung konsep wisata pegunungan dan edukasi yang dihiasi tanaman serta memiliki kebun durian.

Kawasan wisata ini fokus terhadap konservasi buah durian, sehingga mereka menawarkan berkeliling kebun durian sebagai wisata yang utama. Tak hanya melihat-lihat kebun duren, ada juga berbagai wahana seru seperti taman bermain anak, spot hobbit town hingga kebun binatang mini. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan sarana umum dan fasilitas yang lengkap dan memadai.


Dari puncak gunung hingga jejak sejarah, Jombang telah memberikan pengalaman luar biasa yang tak terlupakan. Apakah kamu punya rekomendasi tempat wisata lainnya di Jombang? Jika ada, tulis di kolom komentar, ya!

Mau tahu informasi diskon lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare