...
5-min read

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Parapat, Kunjungi Indahnya Batu Legendaris di Sumatera Utara!

Dari bukit hingga danau, Parapat memiliki semua keindahan alam yang bisa kamu kunjungi dengan harga yang terjangkau!

Parapat, sebuah destinasi wisata yang terletak di tepi Danau Toba, Sumatra Utara, Indonesia, menawarkan pesona alam yang memukau dan keindahan budaya yang kaya. Dikenal sebagai pintu gerbang menuju Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia, Parapat menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, sejarah, dan kehidupan masyarakat lokal.

Tak hanya wisata alam alami, kamu juga bisa mengunjungi taman buatan seperti kebun bunga layaknya di Eropa. Ingin berkunjung, namun tidak tahu nama tempatnya? Jangan khawatir, pada artikel kali ini Kostmin akan memberitahu kamu destinasi wisata apa saja yang wajib kamu datangi saat sedang berkunjung ke Parapat. Sudah siap? Yuk kita telusuri keindahan Sumatera Utara!

Rekomendasi Tempat Wisata di Parapat

1. Tempat Wisata di Parapat: Pantai Bebas Parapat Danau Toba

Pantai Bebas Parapat Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Kota Parapat. Saat datang ke pantai ini, jangan berekspetasi akan ada pasir pantai karena pinggir bantainya dibangun sedemikian rupa agar pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmat cantiknya Pantai Bebas Parapat Danau Toba.

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas di pantai ini, mulai dari memancing, wisata air, dan jogging di pinggir pantai. Pemandangan yang indah saat matahari terbenam juga kerap menarik perhatian pengunjung untuk berfoto di Pantai Bebas Parapat Danau Toba. Untuk berlibur ke Pantai Bebas Parapat Danau Toba tidak dipungut biaya, namun kamu harus membayar parkir motor dan mobil mulai dari seribu rupiah saja.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Daerah dari Bahan Nabati Murah dan Bergizi, Cocok untuk Anak Kost Vegetarian!

2. Tempat Wisata di Parapat: Bukit Holbung Samosir

Source: WisataHits

Bukit yang terletak di Kota Parapat ini juga menjadi pilihan wisatawan untuk healing dan menghirup udara segar di atas ketinggian. Destinasi wisata ini tepatnya berlokasi di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dari atas Bukit Holbung Samosir, kamu bisa melihat indahnya pemandangan danau terbesar di Indonesia, yakni Danau Toba.

Ingin mengunjungi Bukit Holbung Samosir? Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang dan 5 ribu rupiah untuk parkir sepeda motor. Murah bukan?

3. Taman Eden 100

Tak hanya digunakan sebagai tempat bersantai, Taman Eden 100 juga kerap dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengabadikan foto, seperti pre-wedding. Taman buatan yang berlokasi di Desa Sionggang Utara ini menawarkan ekowisata dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari 7 ribu rupiah untuk anak-anak dan 15 ribu rupiah untuk orang dewasa.

Tak hanya melihat flora yang beragam, kamu juga bisa wisata air di air terjun dan sungai kecil, lho! Selain berkunjung, kamu juga bisa menginap di homestay yang ada di Taman Eden 100 dengan konsep rumah kayu. Penginapannya dimulai dari 300 ribu rupiah. Selain menginap, main air, dan melihat berbagai flora, di sini kamu juga bisa membantu menanam tanaman andaliman untuk berkontribusi terhadap alam.

4. Batu Gantung

Source: Jurnal Flores

Unik! Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata paling unik di Medan, Sumatera Utara. Batu Gantung merupakan obyek wisata berupa bukit yang terjal yang tersusun atas rangkaian bebatuan alami Obyek wisata ini memiliki batu yang tampak menggantung ke bawah layaknya postur tubuh manusia dengan posisi lurus ke bawah dengan keadaan terbalik.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Kendal yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Sana, Terbuat Dari Biji Mangga!

5. Sapo Juma Tongging Karo

Sapo Juma Tongging Karo merupakan salah satu destinasi wisata menakjubkan dengan beragam flora cantik di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk mengambil foto dengan latar bunga-bunga, karena di Sapo Juma Tongging Karo kamu akan mendapatkan panorama serupa.

Tak hanya berfoto-foto, di area Sapo Juma Karo ini juga terdapat lokasi camping ground menarik yang dikelola oleh pemilik resort. Dari kebun bunga ini, kamu bisa melihat cantiknya Danau Toba menjadi latar belakang penginapannya, karena lokasi resort terletak di pinggiran Danau Toba. Untuk masuk ke Sapo Juma Tongging Karo, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga 20 ribu rupiah per orangnya.

6. Air Terjun Situmurun

Air terjun dengan tinggi 70 meter ini terletak di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Keunikkan dari air terjun ini selain tinggi yakni memiliki 7 tingkatan air terjun yang membuat airnya indah saat mengalir. Airnya yang bersih, jernih, dan alami juga membuat wisatawan tak ingin melewatkan berenang di air terjun ini.


Itulah informasi tentang destinasi wisata yang ada di Parapat, Sumatera Utara. Gimana, apakah kamu berencana untuk berkunjung ke salah satu tempat di atas? Atau pernah mengunjunginya? Beritahu pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare