...
5-min read

6 Rekomendasi Wisata di Pandaan, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun!

Tak hanya wisata air, Pandaan yang sejuk juga menawarkan wisata sejarah dan religi!

Pandaan, kota yang memukau, ini memiliki keindahan alam dan pesona budaya yang dijamin akan membuatmu betah saat berkunjung. Terletak di Pasuruan, ada banyak destinasi wisata yang cocok untuk berlibur dengan keluarga maupun teman-teman. Kota ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang mencari petualangan, ketenangan, dan keberagaman.

Penasaran? Mari kita menjelajahi keajaiban yang menanti di setiap sudut Pandaan, dari puncak gunung hingga lembah yang hijau. Kostmin akan membawamu jalan-jalan untuk merasakan pesona yang luar biasa dalam perjalanan wisata!

Rekomendasi Wisata di Pandaan

1. Taman Dayu Waterpark

Taman Dayu Waterpark adalah destinsi wisata air yang berlokasi di daerah Pandaan. Wisata air ini ada di kawasan alam perbukitan dengan pemandangan yang hijau serta air yang sangat jernih, sehingga sangat cocok untuk masuk ke bucket list mu untuk liburan dengan keluarga, teman, ataupun hiburan anak sekolah.

Taman yang memiliki konsep Water Outbound ini tak hanya memiliki Waterpark saja, pengunjung juga dapat menikmati suguhan hiburan setiap weekend dan High Season. Hiburan tersebut termasuk, Foam Party, Fun Game, Magic Show, dan live music. Melansir dari Medical Tourism, kamu juga bisa bermain Flying Fox dengan sensasi meluncur di atas kolam renang.

Tidak hanya menawarkan sensasi bermain air saja, The Taman Dayu Waterpak juga menawarkan untuk menginap di Tenda Camping & Rumah Kayu yang ada di bukit tepat berada di bagian atas area kolam renang. Dari sana, kamu bisa melihat pemandangan kolam renang yang disuguhkan untuk pengunjung yang menginap.

2. Masjid Cheng Ho

Source: Blog Kang Andre

Masjid Cheng Ho berlokasi di Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156. Masjid ini diresmikan pada 27 Januari 2008 oleh Bupati Pasuruan pada masa itu. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh KH Abdurrahman Wahid pada tanggal 30 Mei 2004.

Terdapat keunikkan pada masjid ini, yakni kombinasi tiga kebudayaan dalam satu bangunan yang meliputi Jawa, Arab, dan Tionghoa. Melansir dari situs resmi Kabupaten Pasuruan, Masjid Cheng Ho terdiri dari 2 lantai dengan atap menyerupai bangunan pagoda. Bangunan ini didirikan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Di kawasan ini ada banyak kios yang menjual makanan, souvenir dan buah-buahan.

3. Air Terjun Coban Binangun

Air Terjun Coban Binangun berlokasi di Binangun, Plintahan, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156. Ini merupakan lokasi air terjun terletak di antara dua Desa yang membagi antara Desa Durensewu dan Desa Plintahan. Melansir dari situs resmi Kabupaten Pasuruan, lokasi air terjun ini tepat di Dusun Binangun dan Dusun Genengan keduanya berada di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Destinasi wisata ini menawakan wisata alam yang menawarkan pemandangan alam pegunungan serta air terjun yang indah. Jika datang ke sini, kamu bisa menikmati kesegaran air coban ini dengan mandi di bawah Coban Genengan tersebut.

4. Pines Taman Dayu

Ingin menghirup udara segar dan melegakan paru-paru? Pines Taman Dayu merupakan destinasi yang cocok untuk liburanmu! Di sini, kamu juga bisa bersantai di rumah pohon, lho! Rumah pohon yang di Pines Taman Dayu berada di area hutan pinus, jadi dapat dibayangkan bagaimana indahnya pemandangan yang bisa kamu lihat dari atas sana.

Pohon pinus yang merupakan penyangga rumah pohon ini kuat dan kokoh, jadi kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya. Dengan ukuran sekitar 6 x 4 meter, Rumah Pohon Taman Dayu dapat menampung sekitar 6 – 8 orang. Mengutip dari Direktorat Pariwisata, tak hanya rumah pohon, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru seperti bermain paintball, ATV atau outbond.

5. Telogo Sewu Pandaan 

Telogo Sewu Pandaan berlokasi di Dusun Klagen Desa Duren Sewu Kecamatan Pandaan Pasuruan. Destinasi wisata ini adalah tempat rekreasi yang memadukan konsep kolam renang alami dengan wahana permainan seperti sepeda air, wahana permainan, kereta kelinci, play ground, terapi ikan dan arena berkuda. 

Tak usah khawatir akan penyakit kulit, di tempat ini pengunjung bisa berenang dan menikmati kesegaran sumber air alami yang bersih dan jernih tanpa bahan kimia seperti kaporit. Maka dari itu, kolam renang ini aman bagi kalian yang punya kulit sensitif. Tak usah khawatir akan kesulitan mencari makanan, jika kamu lapar dan haus, tersedia PUJASERA yang menyajikan makanan seperti bakso, mie ayam, siomay, mie instan, gorengan, dan aneka minuman.

6. Candi Jawi

Ingin berwisata sambil belajar sejarah? Candi Jawi berlokasi di desa Candi Wates Kecamatan Prigen. Candi ini dibuat pada tahun 1300 Masehi merupakan bangunan suci, yang diperkirakan sebagai tempat penderma Kertanegara raja terakhir Singasari (abad 13 M).

Arsitektur dari Candi Jawi memadukan kebudayaan Hindu dan Budha dengan bagian puncak berbentuk stupa. Destinasi wisata ini dapat ditempuh 40 menit dari Surabaya. Memiliki tinggi bangunan Candi 24,50 meter, panjang 14,20 meter dan lebar 9,50 meter, candi ini terbuat dari batu andesit.


Itulah destinasi wisata Pandaan yang telah membuat kita kagum dengan kecantikan alamnya dan kehangatan masyarakatnya. Dari petualangan seru hingga momen kebahagiaan, Pandaan meninggalkan jejak kenangan yang tak terlupakan.

Semoga artikel ini telah membantumu untuk mendapat gambaran yang jelas tentang wisata-wisata yang ada di Pandaan!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare