...
5-min read

6 Wisata di Ambarawa yang Wajib Kamu Kunjungi, Dari Candi Hingga Gua!

Cocok bagi pecinta sejarah, Ambarawa menawarkan wisata alam yang penuh akan sejarah!

Tersembunyi di lereng pegunungan, Ambarawa memancarkan daya tariknya dengan keindahan alam yang memukau dan warisan sejarah yang kaya. Dari jalanan berliku hingga destinasi bersejarah, kota ini menawarkan petualangan yang seru dan menakjubkan bagi para wisatawan.

Kali ini Kostmin akan membawamu untuk bertualang di kota penuh sejarah yang satu ini. Maka dari itu, bergabunglah dengan kami dalam menjelajahi setiap sudut kota ini, di mana setiap langkah adalah sebuah keajaiban tersendiri!

Rekomendasi Wisata di Ambarawa

1. Candi Gedongsongo

Cangi Gedongsongo adalah kompleks candi yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Komplek candi ini ditemukan oleh Raffles pada 1804 dan merupakan peninggalan dari Dinasti Sanjaya abad 9. Mengutip dari Visit Jawa Tengah, nama Gedongsongo berasal dari bahasa Jawa, yakni Gedong yang berarti bangunan dan Songo yang artinya sembilan. Meskipun begitu, jumlah keseluruhan candi ini tidak sampai sembilan bangunan.

Lokasi antar candi cukup berjauhan, maka dari itu bagi kamu yang ingin datang ke tempat ini dan tertarik untuk melihat semua candinya harus memiliki stamina yang cukup kuat. Jika tidak kuat berjalan kaki, kamu juga bisa memanfaatkan jasa kuda wisata. Tak hanya itu, pada area tertentu di kawasan ini juga dapat digunakan untuk berkemah. 

Info wajib baca: 6 Rekomendasi Wisata di Pandaan, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun!

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Source: Wisata Hits

Museum Kereta Api Indonesia (Indonesian Railway Museum) awalnya merupakan sebuah stasiun dengan nama Stasiun Willem I. Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) merupakan kelompok yang membangun stasiun ini dan meresmikannya pada tanggal 21 Mei 1873 bersamaan dengan pembukaan lintas Kedungjati-Ambarawa. Tempat ini wajib dikunjungi bagi pecinta sejarah.

Pembangunan stasiun pada saat itu merupakan syarat yang harus dipenuhi NISM guna mendapatkan ijin konsensi pembangunan jalur kereta api pertama Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta). Melansir dari Heritage KAI, NISM pada saat itu wajib untuk membangun jalur kereta api cabang lintas Kedungjati-Ambrawa sepanjang 37 km yang digunakan untuk keperluan militer.

3. Dusun Semilir

Source: Suara Merdeka

Dusun Semilir merupakan tempat wisata yang cocok bagi kamu jika ingin jalan-jalan bersama teman maupun keluarga. Ada banyak wahana yang bisa kamu coba, seperti Alun Eropa yang didesain seperti negara Eropa dengan wahana kereta kecil yang cocok untuk foto-foto. Jika mengunjungi Dusun Semilir pada malam hari, kamu akan melihat banyak lampu-lampu yang indah menyala di tengah kegelapan.

Ada juga spot foto berkonsep alam, dengan bermacam macam tanaman hutan Tropis yang menjadi latar belakang dan beberapa hewan menarik seperti otter, burung, dan ikan koi. Taman ini sangat instagramable, banyak spot foto, patung- patung dan kolam yang indah, rumah untuk otter, angsa, dan ikan. Nikmatilah suasana alam yang segar dan sejuknya udara asli di Dusun Semilir!

4. Danau Rawa Pening

Rawa Pening menawarkan pemandangan danau jernih yang membentang luas. Mengutip dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, danau ini berlokasi di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu: Kecamatan Bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru. Danau ini berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas sekitar 2.670 hektar dengan hampir setengah dari luas Rawa Pening dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondhok. Selain menjadi tempat wisata, masyarakat di sekitar danau juga melakukan aktivitas lain di danau ini, seperti memancing dan mencari ikan menggunakan jala. Apabila ingin mengitari danau ini, kamu bisa menyewa perahu hanya dengan uang sebanyak 30 ribu rupiah.

Info wajib baca: Nikmati Keindahan Alam yang Memukau! Berikut 6 Destinasi Wisata di Payakumbuh

5. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang terletak di Ambarawa yang bersejarah. Bukan hanya pada masa penjajahan, monumen ini juga menjadi saksi perjuangan setelah kemerdekaan diproklamasikan. Monumen ini diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974. Kawasan wisata ini cocok bagi kamu pecinta sejarah!

Mengutip dari Badan Otorita Borobudur, mnumen yang ada di Panjang ini dibangun dengan tinggi hingga lebih dari 5 meter dengan lambang Pancasila yang memiliki latar belakang bentuk segi lima. Di dalam museum juga ada sejumlah foto yang masih jelas menggambarkan keadaan saat pertempuran Ambarawa terjadi.

6. Bukit Cinta

Kawasan ini di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Bukit Cinta menempuh waktu satu jam dari pusat Kota Semarang. Menawarkan panorama yang luar biasa, pemandangan rawa pening dan gugusan, pegunungan memiliki suasana yang eksotis, tak heran para wisatawan betah berlama-lama di sini. Suasananya yang sejuk cocok untuk healing sendirian atau bersama teman-teman.

Bukit Cinta Rawa Pening cukup populer di kalangan pecinta fotografi. Para pecinta fotograsi biasa menghabiskan waktu saat matahari terbit di pagi hari atau matahari terbenam di sore hari untuk mendapatkan foto yang mereka inginkan. Sunsetnya sangat cantik, membuat Bukit Cinta cocok dijadikan spot foto dengan pemandangan alam.


Itulah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Ambarawa. Destinasi wisata yang telah memberikan kita pengalaman yang tak terlupakan. Dalam setiap cerita dan sudut kota Ambarawa, kita menemukan kekayaan budaya dan pesona alam yang memukau.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare