...
wisata payakumbuh
5-min read

Nikmati Keindahan Alam yang Memukau! Berikut 6 Destinasi Wisata di Payakumbuh

wisata payakumbuh

Nikmati keindahan alam yang memukai di destinasi wisata Payakumbuh!

Payakumbuh memiliki banyak kawasan wisata yang bisa dinikmati bagi kamu para pecinta alam. Dari gunung sampai lembah, ada sejumlah tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburanmu. Tak hanya itu, tempat-tempat ini juga cocok untuk healing sejenak dari kehidupan pekerjaan yang terkadang menjadi beban pikiran.

Bagi kamu yang ingin liburan ataupun pulang kampung ke Payakumbuh, mau tahu apa saja rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu datangi saat ke sini? Ikuti artikel ini sampai habis karena Kostmin akan membawamu jalan-jalan ke Payakumbuh!

Rekomendasi Wisata di Payakumbuh

1. Puncak Marajo

Puncak Marajo berlokasi di Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh No.233, Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Bar., Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Bagi kamu yang suka dengan pemandangan alam serta udara yang segar, Puncak Marajo merupakan tempat wisata yang tepat untuk liburanmu. Punak Marajo ini terletak di Ngalau Indah, masih satu kawasan dengan Goa Ngalau Indah. Untuk mengunjungi kawasan ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak 10 ribu rupiah.

Dari atas Puncak Marajo kita dapat melihat keindahan kota yang dihiasi dengan gunung dan hijaunya dedaunan. Terdapat tantangan untuk mencapai puncaknya. Anak jenjangnya banyak, sedikit menanjak, dan berliku. Kamu juga akan masuk ke celah-celah bukit berbatu. Hal ini karena bukit di Puncak Marajo tetap merupakan anggota berasal dari bukit Ngalau Indah. Bukitnya saling tersambung dan satu sama lain.

2. Padang Mangateh

Source: Rental Mobil Padang

Serasa di New Zealand, Padang Mangateh menawarkan pemandangan dengan hamparan rumput hijau yang luas dengan sapi yang hidup dengan santai. Padang Mangateh yang memiliki luas sekitar 280 hektar ini merupakan kawasan ternak sapi, namun karena panoramanya yang indah membuatnya cocok dijadikan tempat wisata.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Tasikmalaya, dari Dataran Tinggi hingga Pantai

3. Bukik Bulek Taram 

Source: Rental Mobil Padang

Bukit ini dinamakan Bukik Bulek karena bentuknya yang bundar dengan dinding batu yang sangat terjal. Di sekitar bukit ini terbentang hamparan yang cocok untuk berkemah. Tak hanya itu, ada juga hamparan persawahan dan rawa dengan ratusan ikan di dalamnya. Hal yang tak kalah menarik, di bukit ini juga banyak burung Belibis yang terbang hilir mudik di sekeliling bukit.

Keindahan bukit yang terletak sekitar 8 Km dari Kota Payakumbuh ini ramai didatangi wisatawan lokal. Tak jauh dari Bukik Bulek juga ada objek wisata Kapalo Banda yang menyuguhkan pemandangan alam perbukitan yang hijau dan hamparan sawah yang luas serta segarnya air bendungan yang ada di objek wisata ini.

4. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram secara geografis terletak pada dataran yang rendah dengan suhu yang relatif dingin. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk beristirahat dan melepaskan kesibukan sejenak bagi Wisatawan. Aktivitas ekowisata dan Wisata air di kawasan ini memiliki atraksi wisata yang disuguhkan beragam kegiatan dengan sentuhan aktivitas perkampungan alam dan memiliki karakteristik yang khas.

Dilansir dari Jadesta Kemenparekraf, d kawasan ini juga ada Hutan Pinus Wakanda yang ditata sedemikian rupa. Ada juga pemandangan alam dan air terjun di Kapalo Banda Taram yang berfungsi sebagai sarana wisata untuk healing bagi para pengunjung. Tak hanya itu, kawasan ini juga bisa dijadikan tempat wisata pendidikan di alam terbuka dan tempat pembinaan siswa yang bernuansa perkampungan memiliki karaktaeristik yang khas.

Info wajib baca: 6 Wisata Klaten dengan Pesona yang Indah dan Harga Tiket Masuk Terjangkau!

5. Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter. Namun di kawasan ini para pengunjung tidak bisa menghabiskan waktunya untuk berendam air maupun berenang. Kebanyakan dari wisatawan yang datang ke sini hanya bisa menggunakan air dari Air Terjun Lubuak Bulan untuk membasuh muka ataupun sekadar mengambil sedikit air untuk minum.

Dikutip dari Direktori Pariwisata, Air Terjun Lubuak Bulan ini berada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, kec. Mungka, Kab. Lima Puluh Kota. Adapun lokasi air terjun ini berjarak sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan dari kota Payakumbuh. Tidak bisa menggunakan kendaraan besar, perjalanan menuju ke air terjun ini hanya bisa dilakukan menggunakan sepeda motor.

6. Rumah Gadang Sungai Beringin

Kompleks Rumah Gadang Sungai Beringin berlokasi di atas lahan seluas lebih dari tiga hektare yang dibangun oleh Nasrul Chas, seorang pengusaha yang juga merupakan pendiri Hotel Pusako Bukittinggi. Rumah gadang ini telah diresmikan pada 9 Januari 1994 oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi yang saat itu dipegang oleh Joop Ave.

Bangunan ini kemudian dipersembahkan untuk anak cucu Minangkabau dan sampai saat ini digunakan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya adat Minang kepada dunia luar. Jadi bagi kamu wisatawan dari luar Payakumbuh, khususnya dari luar Pulau Sumatera wajib banget untuk mengunjungi kawasan wisata yang satu ini.


Saat berkunjung ke Payakumbuh, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata di atas untuk menikmati keindahan alam serta merasakan sejuknya udara Payakumbuh. Jika sudah pernah berkunjung, tinggalkan jejak di komentar dan berikan pendapatmu, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare