...
wisata purwakarta
5-min read

5 Destinasi Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

wisata purwakarta

Ingin liburan di kawasan Jawa Barat? Kamu bisa berkunjung ke Purwakarta! Wisata Purwakarta dijamin bikin kamu ingin balik lagi.

Purwakarta, siapa yang tidak tahu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini? Di Purwakarta, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata air. Tak heran jika Purwakarta populer di kalangan masyarakat Jawa Barat untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Penasaran apa saja tempat yang wajib dikunjungi di Purwakarta? Baca artikel ini sampai habis,ya!

Pilihan Tempat Wisata di Purwakarta

Dari gunung hingga kebun, berikut daftar destinasi wisata di Purwakarta yang wajib ada di bucket list-mu!

1. Taman Air Mancur Sri Baduga, wisata populer Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta yang wajib dikunjungi. Hal yang menarik dan yang paling utama dari tempat ini yakni pertunjukan air mancur Sri Baduga yang berlangsung setiap malam Minggu. Ada tiga kali pertunjukan, antara pukul 19.30 sampai pukul 22.00.

Sambil menunggu pertunjukan, kamu juga bisa membeli makanan ringan di luar area taman dengan harga yang terjangkau. Sepanjang jalan banyak sekali penjual street food, mulai dari sosis bakar, jagung rebus, batagor, es teh, gorengan, dan lain-lain. Tak usah khawatir, makanan di area Taman Air Mancur Sri Baduga dijual dengan harga yang terjangkau, bahkan ada yang di bawah Rp. 10.000!

Pada zaman dahulu, Situ Buleud merupakan tempatnya para badak, namun aat ini hanya tersisa satu badak dalam bentuk patung. Jadi kamu tidak usah khawatir akan ada badak saat menonton pertunjukkan air mancur. Selain itu, tempat ini juga bisa didatangi oleh ribuan pengunjung, sebab terdapat kursi tribun sejumlah 5.000 kursi!

2. Urban Farming Center

Source: Insiden 24

Urban Farming Purwakarta adalah destinasi wisata yang menawarkan edukasi bagi masyarakat perkotaan untuk melakukan bercocok tanam. Destinasi wisata yang satu ini merupakan tempat rekreasi sekaligus pusat pelatihan pertanian perkotaan. Adapun pendiri Urban Farming Center berasal dari PT East West Seed Indonesia (Ewindo).

Lahan yang terbatas membuat masyarakat perkotaan sangat sulit untuk bercocok tanam. Maka dari itu di tempat ini kamu akan diajarkan tentang bagaimana bercocok tanam di perkotaan dengan cara yang sesuai dengan tempat tinggalmu. Kamu juga bisa belajar mengenai teknologi pertanian serta beberapa teknik seperti hidroponik, vertikultur, dutch bucket dan lain sebagainya.

Tak hanya mendapatkan ilmu, kamu juga bisa mengambil foto di Urban Farming Center. Rumah bergaya Eropa yang ada di kawasan wisata ini sangat aesthetic dan instagrammable! Selepas berfoto-foto, kamu juga bisa ke Mini Zoo untuk melihat beberapa hewan ternak. Dengan harga Rp15.000, kamu bisa mendapatkan ilmu sekaligus mengabadikan foto yang cocok untuk media sosialmu!

3. Gunung Bongkok, wisata dataran tinggi Purwakarta

Source: Insiden 24

Ingin berwisata alam? Gunung Bongkok merupakan salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang cocok untukmu! Gunung ini terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Darangdan. Istilah ‘bongkok’ yang diberikan untuk nama gunung ini karena terdapat sebuah batu besar yang memiliki bentuk menyerupai punggung manusia yang sedang membungkuk pada puncaknya.

Gunung dengan ketinggian sekitar 975 mdpl ini cocok bagi kamu para pemula. Gunung Bongkok memiliki dua puncak, yaitu puncak datar berupa tebing datar dan puncak batu tumpuk sebagai puncak tertingginya. Pada puncak batu tumpuk, kamu akan melihat aliran sungai cirata, area perkampungan, hingga gunung Parang.

Lokasi Gunung Bongkok cukup mudah diakses oleh kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Dengan Rp12.000, kamu sudah bisa membeli tiket untuk mendaki gunung ini!

4. Hidden Valley Hills

Source: Hidden Valley Hills

Terdapat destinasi wisata bagi kamu pecinta pemandangan alam. Hidden Valley Hills merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di perbukitan. Hidden Valley Hills disebut negeri dongeng di atas awan. Terciptanya tempat ini terinspirasi dari tugu peninggalan zaman Belanda Anno 1898M yang terletak di lokasi ini. Tugu tersebut juga berkaitan erat dengan G. Cupu dengan ketinggian yang sama 362 dpl.

Terdapat prasasti Kaki Kuda terbang yang dipercaya sebagai tunggangan para dewa di puncak G. Cupu yang anting-antingnya terlepas. Lalu anting-anting tersebut jatuh di lembah dan tersembunyi di daerah ini. Oleh karena itu, desa ini dinamakan Desa Cianting dan lokasi lembah jatuhnya anting-anting disebut Hidden Valley Hills.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Purwakarta, Hidden Valley Hills ini cocok untuk dijadikan tempatmu untuk singgah sementara!

5. Cikao Park

Ingin berenang bersama teman atau keluarga? Cikao merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi! Pada situs resminya dikatakan bahwa Cikao Park masuk ke dalam objek wisata edukasi dan rekreasi keluarga. Maka dari itu para pengunjung berasal dari kalangan keluarga yang membawa anak-anak mereka.

Berbeda dengan kawasan wisata air lainnya, Cikao Park didesain sesuai dengan kearifan lokal, sehingga cocok untuk wisatawan. Lokasi Cikao Park berada yaitu di Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Selain wisata air, kamu juga bisa berkunjung ke Taman Satwa dan Rumah Ilusi yang masih merupakan bagian dari Cikao Park.


Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid!

Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare