...
wisata temanggung
5-min read

7 Tempat Destinasi Wisata Temanggung yang Lagi Hits, Wajib Kunjungi Pas Liburan

wisata temanggung

Destinasi tempat wisata di Temanggung jadi salah satu rekomendasi yang pas untuk berlibur.

Bingung cari objek wisata di Jawa Tengah yang pas untuk liburan? Nggak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba objek wisata yang ada di Temanggung, Jawa Tengah.

Wisata di Temanggung ini sangat cocok untuk kamu penyuka konsep alam dan pemandangan yang masih alami. Nah, kira-kira apa saja, ya, objek wisatanya? Biar nggak penasaran, baca terus artikel ini sampai habis.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Banten Lezat yang Wajib Coba | Ada Hidangan Legendaris!

Tempat Wisata Temanggung

Temanggung ini terletak di dataran tinggi yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi. Cocok juga untuk refreshing ataupun healing tipis-tipis.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Temanggung:

1. Embung Kledung

wisata temanggung
Source: Kompas.com

Piknik dengan keluarga di Temanggung sangat ideal, karena tempat ini terbilang cukup murah. Objek wisata ini menawarkan panorama instan dan pesona alam yang membuatnya sempurna untuk menenangkan pikiran.

Embung Kledung adalah tempat wisata murah dengan pemandangan alam menarik. Kamu dapat juga menikmati keindahan alam Temanggung dengan mengendarai mobil.

Selama berkunjung ke Embung Kledung Temanggung, kamu akan menemukan berbagai fasilitas, seperti area parkir, warung, toilet, musala, kios, area camping, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Embung Kledung Jln. Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 05.00 hingga 18.00 WIB

2. Wisata Alam Posong

wisata temanggung
Source: Travelnesia

Wisata Alam Posong adalah destinasi wisata alam Temanggung yang paling terkenal dan disukai, serta akan memanjakan kamu dan keluarga selama liburan. Destinasi ini menampilkan pesona alam dengan kemegahan Gunung Sindoro dan Sumbing.

Kawasan wisata Posong memiliki pemandangan alam yang akan memesona siapa pun penikmatnya. Keindahan matahari terbit akan membuat kamu merasa lebih baik saat merasa lelah terhadap aktivitas sehari-hari. Wisata alam ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi jika kamu berencana mencari objek wisata untuk menjernihkan pikiran.

Selain itu, kamu juga dapat menjelajahinya menggunakan mobil atau sepeda motor. Liburan kamu ke Posong akan semakin seru jika kamu memanfaatkan fasilitas yang tersedia, seperti area parkir, tempat makan, roller coaster, kafe, dek observasi, membaca buku, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Wisata Alam Posong @ Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 04.00 – 16.30 WIB

3. Kledung Pass

wisata temanggung
Source: Wisato.id

Untuk liburan akhir pekan yang murah, ajak keluarga kamu ke Kledung Pass di Temanggung. Tempat ini menawarkan lokasi indah serta memiliki banyak pesona alam yang unik.

Kledung Pass Temanggung adalah tempat wisata yang siap memanjakan liburanmu dengan berbagai atraksi menarik serta fasilitas lengkap. Mulai dari tempat istirahat, kafe, dan restoran yang memiliki view bagus, area parkir, musala, toilet, perkemahan, akomodasi, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Kledung Pass Temanggung @ Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam

4. Sibajag Green Canyon

wisata temanggung
Source: IDN Times

Lokasi tempat wisata alam satu ini berbeda dari Green Canyon Pangandaran, ya, karena berada di bukit yang memiliki suhu lebih adem. Pengunjung dapat melihat jembatan bambu terpanjang di dunia, pemandangan bukit yang indah dengan air terjun di bawahnya, dan suasana pegunungan sejuk.

  • Alamat: Green Canyon Sibajag @ Sibajag, Canggal, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Senin – Sabtu pukul 08.00 – 16.00 WIB

5. Wisata Temanggung: Embung Tlogopucang

wisata temanggung
Source: sumbingsegar.com

Banyak lokasi Instagramable yang bagus untuk swafoto di sini. Bukan hanya pemandangannya yang bikin betah, ada pula gazebo dan banyak penjual makanan untuk mengisi perut. Pengunjung pun dapat menikmati suasana sejuk sambil menikmati makanan hangat di gazebo.

  • Alamat: Embung Tlogopucang @ Kandangan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 18.00

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Riau yang Wajib Dicoba saat Berkunjung, Bikin Ketagihan!

6. Botorono Temanggung

wisata temanggung
Source: Kompas.com

Jika ingin menikmati pemandangan kota dari ketinggian, Puncak Botorono juga bisa menjadi pilihan alternatif yang lokasinya tidak jauh dari basecamp Sindoro. Saat berjalan di kawasan wisata ini, kamu akan langsung merasakan udara sejuknya, seperti saat berada di Puncak Suroloyo.

Tempat ini juga cocok untuk bersantai dan foto-foto karena menyajikan pemandangan alam yang cantik buat pengunjung. Banyak orang suka ber-selfie di tempat-tempat unik, seperti kerangkeng dan kincir angin.

  • Alamat: Botorono Temanggung @ Petarangan 3, Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 
  • Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam

7. Curug Lawe

wisata temanggung
Source: Akurat.co

Curug Lawe tidak hanya terkenal di Semarang, tetapi juga di Temanggung. Namun, keindahan keduanya jelas berbeda. Curug Lawe Temanggung ini memiliki tebing lebih tinggi dengan beberapa undakan di batunya. Kamu juga dapat menikmati air segar dari sela-sela batu kali besar di bawah air terjun.

Ada banyak pepohonan hijau di sekitar curug yang menambah suasana alami air terjun ini. Pengelola juga menawarkan gardu pandang untuk bisa melihat pemandangan curug ini.

  • Alamat: Curug Lawe @ Muncar, Gemawang, Temanggung, Muncar Lor, Muncar, Kecamatan Gemawang, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari

Nah, itulah beberapa wisata di Temanggung, Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi kalau ada kesempatan. Di antara daftar tempat tersebut, mana, nih, yang paling ingin kamu kunjungi? Yuk, coba share di kolom komentar!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare