...
wisata kebumen
5-min read

7 Destinasi Wisata Kebumen yang Seru Abis, Ada Tempat Sejarah dan Gua

wisata kebumen

Destinasi wisata Kebumen menjadi salah satu tempat rekomendasi yang cocok untuk liburan.

Jawa Tengah memang nggak pernah habis untuk soal tempat liburan. Salah satunya destinasi wisata Kebumen yang menjadi salah satu rekomendasi untuk liburan semua orang.

Wisata di Kebumen sangat cocok buat kamu yang suka dengan pemandangan alam, air, dan bangunan bersejarah. Kira-kira apa saja objek wisatanya? Biar nggak penasaran, yuk baca terus artikel ini hingga selesai ya!

Info wajib baca: 7 Tempat Destinasi Wisata Temanggung yang Lagi Hits, Wajib Kunjungi Pas Liburan

Destinasi Wisata Kebumen

Nah, jika kamu bepergian dan melewati Kebumen, coba deh mampir. Ada banyak destinasi wisata alam maupun buatan yang cocok banget buat dikunjungi.

Entah itu bersama keluarga, teman atau hanya berdua saja dengan pasangan. Berikut rekomendasi destinasi wisata Kebumen:

1. Pantai Menganti

wisata kebumen
Source: IDN Times

Pantai ini sering disebut Selandia Baru Indonesia. Pemandangan destinasi wisata Kebumen ini tampak seperti pantai di luar negeri. Pantai Menganti memiliki perbukitan hijau dan laut yang biru.

Kamu tidak hanya bersantai sambil melihat laut, namun juga bisa memakan makanan laut segar dari warung. Berkemah di sudut pantai adalah pilihan bagus bagi kamu yang berpetualang. Bangun pagi-pagi, dan kamu akan melihat matahari terbit di depan mata.

  • Lokasi: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
  • Jam operasional: Setiap hari 24 jam

2. Pantai Pecaron

wisata kebumen
Source: Mytrip123

Pantai Pecaron adalah salah satu yang paling disukai dari banyak pantai di Kebumen. Tempatnya benar-benar tersembunyi dibalik pasir hitam di tebing.

Jangan khawatir, karena pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Kamu dapat bersantai di pinggir pantai dengan suara ombak berkejaran yang tenang di tempat wisata kebumen ini.

  • Lokasi: Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari 24 jam

3. Wisata Kebumen: Gua Petruk

wisata kebumen
Source: ticmpu

Kebumen ternyata juga memiliki banyak gua. Jadi ini adalah tempat bagus untuk turis yang ingin melakukan hal-hal berani.

Gua Petruk, yang terletak di Kawasan Karst Gombong Selatan, adalah salah satu gua paling terkenal. Namanya berasal dari bentuk stalagmit dan stalaktit yang berbentuk seperti hidung wayang Petruk.

Untuk menjaga kealamiannya, gua ini tidak dipasang penerangan. Kamu harus menggunakan helm khusus dengan headlamp dan dibantu oleh petugas jika ingin menjelajahi gua ini. Sangat disarankan untuk memakai pakaian yang tahan air saat berkunjung ke tempat ini.

  • Lokasi: Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30 – 16.00

4. Benteng van Der Wijck

wisata kebumen
Source: IDN Times

Kebumen ternyata juga mempunyai tempat wisata yang memiliki sejarah. Pada tahun 2000, Benteng van Der Wijck diresmikan sebagai tempat wisata bersejarah.

Kantor Kongsi Dagang VOC dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan Hindia Belanda. Benteng ini digunakan sebagai barak TNI Angkatan Darat setelah merdeka tanpa banyak pemugaran karena strukturnya yang kuat.

  • Lokasi: Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayutengah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00

5. Kebun Bunga Ambal

wisata kebumen
Source: lokasiwisatakebumen.blogspot.com

Kebun ini berada di Desa Ambalresmi, Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dan sangat bagus untuk pecinta foto. Pada awalnya, tempat ini digunakan untuk memupuk tanaman.

Namun, jumlah pengunjung yang tertarik meningkat. Akhirnya, pengelola memutuskan untuk menambahkan fasilitas yang membuat pengunjung lebih nyaman, seperti spot foto, sehingga tempat pembibitan ini menjadi kebun bunga.

Berbagai macam bunga yang dapat kamu lihat termasuk bunga bugenvil, bunga suring, bunga pagoda, bunga matahari, dan bunga bougenville.

  • Lokasi: Area Sawah/Kebun, Ambalresmi, Kec. Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54392
  • Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam

Info wajib baca: 12 Makanan Khas Jepang Populer di Indonesia, Bukan Cuma Sushi Aja

6. Wisata Kebumen: Bukit Pentulu Indah Karangsambung

wisata kebumen
Source: wisato

Bukit Pentulu Indah adalah wisata kebumen lain yang pernah viral. Jika kamu suka menikmati sunrise, atau matahari terbit, harus datang ke sini pagi-pagi.

Pemandangannya sangat menarik. Ada angin sejuk, barisan pegunungan hijau, dan awan putih nan biru. Tempat ini memiliki banyak hal untuk membuat pengunjung betah.

Ada panggung hiburan, gazebo untuk bersantai, hammock buat bersantai, Rumah Hobbit, dan lokasi foto bagus dan instagramable.

  • Lokasi: Jl. Pentulu Indah, Dakah, Karangsambung, Kec. Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 05.30 – 18.00

7. Gading Paradise

wisata kebumen
Source: kebumenekspres.com

Ini adalah wisata Kebumen terbaru yang dirancang secara ala Eropa. Atraksi wisata Kebumen yang baru ini diresmikan pada bulan Desember 2021.

Untuk merasakan suasana dan landmark kota-kota di Eropa, masyarakat sekitar tidak perlu pergi jauh. Gading Paradise memang sangat keren dan unik.

Di lokasi ini, kamu dapat melihat replika Menara Eiffel Paris. Ada juga Landmark Kincir Angin Belanda. Selain itu, bangunannya megah. Pengunjung akan mendapatkan kesan bahwa mereka benar-benar berada di Eropa.

  • Lokasi: Pejagoan Pejagoan, Kec. Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54361
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30 17.00

Itulah beberapa destinasi wisata di Kebumen, Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi kalau ada waktu senggang. Di antara daftar tempat tersebut, mana, nih, yang paling ingin kamu kunjungi? Yuk, coba share di kolom komentar!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare