...
5-min read

6 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara | Nikmati Keindahan Terumbu Karang di Bawah Laut!

Ingin wisata bahari? Jika iya, Sulawesi Tenggara merupakan destinasi wisata yang cocok untukmu!

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu destinasi tersembunyi di Indonesia yang memamerkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan dan kekayaan ekosistem yang luar biasa. Dengan garis pantai yang membentang panjang, terumbu karang yang spektakuler, dan kehidupan laut yang beragam, wisata bahari di Sulawesi Tenggara menawarkan pengalaman yang menakjukan.

Kamu ingin mencari petualangan di bawah permukaan laut? Jika iya, kamu mendarat di artikel yang tepat. Pada artikel ini, Kostmin akan mengajakmu untuk menjelajahi keajaiban wisata bahari Sulawesi Tenggara, dari perairan kristal hingga tradisi pelestarian alam yang unik. Sudah siap? Mari kita menjelajahi wisata bahari yang mengagumkan ini!

Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana yang terletak di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang ada di Sulawesi Tenggara. Pasirnya yang putih bersih serta ombak yang tenang membuat Pantai Nirwana cocok untuk kamu pertimbangkan sebagai tempat untuk bersantai sejenak dari hiruk pikuk kebisingan dan polusi di kota.

Tidak hanya menikmati angin yang berhembus serta matahari tenggelam yang cantik, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti diving. Mengutip dari Indonesia Kaya, masyarakat setempat juga percaya bahwa dengan berendam di air laut Pantai Nirwana dapat mengatasi berbagai penyakit seperti asma dan gangguan saluran pernapasan.

Info wajib baca: 13 Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Ada Karasi dan Kasoami

2. Taman Nasional Wakatobi

Source: TripAdvisor

Taman Nasional Wakatobi terkenal dengan jumlah spesies karang dan ikannya yang terbanyak di dunia. Pulau-pulau ini juga terkenal sebagai terumbu penghalang terbesar di Indonesia, nomor dua setelah Great Barrier Reef di Australia. Destinasi wisata ini juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini karena kualitas penyelamannya yang dapat dilakukan oleh pemula hingga profesional. Selain lokasi menyelamnya, Wakatobi juga memiliki banyak pantai yang indah.

Di sini kamu bisa menemukan terumbu tepi, atol, dan terumbu penghalang serta menawarkan lebih dari 50 lokasi penyelaman spektakuler yang mudah diakses dari pulau-pulau besar. Ini adalah habitat spesies ikan besar dan kecil, taman bermain lumba-lumba, penyu, bahkan paus. Wakatobi sendiri disebut-sebut memiliki 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 koleksi dunia.

3. Pantai Hutete

Source: Sumenep Network

Pantai Huntete terletak di desa wisata Kulati, kecamatan Tomia Timur. Kabupaten Wakatobi. Destinasi wisata ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, perpaduan sinar matahari yang terpantul di air laut menciptakan suasana yang menakjubkan saat kamu melakukan aktivitas air. Tekstur pasirnya lembut, sehingga kamu bisa berjalan di atasnya tanpa alas kaki. Berjalan-jalan di pinggir pantai dan menikmati pemandangan laut memang cukup nyaman.

Sejumlah titik penyelaman tersebar di pantai ini. Selain itu, Pantai Hutete juga menjadi lokasi sasaran bagi para penyelam. Mengutip dari All Trails, keindahan air laut menjadi salah satu kelebihan Pantai Huntete karena pantai ini juga menawarkan banyak keindahan lainnya. Seperti halnya pasir putih dan garis pantai yang luas, menjadi lokasi yang bagus untuk berjalan-jalan di pantai.

4. Pulau Labengki

Pulau Labengki adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai tenggara Sulawesi di Indonesia. Destinasi wisata ini juga disebut-sebut sebagai ‘Raja Ampatnya Sulawesi’ d. Kepulauan ini terdiri dari pulau-pulau kecil berbatu yang ditutupi hutan dengan teluk berpasir putih bersih, teluk-teluk kecil terpencil, dan laguna yang menakjubkan. Jika ke Pulau Labengi, kamu pasti tidak ingin melewatkan beberapa tempat romantis seperti ‘Lover’s Cove’ dan Kimaboe Lagoon yang menakjubkan.

Dari Kendari, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan perahu untuk mencapai pulau ini. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan di pulau ini. Terdapat gua kapur dengan air hujan menetes ke dalam yang dipenuhi formasi batuan stalaktit. Air hujan inilah yang menciptakan kolam renang air mineral jernih dan segar di dalam gua.

Info wajib baca: 7 Kue Khas Sulawesi Selatan, Enak Jadi Camilan Tradisional

5. Pulau Bokori

Di Distrik Soropia, ada sebuah pulau yang layak untuk berlibur bernama Bokori. Wisatawan sering datang ke pulau ini untuk menikmati ketenangan alam dan indahnya pemandangan pulau. Pulau Bokori memiliki banyak keistimewaan, namun yang paling populer adalah sabananya. Mengutip dari Indonesia Tourism, ini menjadi spot yang bagus untuk melakukan fotografi dan eksplorasi sederhana.

Pulau Bokori memiliki pantai yang menyejukkan dengan hiasan formasi pohon kelapa. Pada siang hari, wisatawan cukup duduk-duduk di bawah pohon tersebut untuk menghindari panasnya sinar matahari. Keistimewaan lain dari pulau ini adalah pantainya yang indah dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Beberapa bungalow dan pepohonan juga tersebar di pulau ini.

6. Wisata Bawah Laut Basilika

Pantai Basilika merupakan destinasi wisata bahari yang cocok bagimu pecinta bawah laut. di Pantai Basilika kamu juga bisa menikmati banyak hal seperti pantai, wisata budaya, olahraga air, bahkan wisata sejarah. Semuanya bisa kamu temukan hanya di satu lokasi, yakni di Basilika.


Itulah 6 rekomendasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Pertimbangkanlah untuk berlibur ke salah satu destinasi wisata bahari ini saat liburan akhir tahun!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare