...
lirik lagu begitu indah
5-min read

Cek Makna Lirik Lagu Begitu Indah dan Makna di Baliknya, Simak di Sini!

lirik lagu begitu indah

Makna lirik lagu “Begitu Indah” ternyata sangat dalam! Kamu sudah tahu?

Lagu “Begitu Indah” dirilis oleh band Padi pada tahun 1999. Lagu ini juga diunggah di kanal YouTube Sony Music Entertainment pada 2013 dan telah ditonton lebih dari 27 juta kali. Lagu ciptaan Piyu yang masuk ke dalam album “Lain Dunia” ini dapat dibilang sukses besar di industri musik Tanah Air.

Padi adalah grup musik pop rock Indonesia yang cukup legendaris. Band ini beranggotakan Ari Tri Sosianto, Andi Fadly Arifuddin, Surendro Prasetyo atau Yoyo, Rindra Risyanto Noor, dan Satriyo Yudi Wahono atau Piyu. 

Penggerak utama group band ini adalah Piyu yang juga merupakan pencipta lagu “Begitu Indah”, ia menjalankan peran utama sebagai komposer musik dan penulis lirik di hampir seluruh lagu. Namun, kekuatan utama Padi terletak pada penguasaan instrumen para anggotanya yang memiliki karakter khas.

Info wajib baca: Lirik dan Chord Gitar Lagu Bed of Roses, Cek Selengkapnya di Sini!

Sejarah Singkat Padi hingga Makna Lirik Lagu Begitu Indah

Meski kamu bukan Sobat Padi, nggak ada salahnya mengetahui sejarah singkat Padi yang punya banyak lagu hits selain “Begitu Indah”.

1. Sejarah singkat awal terbentuk Padi

Dibentuk 8 April 1997, grup ini merupakan wadah kreativitas seni lima mahasiswa Universitas Airlangga, Surabaya. Semula bernama ‘Soda’, tetapi kemudian diganti menjadi ‘Padi’. Nama ini dipilih juga karena bersifat membumi. 

Lebih jauh, mereka tidak hanya mengambil filosofinya saja, semakin berisi semakin merunduk, tetapi juga melihat fungsinya yang melambangkan kesejahteraan.

Diawali dari bermain musik dari satu panggung ke panggung lain, grup ini akhirnya dikontrak untuk masuk dunia rekaman.

Album-album Padi di antaranya yaitu:

  • Lain Dunia (1999): Lewat album pertamanya, Padi muncul dengan lagu-lagu kompleks yang mudah didengar dan ditandai oleh aransemen dua gitar yang hampir selalu berbeda dalam tiap frasa dalam tiap lagu.
  • Sesuatu Yang Tertunda (2001): Pada tahun 2001, Padi mengeluarkan album kedua mereka. “Sesuatu Yang Tertunda” mampu terjual sebanyak 1,6 juta kopi dan meraih 10 kali Platinum pada tahun 2002.
  • Save My Soul (2003): Album musik ketiga Padi ini diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2003. Dalam lagu “Sesuatu Yang Tertunda”, Padi berduet dengan musisi legendaris, Iwan Fals.
  • Padi (2005): Setelah mengalami kegelisahan dan ketakutan di album “Save My Soul”, Padi kembali tampil dengan penuh keceriaan dan optimisme di album barunya. Satu lagu berjudul “Prolog” menjadi pembuka album berjudul “Padi” ini.
  • Tak Hanya Diam (2007): Setelah lebih dari dua tahun vakum dari dunia musik, Padi kembali hadir dengan album baru “Tak Hanya Diam”. Album yang berisi 10 lagu ini tak lagi bertemakan cinta seperti empat album sebelumnya, tetapi meluas menjadi kepedulian dari reaksi mereka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar. 
  • Indera Keenam (2019): Setelah vakum selama hampir 9 tahun dan vakum selama 12 tahun tidak merilis studio album terbaru, Padi yang saat ini berada di bawah nama bendera Padi Reborn, merilis album keenam mereka berjudul “Indera Keenam” pada 25 Oktober 2019.

2. Lirik lagu “Begitu Indah”

Bila cinta menggugah rasa

Begitu indah mengukir hatiku

Menyentuh jiwaku

Hapuskan semua gelisah

Duhai cintaku duhai pujaanku

Datang padaku tetap di sampingku

Kuingin hidupku

Selalu dalam peluknya

Terang saja aku menantinya

Terang saja aku mendambanya

Terang saja aku merindunya

Karena dia karena dia begitu indah

Duhai cintaku pujaan hatiku

Peluk diriku dekaplah jiwaku

Bawa ragaku

Melayang memeluk bintang

Terang saja aku menantinya

Terang saja aku mendambanya

Terang saja aku merindunya

Karena dia karena dia begitu indah

3. Makna di balik lagu “Begitu Indah”

Lagu Padi “Begitu Indah”, merupakan sebuah lagu yang istimewa. Pasalnya, lagu ini memiliki lirik yang puitis dan aransemen yang khas. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa “Begitu Indah” merupakan sebuah pujian atas kecantikan seorang wanita. Tapi ternyata bukan itu makna dari lagu ini, lho, gaes. 

Ternyata, lagu ini bercerita tentang kerinduan dan kecintaan manusia terhadap keindahan alam. Manusia senantiasa merindukan sesuatu yang alami, indah, natural tanpa adanya kecanggihan teknologi yang semakin pesat. Mereka ingin menikmati keindahan alam sebagai hasil kecerdasan sang pencipta, Tuhan semesta alam.

Suatu masa, ketika dunia sudah semakin maju, teknologi sudah mencapai batas yang belum pernah dibayangkan manusia. Semua bernuansa digital, elektronik, artificial intelligence, robotika, hingga sophisticated

Pada masa itu manusia kembali merindukan bumi yang dulu mereka kenal. Bumi yang di dalamnya terdapat keindahan alami tak terlupakan. Tetapi sudah terlambat, bumi yang seperti itu sudah tiada lagi. 

Saking canggihnya masa itu, untuk menikmati indahnya sekuntum bunga, gemericik air sungai, dan embusan angin lembah, manusia harus menikmati keindahan tersebut melalui sebuah teknologi virtual reality. Sebuah teknologi yang menghadirkan alam raya dalam dunia maya tak berujung. Tapi keindahan yang dirasakan terasa asing dan aneh ketika manusia kembali ke kehidupan nyata.

Lagu ini juga berpesan agar manusia menjaga kelestarian alam, sebelum semua teknologi digital itu merampas keindahan alam yang akan terus dirindukan. Begitu indah memang untuk dikenang, tapi belum terlambat untuk dijaga.

Info wajib baca: Lirik Lagu Mesin Waktu Budi Doremi dan Maknanya | Awas Makin Galau!

Chord Lagu Begitu Indah

Intro : G Em G Em

      G

Bila cinta mengugah rasa

      Em

Begitu indah mengukuir hatiku

    C                              G

Menyentuh jiwaku hapuskan semua derita

Intro : G Em

         G

Duhai cintaku, duhai pujaanku

        Em

Datang padaku dekat disampingku

    C                         G

Ku ingin hidup ku selalu dalam peluknya

Chorus :

       D          C

Terang saja aku menantinya

       D            C

Terang saja aku mendamabanya

       D          C

Terang saja aku merindunya

       D           C

Karena dia, karena dia begitu indah

Intro : G Em G Em

         G

Duhai cintaku, pujaan hatiku

      Em

Peluk diriku dekaplah jiwaku

C                            G

Bawa ragaku melayang memeluk bintang

==> Kembali ke : Chorus

Interlude : G C G C

==> Kembali ke : Chorus


Demikian penjelasan mengenai lirik lagu “Begitu Indah” dari Padi. Apakah kamu termasuk penggemar lagu ini? Coba bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare