...
manfaat sayur genjer
5-min read

8 Manfaat Sayur Genjer buat Kesehatan, Apa Saja?

manfaat sayur genjer

Manfaat sayur genjer ternyata sangat penting buat kesehatan lho!

Jika kamu adalah pecinta kuliner Indonesia, pasti nggak asing lagi dengan sayur genjer. Sayuran genjer berwarna hijau yang satu ini sering banget muncul di berbagai hidangan enak seperti pecel, gado-gado, atau lalapan.

Selain rasanya yang gurih dan sedikit pahit, ternyata terdapat manfaat sayur genjer yang baik untuk kesehatan kita, lho. Yuk, kita bahas bareng-bareng!

Info wajib baca: 5 Bahaya Judi Online yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Manfaat Sayur Genjer

manfaat sayur genjer
Source: Halodoc

Berikut ini akan ada delapan manfaat sayur genjer yang perlu kamu tahu:

1. Menjaga kesehatan pencernaan jadi salah satu manfaat sayur genjer

Salah satu manfaat utama dari genjer adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan kita lho. Sayuran ini kaya akan serat, yang mana serat ini yang akan membantu kamu mengatasi masalah sembelit.

Nah, dengan mengonsumsi genjer secara teratur, pencernaan kamu akan lebih lancar dan kamu bisa menjauhkan diri dari rasa tidak nyaman akibat sembelit. Jadi, sayuran genjer ini memiliki manfaat yang begitu baik.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain serat, genjer juga kaya akan kalsium. Kalsium ini adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Jadi, dengan mengonsumsi genjer, kita bisa membantu tubuh untuk tetap kuat dan menjaga kesehatan gigi kamu. Maka, konsumsilah sayur genjer dalam jumlah yang tepat agar gigi dan tulang kuat, serta terhindar dari osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan mata

Kamu tahu kan kalau vitamin A itu baik untuk kesehatan mata? Nah, genjer juga mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kamu dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menyantap genjer agar mata kamu tetap sehat. Tapi, konsumsilah dengan secukupnya, jangan terlalu berlebihan ya.

4. Menjaga kesehatan pada jantung

Sayuran genjer juga mengandung kalium yang tinggi. Kalium ini berperan penting dalam menjaga tekanan darah kamu tetap normal dan baik untuk kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi genjer, kamu bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sistem peredaran darah yang lancar dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung lho.

5. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C adalah senjata rahasia kita untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Dan, kamu nggak akan menemukan vitamin C hanya dalam buah jeruk, karena genjer juga kaya akan vitamin C.

Jadi, dengan mengonsumsi genjer, kamu bisa mendukung kesehatan kulit dan membuatnya tetap bersinar. Selain itu, bisa menjaga kelembapan pada kulit, sehingga kulit tidak akan kering.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Genjer juga mengandung vitamin B kompleks yang tinggi. Vitamin B kompleks ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Jadi, dengan rajin mengonsumsi genjer, kamu bisa membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai penyakit yang menyerang. Konsumsilah sayur genjer ini jika kamu sedang tidak enak badan, agar badan kamu sehat kembali.

Info wajib baca: 7 Manfaat Teh Bajakah untuk Kesehatan Tubuh | Melawan Radikal Bebas hingga Pelembab Alami untuk Kulit

7. Sumber lemak yang baik

Meski tak banyak, sayuran ini memiliki kandungan lemak baik. Lemak tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta mencegah penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Tertarik dengan manfaat genjer untuk kesehatan? Kamu dapat mengolahnya menjadi tumisan. Agar rasanya tidak terlalu pahit, pilihlah daun yang masih muda dan bentuk bunga agak kuncup. 

Sebelum ditumis, ada baiknya kamu rendam dulu daun genjer di dalam air yang sudah diberikan garam. Remas-remas beberapa saat dan bilas lagi. 

8. Mengontrol tekanan darah

Khasiat sayur genjer yang terakhir adalah mengendalikan tekanan darah. Khasiat ini berasal dari kandungan kalium di dalam sayur genjer yang sangat tinggi. 

Kalium mampu mengontrol tekanan darah, sehingga kamu bisa terhindar dari hipertensi. Masalah dinding pembuluh darah dapat diatasi pula dengan makanan kaya kalium. 

Jika pembuluh darah tak terganggu, penyakit jantung bisa dicegah, apalagi ada tambahan antioksidan polifenol di dalam sayuran genjer. Jadi, konsumsilah genjer ini dengan cukup ya!

Tips Mengolah Sayur Genjer

manfaat sayur genjer
Source: Kompas.com

Setelah kamu mengetahui manfaat dari sayur genjer, kini kamu akan mengetahui tips mengolah sayur genjer yang benar:

1. Pilihlah genjer yang segar

Sebelum mulai mengolah genjer, pastikan kamu memilih genjer yang segar. Genjer segar biasanya memiliki batang yang berwarna hijau cerah dan daun yang tidak layu. Sayuran segar tentunya lebih enak dan lebih sehat.

2. Cuci sayur genjer dengan bersih

Genjer mengandung getah yang bisa menyebabkan gatal pada kulit. Oleh karena itu, sebelum mengolah genjer, pastikan kamu mencucinya dengan bersih untuk menghilangkan getahnya.

3. Rebus sayur genjer terlebih dahulu

Agar genjer tidak terlalu pahit, sebaiknya rebus genjer terlebih dahulu sebelum diolah menjadi hidangan lain. Rebuslah genjer selama beberapa menit hingga teksturnya menjadi lebih lembut. Ini akan membantu menghilangkan rasa pahit yang mungkin ada pada genjer.

4. Masak sayur genjer dengan waktu yang singkat

Genjer mudah hancur jika dimasak terlalu lama. Oleh karena itu, saat mengolah genjer, pastikan kamu memasaknya dengan waktu yang singkat. Ini akan membuat genjer tetap renyah dan enak.


Nah, dengan mengetahui manfaat sayur genjer dan tips mengolahnya, kamu bisa menambahkan genjer ke dalam menu harian kamu. Sayuran ini bukan hanya enak, tapi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk mencicipi genjer dan menjaga kesehatan tubuh kita dengan lebih baik!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare