...
cara agar percaya diri dan berani
5-min read

5 Cara Efektif Agar Percaya Diri dan Berani Saat Menghadapi Interview Kerja

cara agar percaya diri dan berani

Tampil dengan percaya diri dan berani adalah cara agar kamu bisa sukses saat interview kerja!

Pernah dapat undangan interview kerja? Selamat! Itu artinya kamu sudah mendapatkan kesempatan penting untuk menunjukkan kemampuan diri kamu di mata rekruter.

Sayangnya, interview kerja sering kali menjadi momen yang menegangkan bagi banyak orang. Rasanya, tuh seperti menghadapi ujian besar yang akan menentukan langkah selanjutnya dalam karier hingga tak jarang menurunkan rasa percaya diri dan keberanianmu.

Namun begitu, kamu nggak perlu khawatir! Ada beberapa cara yang dapat membantu kamu agar percaya diri dan berani dalam menghadapi interview kerja. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Cara Agar Percaya Diri dan Berani dalam Menghadapi Interview Kerja

cara agar percaya diri dan berani
Source: Bisnis.com

Meningkatkan percaya diri dan berani menghadapi interview dapat dimulai dengan mempersiapkan diri. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar percaya diri dan berani saat bicara di depan rekruter:

Info wajib baca: Syarat Melamar Kerja yang Harus Disiapkan, Jobseeker Merapat!

1. Persiapkan diri dengan baik

Persiapan adalah kunci untuk merasa lebih percaya diri dalam menghadapi interview kerja. Kamu bisa mulai  dengan mengumpulkan informasi tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar terlebih dahulu melalui internet.

Selanjutnya, pelajari tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut, serta lakukan riset tentang industri tempat perusahaan tersebut beroperasi. Hal ini akan memberikan kamu kepercayaan diri tambahan karena akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perusahaan dan peran yang kamu inginkan.

Selain itu, persiapkan juga pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul dalam interview kerja. Latih diri kamu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas dan percaya diri.

Supaya makin mantap dan berani menghadapi sesi interview kerjaa, kamu juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk melakukan sesi wawancara simulasi guna meningkatkan kepercayaan diri dan kesiapanmu.

2. Cara agar percaya diri dan berani: Kenali kelebihan dan potensi

cara agar percaya diri dan berani
Source: NOICE

Saat menghadapi interview, penting untuk memahami kelebihan dan potensi yang kamu miliki. Kenali juga apa yang membedakan kamu dari calon lainnya sehingga membuatmu terlihat unggul dan layak untuk bekerja di sana.

Pahami juga apakah kamu memiliki keahlian khusus, pengalaman yang relevan, atau kepribadian yang cocok dengan budaya perusahaan. Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri

Supaya mempermudah, buatlah daftar kelebihan dan pencapaian kamu, dan latihlah untuk mengomunikasikannya dengan jelas dan percaya diri. Ini akan membantu kamu merasa lebih yakin saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberikan kesan yang baik kepada pewawancara.

3. Latih bahasa tubuh yang positif

Bahasa tubuh dapat mempengaruhi cara orang lain mempersepsikan kamu. Saat menghadapi interview, khususnya saat momen perkenalan diri pada wawancara kerja, penting untuk memperhatikan bahasa tubuh.

Pastikan kamu mempertahankan kontak mata dengan pewawancara, tersenyum dengan ramah, dan duduk dengan sikap yang tegak namun santai. Selain itu, berikan sikap yang positif dan terbuka.

Jangan menutup diri dengan menyilangkan tangan atau menutupi mulut kamu saat berbicara. Ingatlah bahwa bahasa tubuh yang positif dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri dan memancarkan keyakinan kepada pewawancara.

Info wajib baca: Graphic Designer adalah Pekerjaan Menjanjikan? Ini Tugas dan Skill Wajib Punya!

4. Cara agar percaya diri dan berani: Jaga pikiran tetap positif

Source: EKRUT

Pikiran positif sangat penting dalam situasi apapun, termasuk saat menghadapi interview kerja. Maka dari itu, jauhkan pikiran negatif dan keraguan tentang kemampuan kamu.

Cobalah ubah pikiran negatif tersebut dengan afirmasi positif. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu memiliki kualitas dan kemampuan yang diperlukan untuk sukses dalam interview ini.

Selain itu, jangan terlalu keras pada diri sendiri jika ada kesalahan atau kekurangan. Setiap interview merupakan pembelajaran, dan kamu dapat belajar dari setiap kesalahan yang terjadi. Ingatlah bahwa kamu telah mencapai tahap ini karena memiliki potensi yang diakui oleh perusahaan. Maka pertahankan keyakinan bahwa kamu pantas mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

5. Cara agar percaya diri dan berani: Tetap tenang dan fokus

Ketenangan dan fokus menjadi dua cara penting agar kamu berani dan percaya diri dalam segala kondisi. Supaya nggak cemas, nih, kamu bisa ambil napas dalam-dalam sebelum masuk ke ruang wawancara dan berikan diri beberapa detik untuk membuat tubuh sedikit rileks.

Selama interview, dengarkan dengan saksama pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan berikan jawaban yang relevan. Jika ada momen di mana kamu merasa kurang yakin, jangan ragu untuk meminta klarifikasi atau waktu untuk berpikir sejenak sebelum menjawab. Biasanya, rekruter pun akan menghargai kejujuran dan konsistensi dalam menjawab pertanyaan.

Sebagai penutup, menghadapi interview kerja tentunya tidak seharusnya menjadi momen yang menakutkan. Dengan segala cara di atas, kamu pastinya dapat tampil menjadi lebih tenang, berani, dan percaya diri.

Ingatlah bahwa interview adalah kesempatan untuk memperlihatkan kemampuan dan kepribadian kamu kepada perusahaan. Percaya pada diri sendiri, berikan yang terbaik, dan semoga sukses dalam perjalanan mencari pekerjaan idaman kamu, ya!


Nah, itu ah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar tetap percaya diri dan berani saat ,menghadapi momen interview kerja. Apa kamu punya cara lain yang juga efektif untuk dipraktikkan saat interview kerja? Yuk, share jawaban kamu di kolom komentar!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare