...
cara membuat kentang goreng
5-min read

Cara Membuat Kentang Goreng Ala KFC, Renyah dan Gurih!

cara membuat kentang goreng

Nggak perlu repot, kamu bisa, lho, membuat kentang goreng ala KFC di rumah, simak cara membuatnya di sini!

Kentang goreng sudah menjadi makanan favorit banyak orang. Salah satu kentang goreng yang banyak disukai adalah yang dijual oleh restoran cepat saji KFC.

Meski begitu, tahukah kamu kalau kamu bisa membuat kentang goreng ala KFC sendiri di rumah? Simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui resep dan cara pembuatannya!

Cara Membuat Kentang Goreng Ala KFC yang Gurih dan Renyah

kentang
Source: Unsplash.com

Kentang goreng adalah camilan yang populer dan lezat di seluruh dunia. Salah satu variasi kentang goreng yang paling terkenal adalah kentang goreng ala KFC (Kentucky Fried Chicken). Kentang goreng KFC memiliki tekstur yang gurih di luar dan lembut di dalam, serta dilengkapi dengan bumbu khas yang membuatnya sangat nikmat.

Jika kamu ingin mencoba membuat kentang goreng ala KFC sendiri di rumah, ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini untuk mencapai hasil yang sempurna.

Info wajib baca: 3 Resep Kentang Mustofa dan Asal Mulanya yang Wajib Kamu Ketahui | Cocok untuk Menu di Bulan Ramadan

Cara membuat kentang goreng: Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 4-5 buah kentang besar (pilih jenis kentang yang cocok untuk digoreng, seperti kentang russet)
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh bawang bombay bubuk
  • 1/2 sendok teh lada hitam bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh daun thyme kering
  • 1/4 sendok teh oregano kering
  • 1/4 sendok teh sage kering
  • 1/4 sendok teh paprika bubuk
  • 1/4 sendok teh kunyit bubuk (opsional, memberikan warna kuning yang khas pada kentang goreng KFC)
  • 1/2 cangkir tepung terigu serbaguna
  • 2 sendok makan maizena (tepung jagung)
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara dan langkah-langkah pembuatan kentang goreng

cara membuat kentang goreng
Source: Unsplash.com

Persiapan kentang: Cuci bersih kentang dengan air mengalir, lalu kupas kulitnya. Potong kentang menjadi bentuk kentang goreng sesuai selera kamu. Jika ingin kentang goreng yang lebih renyah, potong dengan ukuran lebih tipis.

Namun, jika kamu menginginkan kentang goreng yang lembut di dalam dan garing di luar, potong kentang dengan ukuran yang lebih tebal. Rendam potongan kentang dalam air dingin selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan kelebihan pati dan membuatnya lebih renyah saat digoreng.

Penggorengan pertama: Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan hingga mencapai suhu 150-160 derajat Celsius. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan kentang agar hasilnya tidak terlalu berminyak.

Goreng potongan kentang dalam minyak panas selama 4-5 menit atau hingga kulit kentang mulai mengering dan mengeras. Angkat kentang goreng dari minyak dan tiriskan.

Penggorengan kedua: Panaskan minyak goreng kembali hingga mencapai suhu 180-190 derajat Celsius. Kali ini, goreng potongan kentang yang sudah ditiriskan sebelumnya dalam minyak panas selama sekitar 3-4 menit atau hingga warnanya berubah menjadi keemasan dan teksturnya menjadi garing dan kriuk. Pastikan untuk tidak menggoreng terlalu banyak kentang sekaligus agar suhu minyak tetap stabil dan hasilnya lebih sempurna.

Penggorengan terakhir: Sekali lagi, panaskan minyak goreng hingga mencapai suhu 180-190 derajat Celsius. Goreng potongan kentang yang telah digoreng sebelumnya selama sekitar 2-3 menit untuk memberikan hasil akhir yang sangat renyah dan gurih.

Penyajian dan penyedapan: Angkat kentang goreng dari minyak dan tiriskan. Tempatkan kentang goreng di atas kertas tisu atau saringan untuk menyerap kelebihan minyak. Sementara kentang goreng masih panas, taburi dengan campuran bumbu.

Campuran bumbu bisa dibuat dengan mencampur semua bahan bumbu (garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, lada hitam bubuk, pala bubuk, daun thyme kering, oregano kering, sage kering, paprika bubuk, dan kunyit bubuk) dalam wadah yang kedap udara.

Selamat menikmati: Kentang goreng ala KFC siap dinikmati. Sajikan segera dengan saus atau mayones favorit kamu.

Tips Tambahan

  • Untuk hasil kentang goreng yang lebih kriuk dan renyah, sebaiknya gunakan kentang jenis russet atau jenis kentang lain yang kaya pati dan rendah air.
  • Pastikan minyak dalam keadaan cukup panas sebelum menggoreng kentang agar kentang tidak menyerap terlalu banyak minyak.
  • Jika ingin mencapai hasil kentang goreng yang gurih dan renyah seperti KFC, penting untuk menggoreng kentang dalam tiga tahap penggorengan yang berbeda.
  • Setelah penggorengan pertama, dinginkan potongan kentang dengan menaruhnya di lemari es selama 30-60 menit sebelum melanjutkan ke tahap penggorengan kedua.
  • Jangan terlalu sering mengaduk kentang saat menggoreng, agar kentang goreng bisa matang merata dan kulitnya menjadi renyah.
  • Jika ingin variasi, kamu juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai selera, seperti bawang merah bubuk, bubuk cabai, atau bahan-bahan lain yang kamu sukai.
  • Selain itu, kamu bisa menyajikan kentang goreng ala KFC dengan ayam goreng atau makanan favorit lainnya untuk menghadirkan pengalaman makan yang lebih lengkap.

Info wajib baca: Manfaat Kentang Rebus untuk Tubuh yang Perlu Diketahui


Itu dia resep dan cara membuat kentang goreng ala KFC. Mudah banget, kan? Sekarang kamu bisa membuat sendiri dan menikmati kentang goreng yang renyah dan gurih di rumah, deh! Nah, cari tahu juga, yuk, resep cemilan dari kentang lainnya yang enak dan mudah banget dibuat.

Lagi cari tempat hangout di Jakarta? Intip beberapa rekomendasi bar di PIK berikut ini aja!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare