...
manfaat kentang rebus
5-min read

Manfaat Kentang Rebus untuk Tubuh yang Perlu Diketahui

manfaat kentang rebus

Terdapat banyak manfaat kentang rebus untuk tubuh, lho. Cek di sini!

Sudahkah kamu tahu tentang manfaat kentang rebus? Kentang yang sering dijadikan bahan makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi kentang rebus secara teratur dapat membantu menjaga tekanan darah, meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak, serta melancarkan pencernaan, lho.

Mungkin sudah cukup banyak orang yang mengonsumsi kentang rebus. Dengan cara membuatnya yang mudah, makanan ini juga mengandung manfaat yang nggak kaleng-kaleng, nih. Yuk, simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui manfaat dari kentang rebus!

Info wajib baca: Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Pria yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Kentang Rebus yang Sangat Penting untuk Tubuh

1. Mengontrol tekanan darah

manfaat kentang rebus
Source: Genpi.co

Manfaat pertama dari kentang rebus yaitu mengontrol tekanan darah. Kentang mengandung kalium dan rendah sodium, dua nutrisi yang penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan membantu mengendalikan tekanan darah.

Selain itu, kentang juga mengandung senyawa alami bernama kukoamin yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Kukoamin bekerja dengan memperluas pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Namun perlu diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat ini, kamu harus memilih cara pengolahan kentang yang tepat. Merebus atau memanggang kentang tanpa tambahan minyak atau garam adalah cara terbaik untuk menjaga asupan nutrisinya tetap seimbang.

Untuk hasil maksimal, konsumsilah 1-2 buah kentang rebus setiap hari sebagai bagian dari diet sehatmu. Namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika kamu memiliki masalah tekanan darah tinggi atau sedang dalam pengobatan tertentu.

2. Mengontrol berat badan

Kentang rebus dapat membantu mengontrol berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Serat pada kentang juga mampu membantu memperlancar pencernaan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari kebiasaan ngemil yang tidak sehat.

Selain itu, kandungan nutrisi pada kentang seperti vitamin B6, potassium, dan magnesium juga dapat mendukung program penurunan berat badan dengan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.

Jangan lupa untuk selalu jaga pola makan sehat dan olahraga sebagai langkah yang optimal untuk menjaga berat badan ideal.

3. Meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak

Kandungan vitamin B6 dalam kentang rebus bisa membantu meningkatkan fungsi sistem saraf serta meningkatkan kemampuan berpikir seseorang yang mengonsumsinya secara teratur.

Vitamin B6 atau piridoksin memiliki peran penting dalam mengatur produksi neurotransmitter, yaitu senyawa kimia di dalam otak yang bertugas untuk menyampaikan pesan antara sel saraf. Dengan konsumsi kentang rebus secara teratur, maka kadar vitamin B6 di dalam tubuh akan cukup sehingga dapat memperbaiki jalur komunikasi antara sel-sel saraf.

Selain itu, kandungan kalium pada kentang rebus juga bermanfaat untuk menjaga sel-sel saraf. Dengan adanya asupan kalium yang cukup dari konsumsi kentang rebus, maka sinyal elektrik dapat tersebar dengan baik dan lancar tanpa gangguan.

Tidak hanya bagi orang dewasa saja, manfaat ini juga sangat penting bagi anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar perkembangan sistem sarafnya optimal dan kemampuan belajar serta daya ingatnya semakin baik.

Dalam kesimpulannya, dengan mengonsumsi kentang rebus secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita termasuk meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak kita. Jadi jangan ragu lagi untuk menambah menu makanmu dengan sajian lezat dari kentang rebus!

Manfaat Kentang Rebus Lainnya untuk Organ Tubuh

4. Mengontrol kadar gula dalam darah

manfaat kentang rebus
Source: Orami

Mengontrol kadar gula dalam darah adalah salah satu manfaat kentang rebus yang sangat penting. Kentang rebus memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu menghindari lonjakan cepat dalam kadar gula darah.

Dalam mencegah diabetes tipe 2, mengonsumsi kentang rebus juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan serat pada kentang rebus akan membantu menyerap gula secara perlahan dan membuat rasa lapar berkurang lebih lama.

Selain itu, kentang rebus juga mengandung senyawa alami seperti asam chlorogenic dan anthocyanins yang diketahui telah terbukti efektif dalam menurunkan risiko penyakit metabolik termasuk diabetes melitus tipe 2.

Tidak hanya bermanfaat untuk orang dengan diabetes atau mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit tersebut, tapi juga sangat baik bagi siapa saja untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Namun tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti olahraga rutin dan konsumsi makanan bergizi lainnya, ya, gaes.

Jadi jika kamu ingin menjaga kadar gula darahmu tetap stabil sepanjang hari serta memperbaiki kondisi tubuhmu secara keseluruhan, maka jangan ragu lagi untuk menyertakan kentang rebus dalam menu makananmu!

Info wajib baca: Khasiat Daun Putri Malu, Bisa Sebagai Obat Kuat Lho!

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung adalah salah satu aspek penting dari kesehatan tubuh manusia. Jika jantung kamu sehat, maka kemungkinan besar tubuh juga akan sehat. Kentang rebus dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kamu, lho.

Kentang rebus mengandung kalium yang tinggi. Mineral ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan meminimalisir risiko penyakit jantung. Selain itu, serat pada kentang rebus juga membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan mencegah terjadinya pengendapan lemak di arteri.

Selain sebagai sumber kalium dan serat alami, kentang rebus juga rendah sodium (natrium). Mengonsumsi makanan yang rendah sodium dapat membantu menjaga agar tekanan darah tidak naik secara drastis.

Selain itu, mengonsumsi kentang rebus menjadi pola makan alternatif bagi kamu yang ingin menjaga kebugaran jantung secara alami tanpa obat-obatan. Namun, cukup konsumsi secukupnya saja, ya.

6. Melancarkan pencernaan

Satu lagi manfaat dari mengonsumsi kentang rebus adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam kentang membantu meningkatkan gerakan usus sehingga memudahkan proses buang air besar. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari masalah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.


Dari semua manfaat kentang rebus yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa kentang rebus mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Kentang rebus merupakan makanan yang sangat mudah ditemukan dan juga sangat murah harganya.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan kentang rebus ke dalam menu harian kamu. Selain rasanya enak, kandungan gizinya pun sangat bermanfaat bagi tubuh kita secara keseluruhan. Yuk, mulai konsumsi kentang rebus sekarang!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare