cara mengatasi sakit gigi
5-min read

13 Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami, Pas Buat yang Mager dan Sudah Pasti Hemat

cara mengatasi sakit gigi

Tim malas ke dokter, ini cara murah meriah mengatasi sakit gigi!

‘Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi’ ~~~ Eits bukan saatnya nyanyi! Tapi ungkapan tersebut tampaknya masuk akal, ya? Pasalnya nih, sakit gigi akan membuat kamu nggak nyaman beraktivitas, sulit makan, sampai memengaruhi suasana hati dan kesehatan, alias nggak enak banget!

Sakit gigi terjadi karena bagian gigi paling dalam atau pulpa mengalami peradangan. Apalagi kalau kamu memiliki kebiasaan hidup yang nggak sehat, semakin memicu gigi sakit, bahkan bisa mengalami infeksi. Oleh karena itu, kali ini kita bakal bahas cara mengatasi sakit gigi secara alami.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami dan Sembuh dengan Cepat

Jangan buru-buru ke dokter, gaes. Ternyata ada lho, cara mengatasi sakit gigi secara alami menggunakan bahan yang mudah kamu temukan. Nggak perlu panik, yuk, ketahui beberapa bahan yang biasa digunakan untuk mengobati gigi sakit.

1. Cara mengatasi sakit gigi tanpa ribet, kompres pakai es batu

Source: iStockphoto.com

Kamu bisa menggunakan es batu dan mengompresnya di area gigi yang bengkak. Es batu dikenal ampuh untuk mengempiskan peradangan dan mengatasi rasa nggak nyaman di area mulut,

Caranya mudah banget, cukup bungkus beberapa bongkah es batu menggunakan kain bersih. Kemudian tempelkan di pipi yang menjadi tempat sakit gigi sekitar 15 hingga 20 menit. Kalau nggak punya stok es batu, gunakan botol berisikan air dingin aja.

Lakukan pengompresan beberapa jam sekali untuk hasil optimal, ya!

2. Kumur air garam

Source: CNNIndonesia.com

Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan garam. Bisa dipastikan, sangat mudah membeli garam di warung maupun pasar. Kandungan mineral, natrium, dan klorida pada garam akan membantu tubuh kamu untuk menjaga sistem otot dan saraf.

Kandungan sulfur pada garam juga dapat mengeluarkan bakteri dan racun dalam tubuh. Sehingga kumur air garam akan membantu mengeluarkan bakteri yang jadi penyebab sakit gigi.

3. Cuka apel

Source: iStockphoto.com

Cuka apel adalah cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami dan nggak kambuh lagi. Mengandung antimikroba dan antibakteri yang dapat mengurangi rasa sakit.

Kamu tinggal larutkan 1 sdm cuka apel ke dalam segelas air, lalu kamu bisa menggunakannya untuk berkumur. Cara lain yang bisa dicoba, cukup teteskan cuka apel ke kapas kecil. Kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit.

Diamkan beberapa menit hingga rasa sakitnya mereda, ya.

4. Jahe

Source: iStockphoto.com

Rempah-rempah satu ini yang mengandung antibiotik alami sangat bermanfaat meredakan rasa sakit nyeri. Obat alami ini ampuh mengobati sakit gigi.

Cara menggunakannya, tinggal geprek jahe terlebih dulu dan tempelkan ke bagian yang nyeri. Kamu bisa mengaplikasikannya beberapa kali sampai terasa lebih enak.

5. Cara mengatasi sakit gigi dengan bahan alami, bawang putih

Source: iStockphoto.com

Bawang putih juga termasuk dalam deretan obat alami yang mampu menghilangkan sakit gigi. Nggak hanya untuk bumbu masakan aja, kandungan antiseptik pada bawang putih ampuh membunuh bakteri dan kuman-kuman yang bersarang di lubang gigi.

Caranya, tumbuk bawang putih sampai halus dan membentuk pasta. Kemudian tempatkan pasta bawang putih tersebut di area gigi yang sakit.

6. Daun jambu biji

cara mengatasi sakit gigi
Source: Kompas.com

Daun jambu biji yang punya sifat antiradang dapat membantu kamu menyembuhkan luka. Kandungan antimikroba di dalamnya sangat bermanfaat untuk perawatan mulut.

Untuk mengaplikasikan cara menyembuhkan sakit gigi dengan bahan alami ini, kamu bisa mengunyah daun jambu biji segar. Kalau nggak suka, ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Tinggal tambahkan daun yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk obat kumur.

7. Angkat kepala

Source: Detik.com

Nggak mau ribet cari bahan-bahan alami? Coba cara mengobati sakit gigi dengan mengangkat kepala. Efektif banget untuk meredakan nyeri sakit gigi yang menyerang ketika malam hari, apalagi bikin kamu sulit tidur.

Caranya: gunakan bantal tambahan ketika mau tidur. Kepala yang terangkat akan mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area kepala dan mulut. Rasa nyeri bisa lebih ringan dan mengurangi pembengkakan.

8. Lidah buaya

cara mengatasi sakit gigi
Source: iStockphoto.com

Gel lidah buaya ternyata ampuh untuk mengatasi sakit gigi secara alami. Efek antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi.

Untuk menggunakannya, langsung aplikasikan gel lidah buaya pada gigi yang sakit. Kemudian pijat perlahan sampai rasa sakit berkurang.

9. Kunyit

cara menghilangkan sakit gigi
Source: iStockphoto.com

Kunyit bisa kamu beli di pasar tradisional atau supermarket. Senyawa kurkumin pada kunyit berkhasiat banget sebagai antibakteri, antiradang, serta antioksidan.

Sehingga, bahan ini bisa digunakan sebagai alternatif obat alami menghilangkan sakit gigi paling ampuh. Cukup parut kunyit secukupnya, lalu letakkan hasil parutan di area gigi yang terasa sakit.

10. Cara mengatasi sakit gigi alami dengan daun mint

Source: iStockphoto.com

Daun mint yang cukup sering dijadikan sebagai hiasan masakan, tuh, ternyata juga merupakan bahan alami dan obat ampuh ketika kamu sakit gigi. Daun mint akan memberikan efek menenangkan pada bagian gigi yang terasa sakit, lho.

Untuk menggunakannya, tumbuk beberapa helai daun mint, lalu letakkan di bagian yang terasa sakit.

11. Lemon

cara mengatasi sakit gigi
Source: iStockphoto.com

Kaya akan vitamin C, lemon bagus banget dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi alami. Untuk caranya, potong jeruk lemon secukupnya dan letakkan di antara gigi di dekat bagian yang sakit.

Kamu juga bisa mengolah lemon dengan jus buah untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

12. Bawang merah

cara meredakan sakit gigi
Source: Unsplash.com

Nggak hanya bawang putih, bahan alami lainnya seperti bawang merah juga mengandung antimikroba dan antiseptik. Efektif banget untuk meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang.

Buat kamu yang gemar makan bawang merah, langsung kunyah di area gigi yang sakit. Kalau merasa nggak nyaman mengunyah langsung, tempelkan saja ke bagian yang sakit.

13. Cara mengatasi sakit gigi dengan ekstrak vanili

Source: iStockphoto.com

Punya gigi berlubang dan terasa nyeri? Cara mengatasi sakit gigi secara alami terakhir ini bisa kamu coba. Ekstrak vanili mengandung alkohol yang mampu meredakan rasa sakit sementara.

Kandungan antioksidan pada ekstrak vanili juga dapat membantu kamu menyembuhkan bagian gigi berlubang yang terasa sakit. Cara menggunakan bahan alami ini, oleskan ekstrak vanili pada ujung jari atau sedikit kapas dan tempelkan ke gigi dan gusi selama beberapa kali sehari.


Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu pilih untuk meredakan sakit gigi, tapi memang, cara kerjanya membutuhkan waktu. Lakukan secara telaten dan rutin, deh.

Dan… kalau semua langkah di atas sudah dicoba tapi nggak berhasil, kamu jangan mager ke dokter. Siapa tahu kondisi gigimu memang sudah parah, tuh. Selamat mencoba!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

DAPATKAN INFO KOST DI DAERAH FAVORITMU:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Kost Solo Murah

Kost Medan Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare