...
obat alami diare
5-min read

10 Obat Diare Alami yang Mudah Dicari, Cocok Untuk Anak Kost!

obat alami diare

Diare dapat mengganggu keseharian kita jika tidak segera ditangani. Maka dari itu, inilah rekomendasi obat alami diare untukmu!

Dapat mengganggu keseharian, hampir semua orang pernah mengalami penyakit diare. Penyakit ini bisa menjadi semakin parah apabila tidak segera ditangani.

Meskipun begitu, beberapa orang menggunakan cara alami untuk mengobati diare sebelum memutuskan untuk berobat ke dokter. Obat alami diare juga mudah ditemukan, bahkan beberapa dijual dengan harga terjangkau.

Ingin cepat-cepat pergi dari penyakit menyebalkan yang satu ini? Tenang saja, Minkost akan membagikan beberapa obat alami diare yang mudah kamu dapatkan, khususnya bagi anak kost yang tinggal sendiri. Simak sampai habis dan jangan ada yang diskip!

Apa Itu Diare?

Diare adalah saat tinjamu memiliki tekstur yang encer dan membuatmu sering bolak-balik ke kamar mandi. Diare jangka pendek (akut) berlangsung 1 atau 2 hari, sedangkan diare jangka panjang (kronis) bisa berlangsung beberapa minggu. Gejala diare mungkin termasuk kram perut dan kebutuhan mendesak untuk pergi ke kamar mandi.

Dilansir dari Penn Medicine, penyebab diare yang paling umum adalah flu perut (viral gastroenteritis). Infeksi virus ringan ini paling sering hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Makan atau minum makanan atau air yang mengandung bakteri atau parasit jenis tertentu juga dapat menyebabkan diare. Masalah ini bisa disebut keracunan makanan.

Rekomendasi Obat Alami Untuk Diare

Source: The Coconut Mama

Supaya nggak bingung untuk mengatasinya, simak beberapa obat alami di bawah ini untuk mengobati diare secara cepat dan efektif!

1. Obat alami diare dari pisang

Pisang tidak hanya enak dimakan sebagai buah camilan, tetapi juga dapat menjadi obat alami untuk diare karena kandungan potasiumnya yang tinggi.

Selain itu, mineral pada buah ini juga dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Apabila mengonsumsi pisang, kamu tidak perlu mengonsumsi larutan rehidrasi oral.

Buah dengan ciri warna kuning yang khas ini juga kaya serat, yang membantu memperlancar pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Info wajib baca: Catat! Inilah Makanan Untuk Diare Orang Dewasa

2. Air kelapa

Sebagai minuman kaya elektrolit, air kelapa dianggap sebagai pilihan minuman yang baik saat kamu sedang mengalami diare. Dilansir dari Health Line, air kelapa secara efektif mengatasi dehidrasi akibat diare ringan dan sebanding dengan minuman olahraga dalam meningkatkan rehidrasi pada kasus kehilangan elektrolit lainnya.

3. Obat alami diare, teh chamomile

obat alami diare
Source: Lipton

Teh kamomil adalah teh populer yang digunakan untuk menenangkan saluran pencernaan. Sifat anti inflamasi pada kamomil dapat membantu mengurangi peradangan pada sistem pencernaan dan mempermudah pencernaan. Mengutip dari 7TEA, teh kamomil juga memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu jika diare disebabkan oleh stres atau rasa gugup.

4. Teh jahe

Minuman ini bukan hanya baik untuk tenggorokan, namun juga salah satu obat alami yang dapat membantu mengatasi diare. Minum teh jahe dapat membantu merehidrasi tubuhmu dan mengisi kembali cairan yang mungkin hilang selama serangan diare.

Biasanya diare hanya akan berlangsung selama beberapa hari. Maka dari itu, jahe dapat membantu menenangkan perutmu selama beberapa hari, sehingga pemulihan tubuhmu cepat dan nyaman.

Info wajib baca: 12 Buah Penyebab Diare, Nggak Boleh Dimakan!

5. Obat alami diare, kayu manis

Kayu manis, juga dikenal sebagai cinnamon, adalah rempah yang terkenal akan aroma dan rasa manisnya. Zat yang ada dalam kayu manis yang disebut katekin dapat membantu meringankan ketidaknyamanan perut seperti diare, kram perut, gangguan pencernaan, dan lain-lain yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

6. Cuka apel

Cuka sari apel terbuat dari apel yang difermentasi dan mengandung zat pektin. Zat ini dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, yang diperlukan untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan pektin dalam cuka apel juga dapat membuat tinja menjadi lebih besar dan mengurangi peradangan usus.

Karena cuka sari apel adalah antibiotik alami, bahan ini paling efektif untuk diare akibat infeksi bakteri. Jenis infeksi ini sering kali disebabkan oleh makanan busuk atau terkontaminasi, yang mungkin mengandung E. coli atau Salmonella.

7. Obat alami diare, akar marshmallow

Source: Wilding

Herbal yang kaya akan lendir seperti marshmallow dapat membantu mengurangi iritasi pada dinding saluran usus yang dapat terjadi akibat diare. Daun dan akar marshmallow digunakan untuk nyeri dan pembengkakan (peradangan) pada selaput lendir yang melapisi saluran pernafasan.

Tak hanya bermanfaat untuk mengobati diare, akar marshmallow juga digunakan untuk batuk kering, radang selaput lambung, diare, sakit maag, sembelit, radang saluran kemih, dan batu di saluran kemih.

8. Roti panggang

Roti panggang putih yang rendah serat mudah ditoleransi oleh penderita diare. Kamu juga bisa mengonsumsi plain crackers untuk mengobati diare. Seperti roti panggang putih, plain crackers yang dibuat dari tepung putih atau tepung rendah serat bebas gluten mudah dicerna dan dapat membantu menenangkan perutmu.

9. Oralit

obat alami diare
Source: Pramborsfm.com

Ketika mengalami diare, tubuh akan kehilangan cairan bersama dengan feses, menyebabkan gejala lemas. Kehilangan cairan ini dapat mengakibatkan dehidrasi, yang jika tidak ditangani dapat menjadi masalah serius.

Jadi, kamu disarankan untuk menggunakan larutan oralit, sebuah obat diare alami yang terbuat dari campuran air, gula, dan garam. Larutan ini dapat mengembalikan cairan tubuh kamu karena mengandung mineral dan elektrolit.

Cara membuat larutan oralit cukup simpel, kamu bisa melarutkan 6 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam ke dalam 1 liter air. Aduk hingga merata dan minumlah larutan oralit sebanyak 250 ml setiap 4–6 jam.

10. Obat alami diare, kunyit

Selain berfungsi sebagai bahan masakan, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk diare karena memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab diare.

Cara membuatnya pun mudah, cukup dengan merebus potongan kunyit atau melarutkan sejumput bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat, dan minuman kunyit siap dikonsumsi.


Itulah obat alami diare yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Sebaiknya kita tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya dan kunjungi dokter jika diare belum membaik setelah beberapa hari.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare