...
cara hemat air
5-min read

10 Cara Hemat Air untuk Anak Kost dan Manfaatnya

cara hemat air

Tagihan airmu suka membengkak bahkan cenderung boros? Praktikkan cara hemat air, yuk!

Bagi sebagian besar mahasiswa yang tinggal sendiri di luar kota, mengelola keuangan sendiri dengan keterbatasan anggaran jadi tantangan tersendiri. Salah satu hal yang sering menjadi fokus utama adalah pengelolaan anggaran untuk kebutuhan makanan.

Sebagai mahasiswa dengan dana terbatas, penting bagi kita untuk belajar berhemat dan cerdas dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk membayar tagihan listrik dan air. Nah, bagaimana cara hemat air untuk anak kost? Simak aja selengkapnya di sini.

Info wajib baca: 5 Cara Menghemat Listrik Anti Boncos, Sudah Coba Semua?

Cara Hemat Air untuk Anak Kost

Menghemat air berarti menggunakan persediaan air dengan bertanggung jawab dan bijak. Menghemat air tersebut penting untuk menjaga persediaan dan kebersihan air serta melindungi lingkungan.

Cara menghemat air itu sebenarnya tidak sulit, lho. Kamu dapat memulainya dari memperhatikan hal-hal kecil yang (bisa jadi) tidak diperlukan sehingga malah boros.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air. Wajib praktikkan, ya!

1. Cara hemat air, matikan air keran

Source: Unsplash.com

Ini langkah paling mudah yang bisa kamu mulai lakukan untuk menghemat air. Jadikan kebiasaan untuk selalu mematikan keran air jika sudah tidak digunakan supaya air menjadi tidak terbuang percuma.

Kamu juga bisa mengubah kebiasaan yang tidak disadari seperti membiarkan air keran mengalir ketika sedang menyabuni tangan, menggosok gigi, atau mencuci muka di wastafel.

Info wajib baca: 7 Cara Belanja di TikTok Shop yang Praktis untuk Pemula | Mudah dan Hemat!

2. Cuci pakaian dalam jumlah banyak

Sebaiknya kamu mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak ketika menggunakan mesin cuci. Hal tersebut dilakukan tidak hanya untuk menghemat air, tapi juga penggunaan listrik.

Jika kamu tidak bisa menunggu atau malas melihat tumpukan baju kotor, maka solusinya adalah mencuci manual, alias menggunakan tangan.

3. Cara hemat air, kurangi penggunaan ketika mandi

cara hemat air
Source: Unsplash.com

Ketika kamu mandi, sebaiknya menggunakan air pancuran (shower) dan keran yang lebih hemat air. Berendam di bathtub sudah pasti boros air karena pasti kamu butuh waktu untuk mengisi air, kan? Selain itu, jangan mandi terlalu lama!

Kalau kemarin-kemarin mandi butuh waktu 30 menit, nih, coba pangkas menjadi 15 menit saja. Selain bebas gedoran dari anggota keluarga atau teman kost, setiap menit lebih cepat akan menghemat sekitar dua setengah galon air.

4. Jangan terlalu sering menyiram tanaman

Sstt, menyiram tanaman terlalu sering sama dengan membuang sumber air yang berharga serta dapat berakibat buruk bagi tanaman. Ya, terlalu banyak menyiram tanaman dapat membuat akar menjadi busuk sehingga menimbulkan penyakit jamur dan bakteri.

Ketika kamu menyiram tanaman, berhenti sebentar dan biarkan air menyerap ke dalam tanah. Pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti lidah buaya, bugenvil, sukulen. Saat menyiram, pastikan kamu menyiram tanahnya, bukan daun untuk mencegah penguapan.

5. Cara hemat air, mengurangi penggunaan di musim panas

cara hemat air
Source: Unsplash.com

Suhu pada musim panas yang meningkat sering kali menyebabkan penggunaan air di luar ruangan meningkat, seperti untuk menyiram tanaman dan halaman kamu.

Untuk menghemat air, kegiatan tersebut perlu dikurangi. Tanaman hanya perlu disiram pada sore hari, selebihnya tanaman dan halaman tidak perlu disiram.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Banten Lezat yang Wajib Coba | Ada Hidangan Legendaris!

6. Menampung air hujan

Air hujan sendiri dapat kamu manfaatkan untuk menyiram tanaman, mencuci piring dan baju. Tampungan air hujan ini juga bisa difungsikan sebagai air cadangan. Cara menampungnya juga cukup mudah, kok, kamu hanya perlu menyiapkan wadah berupa ember atau tong.

Tong hujan merupakan wadah untuk mengumpulkan air dari pipa pembuangan di atap rumah. Letakkan tong di bawah pipa pembuangan untuk menyimpan air hujan yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan atau keperluan.

7. Cara hemat air, ganti bak dengan ember

Umumnya bak air digunakan oleh banyak rumah tangga untuk menampung air. Akan tetapi, ketika sedang mengisi air, terkadang orang lupa mematikan keran air yang menyebabkan air terus mengalir dan terbuang ke selokan.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menampung air menggunakan ember kecil sehingga ketika keran baru dibuka, ember dapat langsung menampungnya.

8. Pilih perlengkapan rumah tangga hemat air

Source: Unsplash.com

Kamu bisa membeli peralatan rumah tangga yang hemat air, seperti mesin cuci dan lainnya. Kamu memang akan mengeluarkan uang yang lebih banyak. Tapi, kamu akan menghemat pengeluaran di kemudian hari.

9. Tampung air hujan untuk kegunaan non-konsumsi

Memanfaatkan air hujan untuk menyiram tanaman atau membersihkan area sekitar adalah cara cerdas untuk mengurangi ketergantungan pada air bersih dari kran. Tempatkan wadah penampungan air hujan di halaman kost untuk menampung air saat hujan.

10. Cara hemat air, matikan keran saat sikat gigi dan cuci tangan

Source: Unsplash.com

Kebiasaan sederhana seperti mematikan keran saat sikat gigi atau mencuci tangan dapat membuat perbedaan besar dalam penghematan air. Air yang tetap mengalir selama aktivitas ini dapat mengakibatkan pemborosan yang nggak perlu.

Mengapa Harus Ketahui Cara Hemat Air?

Air sendiri adalah kebutuhan utama dalam kehidupan ,makhluk hidup untuk bertahan hidup. Oleh kerena itu, menghemat air merupakan tanggung jawab untuk melestarikan kehidupan generasi di masa depan.

Berikut beberapa alasan lain yang wajib kamu ketahui untuk menghembat dan menjaga air.

1. Menumbuhkan bahan makanan

Buah-buahan dan sayuran serta bahan lainnya sangat membutuhkan air untuk berkembang dan terus tumbuh. Tanpa air maka tidak akan ada tanaman yang tumbuh, alhasil penduduk yang ada di bumi bisa mati kelaparan.

2. Menghemat air berdampak terhadap pengeluaran

Dengan menghemat air kamu juga bisa menghemat pengeluaran. Sebagai pengguna mesin pompa air, nih, kamu bisa sekaligus menghemat tagihan listrik.

3. Hemat air = hemat energi

Hemat air juga akan mengarah kepada menghemat energi dan mengurangi jejak karbon. Kamu bisa mulai menghemat air dengan mengubah gaya hidup dan gunakan peralatan listrik yang hemat energi dan air.

4. Melindungi satwa liar dan ekosistem

Setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk bertahan. Tanpa adanya air, ikan yang hidup di laut dan sungai tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menghemat air yang bisa berguna untuk generasi mendatang.


Itulah beberapa cara hemat air yang dapat kamu lakukan di rumah, maupun sebagai anak kost di perantauan.

Yuk, mulai biasakan menghemat air agar dapat memperoleh banyak manfaat, terutama biar bisa lebih hemat pengeluaran. Apakah kamu punya tips atau cara lainnya? Boleh banget drop di kolom komentar, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare