...
cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal
5-min read

5 Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga yang Menggumpal | Pakai Air Hangat hingga Obat Tetes

cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal

Mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal bisa dilakukan dengan berbagai cara, apa saja?

Pernah nggak kamu merasa ada yang mengganggu di telinga hingga menyebabkan pendengaran terhambat? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah penumpukan kotoran telinga, tuh.

Kotoran telinga adalah zat alami yang diproduksi oleh tubuh sebagai bentuk perlindungan terhadap infeksi dan kotoran lainnya. Namun, terkadang kotoran telinga dapat mengumpul dan mengeras, membentuk gumpalan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, gangguan pendengaran, atau bahkan masalah kesehatan lainnya.

Meskipun mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal bisa menjadi hal yang menakutkan, tetapi dengan metode yang benar dan aman, kamu dapat jadi mengatasi masalah ini dengan mudah.

Mengenal Kotoran Telinga dan Fungsinya

cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal
Source: Halodoc

Sebelum membahas cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal, penting untuk tahu apa itu kotoran telinga dan fungsinya, nih.

Kotoran telinga, juga dikenal sebagai serumen, adalah zat lengket yang diproduksi oleh kelenjar khusus di dalam saluran telinga. Fungsinya adalah melindungi telinga dari debu, kotoran, dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Info wajib baca: Waspada! Hindari Jenis Makanan Penyebab Getah Bening Berikut Ini

Munculnya kotoran telinga sebenarnya adalah mekanisme alami pembersihan tubuh yang efektif. Ketika kotoran telinga diproduksi, ia akan secara perlahan bergerak keluar dari telinga dan menghilangkan kotoran dan bakteri yang ada di dalamnya.

Namun, terkadang kotoran telinga dapat menggumpal dan menghalangi saluran telinga, yang menyebabkan ketidaknyamanan atau gangguan pendengaran.

Adapun tanda kotoran telinga menggumpal yaitu adanya ketidaknyamanan atau sensasi tersumbat di telinga, gangguan pendengaran, sensasi penuh atau tersumbat di telinga, atau gumpalan kotoran yang terlihat di telinga

Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga yang Menggumpal

cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal
Source: AyoBandung

Jika sudah menggumpal dan menimbulkan ketidaknyamanan, maka sudah sebaiknya kotoran telinga mulai dikeluarkan. Nah, berikut adalah beberapa cara yang aman dan efektif untuk mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal:

1. Cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal: Pakai air hangat 

Cara paling sederhana untuk mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal adalah dengan menggunakan air hangat. Rendam kapas atau kain bersih dalam air hangat, kemudian peras sedikit dan teteskan beberapa tetes air hangat ke dalam telinga.

Biarkan air hangat berada di telinga selama beberapa menit untuk melunakkan kotoran telinga yang menggumpal. Hindari menggunakan benda tumpul atau tajam seperti cotton bud atau peniti untuk membersihkan telinga.

Pasalnya, penggunaan benda-benda tersebut bisa jadi dapat menyebabkan cedera pada saluran telinga atau mendorong kotoran lebih dalam.

2. Cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal dengan minyak

Cairan minyak, seperti baby oil atau minyak zaitun, dapat membantu melunakkan dan mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal. Namun begitu, cara ini membutuhkan waktu beberapa hari sampai kotoran melunak.

Kamu hanya perlu teteskan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam telinga. Biarkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan kapas bersih.

3. Gunakan produk telinga khusus

Selain beberapa cara di atas, kamu juga dapat menggunakan produk khusus yang dirancang untuk membersihkan telinga dengan aman. Produk semacam ini biasanya mengandung larutan khusus dalam bentuk obat tetes yang membantu melunakkan kotoran telinga.

Nah, kamu hanya perlu rutin menggunakannya dan tunggu sampai kotoran melunak dalam beberapa hari. Nantinya, kotoran akan keluar dengan sendirinya tanpa memerlukan bantuan alat khusus

4. Cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal dengan irigasi telinga

Irigasi telinga adalah teknik yang digunakan untuk membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan aliran air lembut. Namun, teknik ini sebaiknya dilakukan oleh profesional atau ahli kesehatan untuk menghindari risiko cedera atau infeksi.

5. Konsultasikan ke dokter atau Ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT)

Jika kamu merasa ragu atau tidak nyaman untuk mengeluarkan kotoran telinga sendiri, sebaiknya konsultasikan masalah kamu ke dokter atau ahli THT. Mereka dapat melakukan pemeriksaan dan membersihkan telinga kamu dengan aman dan efektif.

Info wajib baca: 6 Cara Ampuh Mengobati Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami

Tips untuk Mencegah Kotoran Telinga Menggumpal

Source: Orami

Ada juga beberapa tips yang dapat membantu mencegah terbentuknya kotoran telinga yang menggumpal. Berikut di antaranya:

1. Jangan membersihkan telinga terlalu dalam

Hindari membersihkan telinga terlalu dalam, karena dapat mendorong kotoran lebih dalam dan menyebabkan masalah. Selain itu, penggunaan cotton bud juga sebaiknya dihindari. Pasalnya, alat ini dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam dan menyebabkan cedera atau infeksi.

2. Biarkan kotoran telinga bergerak secara alami

Walau bentuknya bisa memadat, namun kotoran telinga pun bisa keluar dengan sendirinya, lho. Biarkan kotoran telinga bergerak keluar dari telinga dengan sendirinya. Hindari mengorek atau membersihkan telinga secara berlebihan yang justru akan memperparah kondisi.

3. Jaga kebersihan telinga

Terakhir, pastikan kamu menjaga kebersihan telinga dengan membersihkan bagian luar telinga secara teratur dengan kapas bersih.

Mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal memerlukan kehati-hatian. Dengan perawatan yang tepat dan pencegahan yang benar, kamu dapat menjaga kesehatan telinga dan pendengaran kamu dengan baik.


Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal. Apa kamu punya pengalaman mengenai gangguan pada telinga ini? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare