...
cara mengeringkan sepatu dengan cepat
5-min read

Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Sudah Coba?

cara mengeringkan sepatu dengan cepat

Apa jadinya kalau sepatu belum kering, padahal mau dipakai? Tenang, ini dia cara mengeringkan sepatu dengan cepat! Simak, yuk!

Sepatu jadi salah satu bagian dari pakaian yang wajib kita gunakan setiap ingin bepergian keluar rumah. Kalau kamu habis cuci sepatu dan kebetulan sepatunya mau dipakai di kemudian hari, cara mengeringkan sepatu dengan cepat ini hadir buatmu!

Sekarang, sepatu jadi salah satu hal penting yang digunakan pada acara-acara tertentu, bahkan sekarang sudah banyak jenis sepatu yang dijual di pasaran. Mulai dari untuk acara formal, hingga olahraga.

Tapi, apa jadinya kalau sepatu yang mau kita pakai belum kering? Pasti jadi suatu masalah yang kurang mengenakkan, dong buat kita? Apalagi kalo di acara ada doi, pasti malu dong!

Apa yang Terjadi Kalau Pakai Sepatu Lembab?

cara mengeringkan sepatu dengan cepat
Source: theAsianparent

Sepatu yang basah dan lembab karena kurang kering, pastinya membuat kita kurang nyaman saat memakainya. Plus, ada beberapa permasalahan lainnya yang mungkin timbul, imbas dari memakai sepatu yang basah atau lembab.

Pertama pastinya ada kutu air. Kalau kamu memakai sepatu yang lembab dalam kurun waktu yang lama, bisa-bisa di kakimu akan timbul jamur. Nah, jamur inilah yang nantinya akan menjadi kutu air, dan menyerang kulit kakimu.

Hal ini akan membuat kaki jadi selalu dalam keadaan lembap dan hangat, sehingga memicu pertumbuhan jamur. Sebab, tempat yang lembap merupakan tempat paling ideal bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang.

Kedua adalah bau kaki. Ini, sih, udah pasti ya, gaes. Jangankan sepatu, baju yang lembab dan belum kering sempurna, pun bisa menimbukan bau apek yang kurang sedap.

Kamu pasti nggak mau dong kalau sampai kakimu jadi bau akbat dari memakai sepatu yang kurang kering atau lembab?

Info wajib baca: Penyebab Kaki Bengkak Pada Lansia: Faktor, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Terus, gimana caranya biar sepatu kita cepet kering, min? Tenang tenang, Kostmin punya rekomendasi beberapa cara buat mengeringkan sepatu kamu dengan cepat!

1. Cara mengeringkan sepatu dengan cepat, gunakan kertas koran atau tisu

cara mengeringkan sepatu dengan cepat
Source: Pinhome

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengeringkan sepatu adalah dengan menggunakan kertas koran atau tisu. Setelah kamu mencuci sepatu, isi sepatumu dengan tisu atau kertas koran, dan tekan ke dalam.

Kertas koran dan tisu ini akan menyerap kelembaban dari sepatu dan membantu mengeringkannya dengan cepat. Pastikan untuk mengganti tisu atau kertas koran secara berkala sampai sepatu kamu benar-benar kering.

2. Gunakan hair dryer

Gunakan Hair Dryer
Source: Popbela.com

Cara kedua adalah dengan menggunakan hair dryer. Kamu yang ingin mengeringkan sepatu dengan cepat, bisa menggunakan cara berikut ini. Atur hair dryer pada suhu yang kamu inginkan dan arahkan ke sepatu kamu.

Pastikan untuk menggerakkan hair dryer dengan cepat dan tidak terlalu dekat dengan sepatu kamu di bagian luar dan masukkan sebentar di bagian dalam sepatu secara berulang, agar nggak merusak atau membakar bahan sepatu. Gunakan hair dryer selama beberapa menit sampai sepatu benar-benar kering.

3. Gunakan kipas angin

Source: wikiHow

Cara lainnya yang cukup mudah adalah dengan menggunakan kipas angin. Kamu cukup taruh sepatu di depan kipas angin, dan pastikan kipas angin berada pada kecepatan yang tinggi.

Cara ini akan membantu mengeringkan sepatu dengan cepat, terutama kalau sepatu kamu basah karena keringat atau air hujan.

4. Gunakan garam

Source: www.self.com

Kamu juga bisa menggunakan garam untuk membantu mengeringkan sepatumu, loh! Caranya cukup mudah, kamu cuma perlu menaburkan garam ke dalam sepatu dan biarkan selama beberapa jam.

Garam akan menyerap kelembaban dari sepatu dan membantu mengeringkannya dengan cepat. Setelah beberapa jam, keluarkan garam dari sepatu dan bersihkan sepatu kamu dengan lap kering.

5. Cara mengeringkan sepatu dengan cepat, gunakan silica gel

Gunakan Silica Gel
Source: Gramedia.com

Silica gel adalah salah satu bahan yang digunakan untuk menjaga kelembaban di dalam kemasan produk elektronik atau obat-obatan. Kamu bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan sepatu dengan cepat.

Taruh beberapa sachet silica gel ke dalam sepatu kamu dan biarkan selama beberapa jam. Silica gel akan menyerap kelembaban dari sepatu dan membantu mengeringkannya dengan cepat.

6. Gunakan alkohol

Gunakan Alkohol
Source: Apartment Therapy

Hah, emang bisa pakai alkohol buat mengeringkan sepatu dengan cepat? Bisa, dong!

Caranya gampang, kamu cuma perlu mengoleskan alkohol pada sepatumu dengan kapas atau tisu sampai sepatu terlihat lembab. Kemudian, biarkan sepatu kamu mengering sendiri secara alami.

7. Gunakan pengering mesin cuci

cara mengeringkan sepatu dengan cepat
Source: Lamudi

Punya mesin cuci? Cara yang satu ini mungkin bisa kamu gunakan! Tapi perlu diingat, sepatu yang bisa dikerigkan dengan metode ini hanya sepatu dengan bahan kanvas, sintetis, dan katun. Untuk sepatu berbahan kulit nggak disarankan menggunakan metode ini, karena bisa merusaknya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan. pertama, kamu bisa menaruh sepatu bersamaan dengan handuk. Air dan kelembapan yang ada di dalam sepatu akan terserap ke handuk dan bisa membantu sepatumu lebih cepat kering.

Sedangkan cara yang kedua, kamu bisa menjepit tali sepatu pada pintu mesin pengering bagian atas. Cara ini bisa bikin sepatu kamu cepat kering tanpa bunyi berisik yang ditimbulkan akibat sepatu berputar-putar di dalam mesin pengering.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan jika sedang dalam keadaan mendesak, dan sepatunya mau dipakai dalam waktu dekat. Tapi perlu diingat, kalau sepatumu belum betul-betul kering sedangkan kamu nggak bisa menunggu sepatumu kering, alangkah baiknya kamu menggunakan sepatu lain yang sudah dicuci saja, ya!

Info wajib baca: Penyebab Bruntusan di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami!


Gimana, cara-cara di atas mudah banget, kan buat dilakuin? Saran Kostmin, lebih baik cuci sepatu kamu jauh-jauh hari sebelum dipakai, ya!

Kira-kira, kamu pernah pakai cara yang mana, nih? Atau ada cara lain lagi yang belum Kostmin taruh di atas? Tulis di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare