...
penyebab kaki bengkak pada lansia
5-min read

Penyebab Kaki Bengkak Pada Lansia: Faktor, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

penyebab kaki bengkak pada lansia

Kaki bengkak sering kali terjadi pada lansia, simak beberapa faktor penyebab kaki bengkak pada lansia dan cara mencegah, serta mengatasinya berikut!

Kaki bengkak bisa menjadi masalah yang umum dialami oleh orang tua, terutama lansia. Nggak cuma mengganggu aktivitas sehari-hari, ketidaknyamanan ini juga bisa menyebabkan perasaan kurang nyaman dan mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Edema atau nama lain dari pembengkakan kaki pada lansia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyakit dan kondisi medis tertentu, perubahan hormon, gaya hidup yang nggak sehat, serta beberapa obat-obatan.

Kalau kamu punya nenek, kakek, atau bahkan orangtuamu yang mengalami hal ini, nggak usah khawatir, karena ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengobatinya. Tapi sebelum itu, kenali dulu penyebab-penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada lansia berikut ini.

Faktor Penyebab Kaki Bengkak Pada Lansia

penyebab kaki bengkak pada lansia
Source: Silverts

Kaki yang membengkak pada orang-orang dengan usia lanjut nggak akan terjadi tanpa adanya suatu alasan atau faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan bengkaknya kaki pada orang-orang di usia lanjut:

1. Rendahnya kadar protein dalam darah

Albumin merupakan salah satu jenis protein yang berperan menjaga cairan dalam pembuluh darah.  Molekul protein yang satu ini membantu menahan cairan di dalam pembuluh darah. Jika kadar protein turun, cairan dapat bergerak ke luar pembuluh darah, melintasi membran, dan menyebabkan edema atau pembengkakan kaki pada lansia.

Rendahnya kadar protein albumin ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti malnutrisi, penyakit ginjal, dan penyakit hati.

2. Kelebihan cairan

Ginjal adalah organ yang berperan mengatur kadar cairan tubuh. Selain faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, pada lansia yang mempunyai riwayat penyakit ginjal, mekanisme dari organ ini nggak dapat berjalan dengan baik. Itu sebabnya, terjadi kelebihan cairan di pembuluh darah sehingga menyebabkan edema atau pembengkakan pada kaki.

3. Trombosis Vena Dalam

Trombosis vena dalam adalah kondisi ketika bekuan darah terbentuk di dalam vena dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan kaki bengkak pada lansia, terutama jika bekuan darah tersebut terbentuk di kaki atau tungkai.

Trombosis vena dalam dapat terjadi karena faktor risiko seperti kurang bergerak, perokok, atau memiliki riwayat keluarga yang mengalami kondisi ini.

4. Pembuluh darah bocor

Sel-sel pembuluh darah yang tidak saling merapat sempurna dapat memungkinkan cairan masuk melalui celah antara sel-sel pembuluh darah tersebut. Hal ini bisa terjadi akibat infeksi atau peradangan, karena faktor ini, bisa terjadi pembengkakan di daerah tubuh tertentu termasuk kaki.

5. Varises

Varises adalah pembuluh darah yang melebar dan melengkung yang terjadi pada permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan kaki bengkak pada lansia, terutama jika varises tersebut terletak di kaki. Faktor ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, obesitas, atau pekerjaan yang memerlukan berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.

6. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab umum kaki bengkak pada lansia. Kondisi ini terjadi ketika jantung nggak mampu memompa darah dengan efisien. Hal ini menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh, termasuk pada kaki dan pergelangan kaki.

Jika kaki bengkak disertai dengan sesak napas, lelah, atau nyeri dada, maka hal ini dapat menunjukkan adanya masalah jantung yang serius.

Info wajib baca: 5 Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah Tanpa Perlu ke Dokter

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyebab Kaki Bengkak pada Lansia

penyebab kaki bengkak pada lansia
Source: Pond5

Dibalik sebuah penyakit, pasti ada cara untuk mencegah dan mengatasinya masing-masing, nggak terkecuali untuk pembengkakan kaki pada lansia ini.

Cara-cara berikut ini bisa kamu lakukan dengan mudah, baik sendiri, maupun dengan mengajak orangtua atau keluarga kamu untuk mengobati kaki yang bengkak.

Cara mencegah penyebab kaki bengkak pada lansia

Untuk kita-kita para kawula muda, pastinya nggak mau kalo sampai kaki kita bengkak dan segala aktivitas kita terhambat di usia senja nanti, dong. Makanya, berikut ada beberapa tips untuk mencegah agar kaki tidak bengkak di usia lanjut nanti.

a. Lakukan olahraga ringan secara reratur

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sirkulasi yang baik dapat membantu mencegah pembengkakan pada kaki.

Oleh karena itu, lakukanlah olahraga secara teratur, tetapi pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang cocok untuk kondisi tubuh Anda.

b. Hindari posisi duduk atau berdiri dalam waktu lama

Kalau kamu harus duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, pastikan untuk mengubah posisi tubuh secara teratur. Cobalah untuk berdiri atau duduk dengan postur yang benar, dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Selain itu, cobalah untuk berdiri atau duduk dengan kaki yang agak diangkat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah.

c. Kurangi konsumsi garam dan perhatikan berat badan

Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan retensi cairan di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Kurangi konsumsi garam dan pastikan untuk memilih makanan yang rendah garam.

Selain itu, berat badan juga harus diperhatikan karena turut berperan dalam pembengkakakn pada kaki di usia lanjut. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko pembengkakan pada kaki. Perhatikanlah berat badan kamu dan coba untuk menjaga berat badan yang sehat.

Cara mengatasi penyebab kaki bengkak pada lansia

Segala sesuatu terutama penyakit, pasti ada penyelesaiannya atau cara mengatasinya, termasuk dengan pembengkakan kaki yang terjadi pada lansia. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kaki bengkak yang bisa dilakukan:

1. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu yang jadi penyebab kaki bengkak pada lansia adalah kekurangan protein albumin di dalam darah. 

Kamu bisa menyarankan orangtuamu untuk meningkatkan kadar albumin dengan mengonsumsi makanan tinggi protein seperti, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan sebagai cara mengatasi kaki bengkak pada orang lanjut usia.

2. Mengurangi asupan garam 

Garam atau natrium dapat meningkatkan retensi atau penumpukan cairan yang memperburuk kondisi edema. Salah satu cara mengatasi kaki bengkak pada orang tua adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan makanan yang mengandung bahan tersebut, ini juga dapat menurunkan risiko hipertensi pada lansia. 

Pada dasarnya, kebutuhan natrium orang-orang berbeda-beda, dan harus tetap diperhatikan. Namun, badan kesehatan dunia, WHO menetapkan batas konsumsi garam sekitar 1 sendok teh, atau setara dengan 2.400 mg natrium.

3. Awasi penggunaan obat dan menggunakan obat diuretik

Penggunaan berbagai macam obat juga bisa jadi salah satu penyebab terjadinya pembengkakan pada kaki, lho. Dalam hal ini, para lansia tentunya harus berkonsultasi dengan dokter terkait obat yang dikonsumsi, serta efek samping edema yang mungkin terjadi.

Selain itu, jika sudah parah, para lansia bisa mengobati pembengkakak di kaki dengan meminum obat diuretik. Fungsi dari obat ini adalah mengeluarkan kelebihan cairan garam melalui urine. Tentunya harus dengan resep dokter dan berhati-hati, karena obat ini akan membuat penggunanya sering buang air kecil.

Info wajib baca: Sering Merasa Badan Lemas? Coba Ikuti Tips Berikut Ini!


Itu dia tadi beberapa penjelasan yang meliputi faktor, cara mencegah, hingga cara mengobati edema atau penyebab kaki bengkak pada lansia.

Kamu bisa menyarankan orangtua atau keluargamu yang sduah lanjut usia untuk melakukan beberapa cara di atas sebagai pencegahan dan pengobatannya. Kamu juga bisa jadikan info tersebut untuk berjaga-jaga dan senantiasa menjaga kesehatan!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare