...
cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat
5-min read

Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Aman!

cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat

Praktikkan cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat berikut yang bikin wajah glowing.

Jerawat memang menjadi masalah kulit yang menjengkelkan, terutama karena bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Namun, jangan khawatir! Kali ini Kostmin akan memberikan tips cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan aman biar wajahmu bebas dari bekas jerawat yang mengganggu!

FYI, jerawat juga ada banyak jenisnya. Beda jerawat, beda lagi cara membasminya. Selain mengatasi jerawat biasa, kamu mungkin juga butuh cara menghilangkan jerawat batu hingga mengetahui makanan penyebab jerawat di dagu untuk menghindarinya.

Sedikit Info tentang Jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat
Source: Healthdirect

Mungkin kamu masih bertanya, ‘apa itu jerawat?’ Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran. Hal ini menyebabkan terbentuknya benjolan kecil pada kulit yang biasanya berwarna merah dan bengkak. Jerawat sering muncul di wajah, leher, dada, dan punggung.

Ketika bakteri yang hidup di kulit masuk ke dalam pori-pori yang tersumbat, maka jerawat bisa semakin meradang dan terbentuk benjolan berisi nanah. Jerawat yang baru muncul biasanya berwarna merah muda atau merah cerah. Jerawat yang lebih tua atau yang sudah meradang dapat berwarna lebih gelap, seperti merah tua atau bahkan ungu kecokelatan.

Jenis jerawat yang parah bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang, mengganggu rasa percaya diri karena menimbulkan bekas luka pada kulit.

Beberapa faktor yang dapat memperburuk kondisi jerawat, antara lain:

  • Perubahan hormon, terutama pada masa pubertas, dapat memicu produksi minyak yang berlebihan di kulit.
  • Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit, seperti produk mengandung bahan kimia berbahaya atau terlalu banyak minyak.
  • Kebiasaan buruk seperti tidak membersihkan wajah secara rutin.
  • Pola makan tidak sehat, terutama konsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak.
  • Stres dan kurang tidur dapat memicu produksi hormon yang merangsang kelenjar minyak di kulit.

Cara mengobati dan mencegah jerawat

Jerawat dapat diobati lewat berbagai cara, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat. Beberapa cara yang umum digunakan adalah penggunaan krim atau lotion topikal, antibiotik oral, atau obat-obatan yang mengandung retinoid.

Selain itu, perawatan laser atau terapi cahaya juga dapat membantu mengurangi jerawat pada kulit. Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya diikuti oleh beberapa tips berikut:

  • Rajin mencuci muka dengan sabun yang lembut dan air hangat.
  • Hindari memencet atau menggaruk jerawat, karena hal ini dapat memperparah kondisinya dan menyebabkan infeksi pada kulit.
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya atau terlalu banyak minyak.
  • Konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit.
  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur untuk membantu mengurangi stres.

Khusus kondisi jerawat sangat parah dan tidak merespons pengobatan dengan baik, kamu harus segera berkonsultasi ke dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Info wajib baca: Dijamin Ampuh, Cek 6 Cara Mudah Menghilangkan Komedo Hitam Ini | Muka Glowing Maksimal!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat
Source: Stylo.ID – Grid.ID

Setelah mengatasi masalah jerawat, bagi kebanyakan orang masalah yang selanjutnya akan muncul adalah bekas yang ditinggalkan oleh jerawat tersebut. Bekas jerawat ini tentunya mengganggu penampilan dan bikin kamu nggak pede.

Makanya, mendingan kamu simak beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat berikut ini!

1. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan penghilang bekas jerawat

Ada banyak produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, retinoid, vitamin C, dan niacinamide yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Asam salisilat dapat membantu mengelupas kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Sedangkan retinoid atau retinol dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menghilangkan bekas jerawat. Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki kerusakan akibat jerawat, dan niacinamide dapat membantu meredakan peradangan serta mengurangi hiperpigmentasi.

2. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung SPF

Paparan sinar matahari dapat memperburuk bekas jerawat dan membuatnya lebih sulit untuk hilang. Oleh karena itu, selalu gunakan produk perawatan kulit yang mengandung SPF untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Coba gunakan produk dengan SPF minimal 30, dan pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata di seluruh wajah, leher, dan telinga.

3. Lakukan eksfoliasi secara teratur

cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat
Source: Stylo.ID – Grid.ID

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru yang sehat. Ini dapat membantu mengurangi bekas jerawat dan memberikan kulitmu tampilan yang lebih cerah.

Gunakan scrub wajah yang lembut dan jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering, karena hal ini dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

4. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami

Beberapa bahan alami seperti madu, lidah buaya, dan minyak kelapa dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Madu dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat, sementara lidah buaya dapat membantu menyembuhkan dan melembapkan kulit. Minyak kelapa juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Untuk minyak kelapa, ada hal yang perlu diperhatikan bahwa nggak semua jenis atau tipe kulit bisa cocok menggunakan minyak yang satu ini sebagai perawatan wajah.

Info wajib baca: Mengungkap 7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah yang Tak Boleh Dilewatkan

5. Coba perawatan kulit di salon kecantikan

Kalau kamu memiliki bekas jerawat yang sangat membandel, cobalah untuk melakukan perawatan kulit di salon kecantikan seperti facial atau mikrodermabrasi untuk membantu penyembuhan dan penghilangannya.

Facial dapat membantu membersihkan pori-pori dan merangsang produksi kolagen, sedangkan mikrodermabrasi dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru yang sehat.

6. Hindari memencet jerawat

Memencet jerawat dapat memperburuk bekas jerawat dan bahkan bisa menyebabkan infeksi dan luka. Jangan mencet jerawat yang masih aktif, karena kalau kamu memencet jerawat, resiko untuk mendapatkan bekas dari jerawat tersebut semakin besar.


Itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat yang dapat kamu lakukan sehari-hari dnegan mudah dan aman pastinya. Perlu diingat, dalam menghilangkan bekas jerawat tentunya nggak bisa instan.

Kalau kamu merasa punya permasalahan ini, bisa ikutin aja tips-tips di atas, ya! Sedikit-sedikit pasti bekas jerawatmu bakal membaik dan kulitmu bakal mulus lagi. Jangan lupa cegah juga jerawatnya biar nggak dateng lagi. Semoga membantu!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare