...
cara menghilangkan ngantuk
5-min read

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Instan, Auto Melek | Cari Tahu Juga Penyebab Sering Ngantuk!

cara menghilangkan ngantuk

Cari tahu cara menghilangkan ngantuk yang bisa kamu coba, biar nggak gampang ketiduran!

Siapa di sini yang pelor alias nempel molor? Nah, terkadang mudah mengantuk ini bisa mengganggu aktivitasmu, ya. Apalagi kalau kamu ngantuk di kelas atau pas lagi kerja. Jadi nggak fokus, deh!

Mau bergadang buat ngerjain tugas atau nonton bola tapi nggak tahan ngantuk? Hmm, tandanya kamu butuh tips dan trik cara menghilangkan ngantuk, nih.

Tapi sebenernya kenapa, sih, kita, tuh, sering ngantuk? Intip dulu, yuk, penyebab mudah ngantuk dan cara menghilangkannya!

Apa Saja Penyebab Mengantuk?

Nah, ternyata ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab kamu mudah mengantuk, lho. Apa saja, ya?

1. Kurang tidur

cara menghilangkan ngantuk
Source: Unsplash.com

Penyebab pertama kamu mudah mengantuk adalah karena kurang tidur. Bisa jadi karena kamu tidur terlalu malam atau sengaja bergadang sehingga waktu tidurmu menjadi kurang. Walaupun kamu tidur cukup 7-8 jam sehari, tapi kalau kamu tidur terlalu pagi dan bangun terlalu siang juga bisa membuat tubuh kamu lemas, lho.

Maka dari itu, sebaiknya tidur cukup dan tepat waktu. Idealnya, tidur sebelum pukul 10 malam, dan mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup, sehingga ketika bangun tidur kamu merasa segar dan nggak lelah, deh.

2. Banyak minum akohol dan kafein

Hah, kafein bikin ngantuk? Kok bisa? Nah, ternyata kalau kamu meminum kafein, misalnya kopi, secara berlebihan, kamu malah bisa jadi susah tidur di malam hari, lho. Dampaknya kamu jadi sering ngantuk dan nggak berenergi di siang hari. Nggak enak, kan?

Alkohol juga bisa bikin kamu cepat ngantuk, nih. Walau kamu jadi cepat tidur di malam hari, tapi tidur kamu, tuh, jadi nggak berkualitas. Bangun-bangun kamu nggak merasa segar dan malah masih capek. Di siang harinya kamu juga bakal merasa lemas dan ngantuk lagi, deh. Sama aja boong, kan?

3. Efek samping obat

cara menghilangkan ngantuk
Source: Freepik

Ada beberapa obat-obatan yang memberikan efek samping mengantuk. Hal ini sebenarnya bagus kalau kamu memiliki waktu istirahat, sehingga obat dapat bekerja lebih maksimal. Kalau yang ini, sih, susah buat dicegah, ya. Apalagi kalau kamu lagi sakit.

Maka dari itu, pastikan kamu nggak mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin sehabis minum obat, ya. Sempatkan juga untuk tidur sebentar 5 sampai 15 menit setelah minum obat, misalnya saat jam makan siang, supaya kamu nggak terlalu ngantuk dan obat bisa bekerja dengan lebih baik.

4. Jarang bergerak

Jarang bergerak ternyata juga bisa bikin gampang ngantuk dan mudah lelah, lho, misalnya terlalu lama duduk di depan komputer. Hal ini karena sirkulasi darah dalam tubuh jadi tersendat dan kamu jadi gampang ngantuk, deh.

5. Stres, depresi, dan gangguan mental lainnya

cara menghilangkan ngantuk
Source: Freepik

Stres, depresi, dan gangguan mental lainnya juga bisa jadi penyebab kamu gampang ngantuk, nih. Itu karena kamu jadi sulit tidur dengan nyenyak di malam hari atau insomnia yang bikin kamu ngantuk di siang hari.

Info wajib baca: 10 Budaya Hidup Sehat Buat Anak Kost | Sehat Fisik dan Mental!

7 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Tetap tenang dan jangan panik, gaes, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan ngantuk, lho. Berikut beberapa tipsnya!

1. Minum kafein secukupnya

minum kopi
Source: Freepik

Yang pertama adalah dengan minum kafein secukupnya. Misalnya, dengan minum satu cangkir kopi saja ketika kamu merasa mengantuk. Jangan terlalu banyak minum kopi, karena bisa-bisa kamu malah sulit tidur di malam hari atau bahkan bikin asam lambung jadi naik.

Kalau nggak suka kopi atau butuh kafein yang lebih ramah di lambung, kamu juga bisa coba minum teh, lho.

2. Menghilangkan ngantuk dengan cara stretching

Masih ngantuk juga? Kamu bisa lakukan peregangan ala-ala biar melek lagi, nih. Misalnya dengan meregangkan tangan kanan dan kiri bergantian, memutar dan menekuk leher, atau memutar pinggang. Selain mengendurkan otot yang tegang, aliran darah juga bisa makin lancar yang bikin kamu lebih bertenaga.

3. Menghilangkan ngantuk dengan cara cuci muka

cuci muka
Source: Freepik

Cara lainnya buat menghilangkan ngantuk adalah dengan cuci muka. Usahakan mencuci muka pakai air dingin, ya. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih segar dan ngantuk pun hilang.

4. Ngemil sehat

Biasanya ngantuk bisa hilang kalau ngemil, nih. Tapi kalau kamu sering ngantuk, nggak bagus juga, kan, kalau ngemil yang nggak sehat? Kamu bisa stok camilan sehat yang nggak terlalu manis, berlemak, atau banyak micinnya. Camilan sehat yang terkenal bisa ngilangin ngantuk misalnya yoghurt, buah, telur rebus, atau kacang-kacangan.

5. Menghilangkan ngantuk dengan cara berjalan-jalan

kantor
Source: Freepik

Kamu juga bisa jalan-jalan singkat keliling ruangan untuk menghilangkan bosan, lho. Mengajak teman kantor buat ngobrol singkat juga bermanfaat banget, tuh, buat ngilangin ngantuk.

6. Cari kesibukan yang mendistraksi dari ngantuk

Nggak ada salahnya buat kamu mendistraksi diri sebentar, misalnya dengan bermain game, buka media sosial, atau menonton film. Asalkan kamu batasi waktunya dan kembali fokus sama kerjaan atau studi kamu, ya!

7. Menghilangkan ngantuk dengan cara tidur siang singkat

Nah, kalau kamu punya privilege buat boci alias bobo ciang, sempatin saja tidur sebentar. Durasi tidur siang paling ideal adalah 10 sampai 20 menit. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih segar, fokus, dan tubuh jadi lebih relaks, lho.


Itu dia penyebab serta beberapa cara menghilangkan ngantuk. Semoga setelah baca artikel ini rasa kantuk kamu jadi berkurang, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare