...
cara mengobati sakit dada bagian tengah
5-min read

5 Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah Beserta Obatnya

cara mengobati sakit dada bagian tengah

Begini cara mengobati sakit dada bagian tengah dan ketahui juga obatnya.

Apa kamu kadang, atau bahkan sering merasakan sakit dada bagian tengah? Jangan khawatir, kamu nggak sendiri! Sakit dada memang sangat mengganggu dan bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan yang serius.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa sakit tersebut dan beberapa obat sakit dada tengah. Yuk, simak di sini cara mengobati sakit dada bagian tengah secara mudah dan ketahui obat apa saja untuk mengatasinya.

Penyebab dan Gejala Sakit Dada Bagian Tengah

Sakit dada bagian tengah sering terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Biasanya, sakit dada ini berlangsung selama beberapa hari atau bahkan seminggu.

Sakit dada ringan bisa disebabkan oleh batuk dan pilek. Sakit dada bagian tengah juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gangguan jantung, masalah gastrointestinal, masalah muskuloskeletal, dan gangguan pernapasan.

Saat mengalami sakit dada, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis jika gejala semakin parah atau kalau kamu memiliki riwayat penyakit jantung, atau jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit jantung.

Sakit dada bagian tengah sering dialami oleh orang-orang, tetapi banyak pula yang tidak menyadarinya. Sakit dada ini biasanya disebabkan oleh gerakan tubuh yang salah atau tekanan pada otot dada, bisa juga disebabkan oleh spasme otot atau kram jantung karena stres atau tekanan darah yang tidak teratur.

Gejala sakit dada bagian tengah meliputi rasa sakit di bagian tengah dada, perasaan seperti tertekan, dan nyeri saat bernapas. Nyeri dada bagian tengah juga bisa menjadi pertanda adanya masalah jantung yang serius, seperti infark miokard.

Tapi, kalau sakit dada kamu bukan disebabkan oleh masalah serius, ada beberapa cara yang dapat membantu mengobati sakit dada bagian tengah. Lanjut baca di poin berikutnya, yuk!

Info wajib baca: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mudah dan Aman!

5 Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Kamu yang nggak punya riwayat penyakit seperti yang disebutkan di atas ataupun dari keturunan, nih, bisa langsung baca dan praktikkan cara mudah meredakan rasa sakit di dada bagian tengah kamu tanpa perlu ke dokter.

1. Bernapas dalam-dalam dan santai

bernapas dalam-dalam
Source: Getty Images/iStockphoto – Antonio Guillem

Bernapas dalam-dalam dan santai dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan oksigenasi tubuh, yang dapat membantu mengurangi gejala sakit dada. Cobalah duduk di tempat yang nyaman dan tenang, lalu fokus kepada aliran napas yang dihirup ke dalam dan ke luar tubuh secara perlahan dan teratur.

Tarik napas melalui hidung dan embuskan melalui mulut. Lakukan ini selama beberapa menit sampai kamu merasa santai. Setelah itu, kamu bisa memijat area yang nyeri dengan lembut untuk mengurangi tekanan pada otot-otot dada, atau lakukan hal ini bersamaan.

2. Minum air putih

cara mengobati sakit dada bagian tengah
Source: NDTV.com

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat memperparah gejala sakit dada. Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga tubuh kamu terhidrasi dan membantu meredakan sakit dada.

Selain itu, hindari minuman berkafein dan minuman beralkohol karena dapat memperburuk sakit dada. Kamu juga bisa mengompres area yang nyeri dengan es untuk mengurangi radang dan rasa sakit yang dirasakan.

3. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat
Source: Unsplash

Makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko terkena sakit dada. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Hindari makanan berat serta makanan yang sulit dicerna seperti makanan pedas atau berlemak, karena makanan ini dapat memperburuk sakit dada.

4. Olahraga ringan

cara mengobati sakit dada bagian tengah
Source: Healthline

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan meredakan sakit dada. Kurangi juga aktivitas selama beberapa hari agar otot-otot dada sempat pulih. Hindari olahraga yang terlalu berat atau melelahkan karena dapat memperburuk gejala sakit dada.

5. Konsumsi obat pereda sakit

Konsumsi obat pereda sakit
Source: MedlinePlus

Obat pereda sakit seperti parasetamol, aspirin, atau ibuprofen dapat membantu mengurangi gejala sakit dada. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini, terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain.

Beberapa obat yang mungkin bisa meredakan sakit dada kamu ada obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau aspirin untuk meredakan nyeri dan peradangan. Tentu harus tetap dengan pengawasan dokter, ya.

Kapan Saya Harus Pergi ke Dokter?

Jika kamu merasakan sakit di dada bagian tengah dalam rentang waktu yang cukup lama, atau sakitnya sering kali berulang, bahkan setelah melakukan cara mengobati sakit dada bagian tengah di atas, nih, sesegera mungkin periksakan diri ke dokter. Dengan begitu kamu akan mendapat penanganan profesional dan tepat.

Di sisi lain, jika kamu atau keluargamu punya riwayat penyakit jantung, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter, karena sakit yang disebabkan oleh keturunan cenderung membutuhkan perawatan khusus dari ahli atau dokter.

Tips untuk Pengobatan Sakit Dada yang Efektif

Setelah mendapatkan perawatan, kamu juga harus memperhatikan beberapa tips agar sakit di dada kamu nggak kambuh terlalu sering:

  1. Minum obat-obatan sesuai anjuran dokter. Jangan mengambil dosis lebih tinggi dari yang disarankan oleh dokter kamu.
  2. Menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berprotein tinggi serta mengurangi asupan gula dan garam.
  3. Mengurangi aktivitas fisik yang berat, namun tetap melakukan aktivitas ringan secara rutin seperti jalan kaki atau yoga untuk menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung.
  4. Mengurangi stres dengan melakukan relaksasi otot, meditasi, atau berolahraga secara teratur. Olahraga seperti yoga atau pilates dapat membantu meredakan nyeri pada bagian pinggang dan punggung bagian bawah.

Info wajib baca: Ide Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg | Bisa Banget Dapetin Tubuh Ideal dan Sehat

Obat Sakit Dada di Apotek yang Bisa Kamu Beli

cara mengobati sakit dada bagian tengah
Source: hello sehat

Nyeri dada dapat menunjukkan berbagai gejala yang berbeda tergantung pada penyebabnya. Gejala yang muncul juga dapat bervariasi antara individu tergantung pada tingkat keparahan kondisi tersebut.

Rasa nyeri bisa saja terasa di dada sebelah kanan, kiri atau tengah. Rasa sakit sering dijelaskan sebagai tusukan seperti jarum kecil di sekitar dada.

Ada juga yang merasakan sensasi tertekan, sesak, penuh, atau bahkan sensasi terbakar di area dada. Rasa sakit dapat menjalar ke leher, rahang, bagian bawah punggung, bahkan hingga lengan.

Durasi nyeri dada dapat bervariasi, mulai dari beberapa menit hingga berjam-jam. Rasa sakit mungkin dapat mereda dengan sendirinya dengan mengubah posisi tubuh atau beristirahat.

Di sisi lain, rasa sakit dapat memburuk dengan aktivitas berkelanjutan. Jika mengalami nyeri dada, berikut adalah beberapa pilihan obat penghilang nyeri di apotek yang dapat dipertimbangkan sesuai dengan penyebabnya.

1. Aspirin

Aspirin merupakan jenis obat pereda nyeri yang tersedia di apotek. Obat tersebut dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dada yang disebabkan oleh gangguan jantung.

Aspirin dapat diperoleh secara bebas. Tetapi jika dijadikan sebagai solusi untuk meredakan sakit dada, biasanya dokter akan memberikan resep dengan dosis tertentu.

2. Terapi trombolik

Terapi trombolitik merupakan obat yang umumnya digunakan untuk mengobati sakit dada akibat serangan jantung. Obat pereda nyeri yang dapat ditemukan di apotek ini bekerja dengan cepat untuk mengurai gumpalan yang menghalangi aliran darah di pembuluh darah.

3. Obat pengencer darah

Jika nyeri dada disebabkan oleh pembentukan gumpalan yang menghalangi pembuluh darah, dokter mungkin meresepkan obat pengencer darah seperti warfarin. Obat ini berperan dalam mengembalikan kelancaran aliran darah dan mencegah terbentuknya gumpalan baru.

4. Obat penurun asam lambung

Antasid termasuk dalam kategori obat dapat diresepkan oleh dokter ketika nyeri dada. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh masalah asam lambung, seperti heartburn atau refluks.

5. Obat antidepresan

Obat antidepresan merupakan pilihan untuk mengatasi nyeri dada yang dipicu oleh masalah psikologis seperti serangan panik atau gangguan kecemasan. Selain itu, kamu yang menghadapi tantangan psikologis juga disarankan untuk menjalani terapi secara teratur bersama psikolog atau psikiater.

Obat Nyeri Dada Alami

cara mengobati sakit dada bagian tengah
Source: aido health

Selain menggunakan obat pereda sakit dada yang dapat diperoleh di apotek, nyeri dada juga dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang disebutkan di bawah ini hanya untuk meredakan nyeri sementara.

Apabila kamu mengalami sakit dada yang dicurigai mengarah ke penyakit jantung, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Berikut adalah beberapa obat alami untuk meredakan sakit dada yang dapat dicoba.

1. Kacang almond

Jika terjadi nyeri dada segera setelah kamu makan, kemungkinan penyebabnya adalah refluks asam lambung atau masalah pencernaan seperti GERD. Untuk meredakannya, disarankan mengonsumsi segenggam kacang almond atau minum susu almond.

Hal tersebut karena kacang ini mengandung zat alkali yang dapat menetralkan asam di saluran pencernaan. Namun, perlu diingat bahwa kacang almond memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Sehingga perlu kehati-hatian dalam konsumsinya. Terutama bagi mereka yang rentan terhadap peningkatan asam lambung.

2. Cuka apel

Satu sendok larutan cuka apel yang dicampur dengan segelas air juga dianggap sebagai obat alami. Obat tersebut berguna untuk meredakan sakit dada yang disebabkan oleh masalah asam lambung.

3. Bawang putih

Salah satu obat alami selanjutnya adalah bawang putih. Namun sampai saat ini belum memiliki dasar ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Penggunaan campuran bawang putih cincang dan susu di dalam pengobatan tradisional dianggap sebagai obat alami. Dan berguna untuk meredakan nyeri dada.

4. Minuman hangat

Gas yang menumpuk di dalam tubuh dapat menjadi penyebab nyeri dada, dan mengonsumsi minuman hangat, seperti teh rosella, dianggap sebagai pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. Teh rosella diyakini dapat melancarkan pencernaan dan memberikan manfaat kesehatan bagi jantung.

5. Jahe

Alternatif terakhir untuk obat nyeri dada alami adalah jahe. Jahe yang digunakan sudah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Di-update oleh: Nuriyah Nofasari


Yang namanya sakit atau penyakit, tentu nggak bisa kita anggap remeh, termasuk sakit yang berhubungan dengan dada, karena dada adalah salah satu tempat di mana organ vital seperti jantung dan paru-paru kita berada.

Tentunya sakit dada bagian tengah juga nggak bisa kita anggap sepele, karena bisa jadi hal tersebut adalah pertanda dari sebuah penyakit yang mungkin memerlukan perawatan dari ahli. Tetap jaga kesehatan, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare