...
cara pinjam uang di shopee
5-min read

Cara Pinjam Uang di Shopee | Ketahui Langkah dan Tips Aman Saat Lakukan Pinjaman!

cara pinjam uang di shopee

Pinjam uang di Shopee menjadi cara yang banyak digunakan orang saat membutuhkan uang dalam keadaan darurat.

Perkembangan era digital saat ini dan kemajuan teknologi telah mengubah cara manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk dalam hal keuangan. Salah satu tren terbaru yang marak di kalangan masyarakat adalah kemampuan untuk meminjam uang secara online, atau dikenal juga sebagai pinjol dengan bunga rendah.

Shopee, salah satu platform e-commerce terkemuka, telah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh pinjaman secara mudah dan cepat. Apalagi, pinjaman ini bisa dicairkan dalam jangka waktu sehari saja dan cocok untuk penggunaan darurat.

Dengan adanya fitur ini, kamu nggak perlu lagi nunggu sampai tua supaya kiriman uang datang ke rumah. Tinggal pencet-pencet layar, dengan sat set sat set, uang pinjaman kamu sudah ada di rekening. Mudah banget, kan?

Cara Pinjam Uang di Shopee

cara pinjam uang di shopee
Source: Pexels

Walau terlihat cepat dan mudah, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat pinjam uang di Shopee biar nggak boncos. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pahami: 

1. Lengkapi persyaratan

Sebagaimana layanan peminjaman uang pada umumnya, pinjam di Shopee juga memerlukan beberapa persyaratan khusus. Hal ini berguna untuk mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan identitas kamu sebagai peminjam.

Nah, persyaratan yang dibutuhkan cukup mudah, kok. Sebab, pihak Shopee hanya membutuhkan identitas kamu yang dibuktikan lewat foto pribadi dan KTP, alamat, nomor handphone kamu dan orang terdekat, nomor rekening serta data pekerjaan dan perkiraan pendapatan dalam sebulan.

Setelah semua syarat dirasa telah lengkap, kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi dari tim Shopee. Setelah selesai, ada limit saldo yang diberikan pihak Shopee untuk melakukan pinjaman.

2. Memilih jumlah dan tenor pinjaman

Jika data kamu sudah diverifikasi, maka kamu sudah bisa melakukan pinjaman. Masuklah ke menu “SPinjam” di profil lalu ajukan pinjaman.

Pilih jumlah pinjaman yang diinginkan dan jangka waktu pengembalian yang sesuai dengan kemampuan kamu. Adapun tenor pinjaman yang tersedia yaitu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Pastikan juga kamu memahami dengan jelas jumlah yang akan dipinjam, bunga yang dikenakan, serta ketentuan lainnya sebelum melanjutkan. Hal ini tentunya bisa jadi persiapan kamu sekaligus sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Info wajib baca: Ingin jadi Sultan? Ini 7 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

3. Verifikasi dan persetujuan

Setelah mengajukan permohonan, Shopee akan memverifikasi informasi yang kamu berikan, termasuk nominal yang ingin kamu pinjam. Jika semua berjalan lancar dan memenuhi persyaratan, kamu akan menerima persetujuan untuk pinjaman tersebut.

Dana pinjaman disetujui atau cair biasanya akan langsung masuk ke rekening yang kamu cantumkan di awal.

Tips Pinjam Uang di Shopee dengan Bijak

pinjam uang
Source: Pexels

Walaupun sangat mudah dilakukan, namun meminjam uang tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, ada risiko besar di belakangnya jika kamu gagal melakukan pembayaran. Maka dari itu, simak tips pinjam uang berikut ini supaya kamu lebih bijak dalam melakukan pinjaman: 

1. Buatlah perencanaan keuangan

Sebelum meminjam uang, lakukan perencanaan keuangan yang cermat. Pastikan bahwa kamu dapat mengelola pembayaran cicilan dengan lancar tanpa mengorbankan keuangan pribadi yang lainnya.

Selain itu, pastikan juga kamu sudah mengetahui tujuan sebelum melakukan pinjaman. Seperti misalnya untuk membangun usaha atau membeli barang produktif yang dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan tambahan.

2. Baca persyaratan dengan cermat

Jangan senang dulu saat kamu mendapatkan uang dengan mudah, apalagi sampai menggelar syukuran. Sebab, kamu bisa saja terjerumus ke kondisi yang tidak diinginkan jika lengah membaca persyaratan.

Maka dari itu, sebelum melakukan pinjaman, pastikan untuk membaca dan memahami semua persyaratan. Termasuk juga bunga yang dikenakan, biaya lainnya, dan ketentuan pengembalian.

Info wajib baca: 10 Tips Mudah Menabung untuk Pelajar | Realistis dan Pasti Bisa!

3. Pinjam uang di Shopee dengan bijaksana

uang dolar
Source: Pexels

Terakhir dan tak kalah pentingnya yaitu lakukanlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jangan pernah pinjam uang untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif seperti top up item Mobile Legends atau belanja pakaian.

Hindari terjebak dalam pola utang berlebihan yang dapat mengganggu stabilitas keuangan kamu di masa depan. Pinjamlah hanya untuk kebutuhan darurat atau saat ingin membeli barang produktif saja

4. Pahami risiko

Penting juga bagi kamu untuk memahami risiko di balik pinjaman online. Misalnya saja kemungkinan terjadinya gagal bayar atau risiko lainnya yang merugikan kamu.

Selain itu, pastikan juga kamu bisa membayar sesuai waktu yang dijanjikan. Pastinya nggak mau, kan, tiba-tiba ada nomor nggak dikenal yang masuk dan panggil ‘halo sayang’ menagih utang kamu.


Karena segala kemudahan yang dimilikinya, pinjam uang di Shopee telah membuka pintu bagi banyak orang untuk memperoleh pinjaman dengan cepat dan mudah. Namun di balik kemudahannya, penting untuk menjaga kedisiplinan keuangan dalam menggunakan fasilitas ini dengan bijaksana.

Dengan memahami cara meminjam uang di Shopee dan menerapkan tips yang disebutkan di atas, pengalaman meminjam uang tentunya dapat menjadi lebih lancar dan bermanfaat bagi semua pengguna.

Nah, apa kamu juga pernah melakukan pinjam uang seperti di Shopee? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Ingin belajar hemat duit biar jadi sultan? Atau ingin memanjakan perut dengan kuliner menarik? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare