...
cari kost online
5-min read

7 Cara Ampuh Menghindari Penipuan Ketika Mencari Kost Online

cari kost online

Teknologi bikin hidup mudah, tapi cari kost online tetap harus hati-hati, ya!

Saat ini mencari tempat tinggal yang nyaman dan murah sangatlah mudah dengan adanya platform pencarian kost online. Namun, semakin berkembangnya teknologi juga diikuti oleh maraknya penipuan dalam mencari kost secara online.

Nah, kali ini Kostmin akan membahas cara ampuh menghindari penipuan saat mencari kost online agar kamu tetap dapat menemukan tempat tinggal yang sesuai keinginan tanpa harus khawatir tertipu. Yuk, simak artikel berikut!

Info Wajib Baca: 10 Tips Hemat Anak Kost yang Efektif, Biar Nggak Boncos!

Apa itu Penipuan Online?

Source: Infokost.id

Penipuan online adalah kegiatan yang melibatkan penjual dan pembeli di internet dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Penipuan dapat terjadi antara pengguna satu dengan pengguna lain, atau melalui situs web tertentu yang memungkinkan transaksi online. Beberapa contoh umum dari kecurangan online adalah phishing, e-mail fraud, online auction fraud, dan credit card fraud.

Namun, sekarang cari kost online pun rawan penipuan karena adanya pihak nggak bertanggung jawab yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara menipu. Alhasil, pihak yang mudah percaya dan punya kebutuhan cukup urgent sering jadi korbannya.

Cara Cari Kost Online yang Aman

cari kost online
Source: Freepik

Buat kamu yang sedang berburu kost, nih, juga harus mulai waspada. Meski butuh (pakai banget!) jangan gampang percaya jika melihat iklan kost murah, ya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak tertipu saat cari kost online:

1. Jangan mudah percaya tawaran menarik

cari kost online
Source: Twitter

Pertama banget, tuh, kamu jangan mudah tergiur oleh penawaran yang terlihat sangat menarik dan bombastis. Misalnya kost di tengah kota dengan harga murah dan fasilitas lengkap. Cek dulu syarat dan kondisinya, siapa tahu aja murah karena sedang ada diskon, tapi begitu bulan kedua harga sewa kost naik!

Pastikan untuk menelepon atau mengirim pesan kepada penyedia kost atau pemilik rumah yang informasinya kamu dapat melalui internet. Jangan langsung percaya apa yang mereka katakan kepadamu, tetapi tanyakanlah secara spesifik tentang biaya sewa, fasilitas, jarak dari tempat kerja atau kampus, dan lain-lain.

2. Cek perabotan kost

Rukita Jasmine Depok

Sebagai calon penyewa, kamu boleh, kok, minta foto atau video sekilas dari kamar kost hingga lingkungan di sekitarnya. Tentu saja biar kamu tahu pasti kalau tawaran itu nggak fiktif. Maklum, hari gini gampang banget mencomot foto sana-sini, kan?

3. Baca review

cari kost online
Source: Google

Sambil menunggu kiriman foto atau video, nih, kamu juga bisa baca-baca review dari pengguna kost di Google My Business. Kalau rating-nya 4 ke atas bisa jadi layanan atau fasilitasnya cukup baik, serta keamanannya terjamin. Pokoknya cari informasi sebanyak-banyaknya dulu sebelum melakukan pembayaran.

4. Cermati profil pemilik kost

cari kost online
Source: nova.grid.id

Langkah selanjutnya sebelum melakukan transaksi yang melibatkan uang, yaitu mengecek reputasi hingga identitas si pemilik kost. Jika terdaftar di listing resmi seperti Infokost.id kamu bisa mengetahuinya dari kategori “Verified” yang artinya data pemilik kost terverifikasi.

5. Minta identitas resmi

Source: unsplash.com

Kamu juga bisa meminta identitas resmi dan nomor rekening yang sama dengan nama si pemilik kost jika harus melakukan pembayaran online. Jangan mudah percaya kalau dia bilang, “Saya pakai nomor rekening anak/istri/adik saya” dan lain sebagainya, ya.

Kalau tidak ada yang disembunyikan, sih, harusnya nomor rekening tersebut sama dengan identitas yang dia berikan. Kalau diminta transfer via Gopay atau OVO mungkin kamu harus sedikit waspada, tuh, karena bisnis kost seharusnya punya pembukuan yang rapi dan tercatat.

6. Hindari menyetujui membayar uang muka terlebih dahulu

cari kost online
Source: melekmedia.org

Ada satu hal lagi yang harus membuatmu lebih berhati-hati dalam mencari informasi kost secara online, yaitu penipuan transfer uang muka terlebih dahulu. Perlu diketahui, ada beberapa modus iklan kost di internet yang ternyata nomor teleponnya palsu atau fiktif.

Nah, biasanya saat kamu menghubunginya untuk mengecek lokasi kost, kamu akan diminta untuk mengirim sejumlah uang terlebih dahulu sebagai “tanda jadi” yang nantinya akan dikembalikan bila tidak cocok. Padahal, hal tersebut merupakan bentuk penipuan.

Kalau kamu menemui kejadian seperti ini, jangan langsung percaya begitu saja, ya. Uang muka tersebut harusnya kamu bayarkan setelah melihat langsung tempatnya dan kamu tertarik untuk tinggal di sana, bukan saat sebelum datang.

Info Wajib Baca: 3 Cara Mudah Menyimpan Uang di Hp yang Sering Digunakan

7. Datangi langsung

Source: bayut.com

Cari kost online memang menghemat waktu, tetapi kalau memang nggak yakin, nih, kamu perlu langsung cek TKP. Dengan begitu kamu bisa mengetahui kondisi real kost yang ditawarkan tersebut. Jangan sampai tawaran itu datang dari ‘calo’ yang hanya ingin mendapat untung karena sudah memberi info kamar kost, tapi nggak bertanggung jawab setelahnya.

Perhatikan apakah ada perbedaan antara informasi yang kamu dapat di internet dengan kondisi aslinya? Jika ya, mungkin kamu nggak perlu memaksakan diri mengambil kost tersebut hanya karena murah. Masih ada banyak pilihan lain di Infokost, lho.

Cara Verifikasi Kost Resmi

Untuk menghindari penipuan, sebaiknya kamu melakukan verifikasi terhadap penyedia kost dan pemilik rumah sebelum memutuskan untuk tinggal di tempat mereka. Untuk mempersingkat waktu, nih, kamu bisa mencarinya di situs atau aplikasi sewa kost yang memberikan informasi lengkap dan akurat tentang kost incaranmu.

Kalau di Infokost.id, kamu cukup mendaftarkan diri menggunakan e-mail dan nomor telepon untuk mencari kost yang sesuai keinginanmu. Bandingkan saja dulu harga, fasilitas, hingga jaraknya dengan lokasi aktivitas harianmu.

cari kost online
Infokost.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ya, kamu bisa memilih kategori kost “Verified” atau “Premium”. Apa bedanya, tuh? Kalau kategori “Premium”, nih, selain datanya sudah terverifikasi, fasilitasnya juga lebih eksklusif dibanding “Verified”.

Setelah memilih kost incaran, kamu bisa langsung menghubungi pemilik kost melalui WhatsApp untuk mencari tahu info selengkapnya. Jika ada kendala, maka Tim Infokost siap membantumu. Gampang banget!

Updated by Faniditya R.


Itulah beberapa cara mudah cegah penipuan buat kamu yang cari kost online. Semoga membantu, ya. Apakah kamu tips lain untuk menghindari penipuan online? Coba bagikan di kolom komentar di bawah!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare