...
contoh naskah drama komedi
5-min read

Tips Menulis dan Contoh Naskah Drama Komedi Singkat, Bikin Ngkakak!

contoh naskah drama komedi

Apa kamu sedang mencari contoh naskah drama komedi yang menghibur? Bukan rahasia lagi kalau genre ini menjadi favorit banyak orang karena mampu membuat kita tertawa sekaligus mengalirkan cerita yang menyenangkan.

Namun, sama seperti membuat contoh naskah drama singkat lainnya, menulis naskah seperti itu tentunya bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, kali ini bakal ada tips dan contohnya buat referensi kamu menghibur penonton atau teman-teman!

Contoh Naskah Drama Komedi: Struktur Naskah Drama

Dalam menulis sebuah naskah drama, penting untuk menyertakan struktur tepat agar drama yang kamu bawakan menghibur dan sukses. Nah, berikut ini ada tiga struktur naskah drama yang penting buat kamu ketahui dalam penulisan naskah drama.

1. Prolog

Prolog adalah bagian dari naskah drama yang berupa kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang yang biasanya disampaikan oleh dalang atau narator.

Bagian ini bahkan bisa juga dibawakan oleh tokoh tertentu. Pada bagian prolog sering kali terdapat dialog awal atau monolog yang membantu menetapkan suasana dan konteks cerita.

2. Dialog

Dialog merupakan isi dari cerita atau percakapan yang melibatkan antartokoh untuk menggambarkan kehidupan, watak, dan konflik yang dialami manusia beserta cara menyelesaikannya. Umumnya, dialog pada naskah drama berisi 4 bagian:

  • Orientasi: Bagian awal cerita berisi gambaran situasi yang sedang atau sudah terjadi.
  • Komplikasi: Bagian pengembangan cerita berisi masalah yang dihadapi tokoh-tokoh di dalam drama.
  • Resolusi: Bagian akhir dalam drama yang berisi penyelesaian masalah.
  • Koda: Akhir cerita atau ending.

3. Epilog

Yang terakhir ada epolig atau penutup. Dalam naskah drama, epilog merupakan kata-kata penutup berupa simpulan maupun amanat tentang keseluruhan isi dialog yang biasanya disampaikan oleh dalang atau narator di akhir pentasan drama.

Info wajib baca: Mengenal Drama: Pengertian, Jenis, dan Contoh Naskah Singkat untuk 4 Orang

Tips Menulis Naskah Drama Komedi

contoh naskah drama komedi
Source: Liputan6.com

Kalau udah tau sedikit tentang struktur naskah drama, sebelum masuk ke contoh naskah drama komedi singkat yang bakal Kostmin kasih, simak dulu beberapa tips menulis naskah drama komedi berikut biar naskah kamu jadi melejit!

1. Kenali genre komedi

Penting untuk memahami elemen kunci dalam komedi, seperti humor, kejutan, absurditas, konflik, dan karakter-karakter yang kocak. Pelajari gaya komedi yang berbeda, seperti slapstick, satir, parodi, atau komedi verbal, untuk mengembangkan pemahaman lebih luas tentang genre ini.

2. Cerita yang unik dan menarik

Buatlah cerita yang unik dan menarik. Cerita harus memiliki alur yang bagus dan tidak terlalu rumit. Karakter harus dapat dijadikan daya tarik utama dalam cerita.

3. Perhatikan gaya bahasa

Pertimbangkan gaya bahasa yang akan digunakan. Gaya bahasa yang nggak terlalu baku, santai, atau imajinatif akan lebih cocok untuk drama komedi. Jangan gunakan bahasa yang baku atau terlalu kaku, karena bisa-bisa drama nggak terlihat natural dan penonton malah bosan.

4. Ciptakan karakter yang kocak

Karakter-karakter dalam naskah drama komedi harus memiliki keunikan dan sifat-sifat yang mengundang tawa. Mereka bisa memiliki sifat konyol, mengalami kebingungan, atau memiliki kebiasaan lucu yang terus-menerus. Pastikan ada kontras dan kecocokan antara karakter-karakter yang bertemu dalam cerita.

5. Gunakan dialog yang cerdas dan lucu

Dialog dalam naskah drama komedi sangat penting. Buatlah dialog-dialog yang cerdas, mengandung permainan kata, lelucon, dan humor verbal. Selain itu, jaga ritme dan timing dalam dialog untuk memaksimalkan efek lucu.

6. Manfaatkan situasi dan konflik

Buatlah situasi yang konyol dan konflik yang menggelitik untuk meningkatkan unsur komedi dalam naskah. Ciptakan kekacauan atau kesalahpahaman yang mengundang tawa. Perhatikan pula pembalasan atau resolusi konflik yang menghasilkan humor.

7. Gunakan fisik dan visual

Selain dialog, manfaatkan ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan tindakan fisik yang lucu untuk membangun komedi visual. Kombinasikan komedi verbal dengan komedi fisik untuk menciptakan efek yang lebih kuat.

8. Jaga ritme dan struktur

Drama komedi yang sukses biasanya memiliki ritme cepat dan struktur yang baik. Pastikan setiap adegan atau kejadian mengalir secara mulus dan terkait erat dengan unsur humor. Hindari segmen terlalu panjang atau terlalu lambat yang dapat mengurangi efek komedinya.

9. Berikan kejutan dan twist

Kejutan dan twist dalam cerita dapat menambahkan elemen komedi yang menyegarkan. Ciptakan momen-momen tak terduga atau perubahan keadaan yang lucu untuk menjaga ketertarikan penonton.

10. Uji coba dan revisi

Setelah menulis naskah drama komedi, lakukan ujicoba pembacaan atau pementasan untuk mendapatkan umpan balik. Perbaiki atau tambahkan elemen humor berdasarkan respons yang diterima. Proses revisi adalah kunci untuk meningkatkan kualitas naskah.

Info wajib baca: Contoh Drama Bahasa Jawa | Ini Pengertian dan Naskah Adegannya!

Contoh Naskah Drama Komedi

contoh naskah drama komedi
Source: SuaraSumsel.id

Nah, kalau tadi sudah dipaparkan struktur dan tipsnya, sekarang kamu siap, nih, membuat drama sendiri dengan melihat contoh-contoh naskah drama komedi singkat buat referensinya. Cocok juga buat adik-adik yang mau menampilkan drama tema komedi.

1. Contoh naskah drama komedi: Bangun sore

Prolog
Siang itu lima sekawan yakni Danu, Diba, Dita, Didit, dan Dadang sepakat untuk mengerjakan tugas sepulang sekolah bersama.

Dialog
Dita : Nanti kita mau ngerjain tugas di tempat biasa ya, temen-temen.
Didit : Di balai desa atau di rumah Danu?
Dita : Di balai desa aja.
Diba : Oke temen-temen, kalau gitu aku pulang ganti baju dan makan dulu, ya, baru nanti ke balai desa.


Setelah mereka semua pulang ke rumah masing-masing dan jam menunjukkan pukul empat sore, Diba, Dita, dan Didit segera berangkat menuju balai desa. Hanya Danu yang tidak berangkat karena sepulang sekolah ia tertidur pulas dan lupa jika sudah sepakat mengerjakan tugas.

*Di balai desa*
Didit : Danu mana ya? Udah mau jam lima, tapi batang idungnya belum keliatan juga, nih.
Diba : Jangan-jangan dia lupa kalo sekarang kita bakal ngerjain tugas?
Dita : Atau kayaknya, dia mikir kalau kita bakal ngerjain tugas di rumahnya gara-gara dia nggak dateng. Mendirng kita ke rumahnya, yuk mungkin dia udah nungguin kita!
Dadang: Apa jangan-jangan dia ada urusan tapi lupa ngasih tau kita? Mending kita tunggu aja di sini sambil ngerjain tugas.


Mereka berempat pun mengerjakan tugas bersama terlebih dahulu sembari menunggu kedatangan Danu. Setelah jam tangan Dadang menunjukkan angka pukul 5:30 sore, terlihat dari jauh anak laki-laki terengah-engah berlari membawa tas.
Didit: Tuh kan, bener kata gue. Si Danu baru dateng!
Diba : Wah, iya, tuh. Eh, tapi kok dia lari-lari kayak lagi dikejer setan? Sambil pake seragam sekolah lagi?
Danu : Loh, temen-temen? Ngapain kalian pagi-pagi gini ke balai desa? Malah duduk-duduk lagi! Nggak takut telat ke sekolah emang?

Seketika Dita, Diba, Didit dan Dadang tertawa terbahak-bahak.
Dita : Nu, ini tuh masih sore! Kamu abis tidur siang terus baru bangun ya? Hahaha.
Diba : Yaelah Danu, Danu! Makanya setel alarm, dong, biar nggak bangun sore-sore! Kita kan nggak boleh tidur dari siang sampe hampir petang! Jadinya begini deh nanti, kayak orang linglung!
Wajah Danu memerah dan ikut tertawa dengan teman-temannya karena malu.

2. Contoh naskah drama komedi: Becak Dilarang Masuk!

Alkisah, ada seorang tukang becak asal Madura yang dipergoki seorang polisi saat memasuki kawasan ‘Becak Dilarang Masuk!’. Dengan santainya si tukang becak itu melintas di depan polisi sampai polisi datang meniup peluit.

Polisi : Kamu nggak liat ada gambar apa di sana? Becak nggak boleh masuk ke jalan ini!

Ujar sang polisi dengan nada tinggi sambil menunjuk rambu-rambu.

Tukang becak : Oh, iya saya lihat Pak Polisi. Tapi itu kan gambar becaknya kosong, nggak ada orangnya. Nah, kalau becak saya kan ada orangnya, berarti boleh masuk ke sini, dong.

Polisi : Yee bodoh! Kamu nggak bisa bisa baca, ya? Di bawah gambar itu kan ada tulisannya, ‘becak dilarang masuk!’, masa’ gitu aja nggak ngerti?

Tukang becak : Emang saya nggak bisa baca, Pak. Kalau saya bisa baca, pasti ya saya sekarang udah jadi polisi kayak Bapak atau jadi pejabat, bukan jadi tukang becak kayak sekarang.

Ujar si tukang becak sambil lanjut menjalankan becaknya, sementara sang polisi terdiam dan menggeleng-gelengkan kepalanya.


Nah, itu tadi struktur, tips, sampai contoh naskah drama komedi yang bisa kamu jadikan referensi. Kalo suka drama komedi romantis, cek rekomendasi drama China komedi romantis berikut ini, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare