...
5-min read

Doa Saat Keluar Rumah Untuk 5 Agama, Dilengkapi Artinya

Berdoa merupakan hal yang bisa kamu lakukan sebelum beraktivitas seharian. Berikut adalah doa keluar rumah,

Keluar rumah adalah sebuah aktivitas yang kita lakukan setiap hari, namun, dalam kesibukan dan kegelisahan kehidupan sehari-hari, kita seringkali lupa untuk memohon perlindungan dan petunjuk dari Sang Pencipta. Doa keluar rumah adalah ungkapan rasa syukur, permohonan perlindungan, dan harapan atas keberkahan dalam setiap langkah perjalanan kita.

Dalam artikel ini, Kostmin akan menjabarkan doa dalam lima agama. Untuk itu, mari kita telaah doa keluar rumah agar setiap langkah kita dilindungi dan diberkahi oleh Yang Maha Kuasa.

Doa Keluar Rumah Dalam 5 Agama

1. Doa keluar rumah agama Islam

  • بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْـتُ عَلَى اللَّهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ.

Bismil-lah, tawakkaltu AAalal-lah, wala hawla wala quwwata illa billah.

Artinya: “Bismillah, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah.”

  • اَللَّهُـمَّ إِنِّي أَعُـوذُ بِكَ أَنْ أَضِـلَّ أَوْ أُضَـلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِـمَ أَوْ أَُظْلَـمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَ وْ يُـجْهَلَ عَلَـيَّ .

Latin: “Allahumma inni aaaoothu bika an adilla aw odal, aw azilla aw ozall, aw athlima aw othlam, aw ajhala aw yujhala aaalay.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar aku tidak tersesat atau disesatkan, atau terpeleset atau tersandung, atau tertindas atau tertindas, atau berperilaku dungu atau diperlakukan dungu.’ slip: yaitu melakukan dosa tanpa sengaja.”

Info wajib baca: Doa Akhir Tahun Lengkap dengan Arab Latin dan Terjemahannya

2. Doa keluar rumah untuk agama Kristen Protestan

Source: Unsplash
  • Doa keluar rumah sebelum bekerja

“Bapa terkasih, semoga tanganmu ada di atasku sehingga siapapun yang melewati batasku di siang hari dapat merasakan kehadiranmu dan segala sesuatu yang akan aku sentuh semoga diberkati dengan berlimpah. Terima kasih atas anugerah kehidupan saat saya keluar rumah, izinkan saya menjadi berkat bagi banyak orang dalam nama Yesus.”

  • Doa keluar rumah untuk beraktivitas

“Bapa yang terkasih, betapa senangnya bisa bangun dengan kuat di pagi hari saat aku bersiap meninggalkan rumah untuk berangkat dan bekerja, terima kasih atas perlindungan dan perhatian yang Engkau berikan padaku sepanjang malam, terima kasih atas pelayanan para malaikat yang menjagaku saat aku tertidur.

Tuhan Yang Maha Pengasih seperti firman-Mu dalam 1 Yohanes 4:4 yang mengatakan, yang ada di dalam kamu lebih besar dari pada yang ada di dunia. Bapa terkasih, semoga tanganmu ada di atasku sehingga siapapun yang melewati batasku di siang hari dapat merasakan kehadiranmu dan segala sesuatu yang akan aku sentuh semoga diberkati dengan berlimpah.

Terima kasih Tuhan karena Engkau selalu ada di sini dan menjawab doa kami melalui nama Tuhan kami Yesus. Amin.”

3. Doa keluar rumah untuk Kristen Katolik

“Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

Ya Allah, Engkau telah menghantar hamba-Mu Abraham keluar dari negerinya, dan melindungi dia di sepanjang perjalanannya. Engkau telah menghantar bangsa Israel ke Tanah Terjanji melalui padang gurun yang luas mencekam, penuh tantangan dan bahaya. 

Kau telah mengutus malaikat-Mu menyertai Tobia dalam perjalanannya ke negeri yang asing baginya. Engkau pun telah menunjukkan jalan kepada ketiga sarjana dari Timur. Meski harus menempuh perjalanan yang lama dan berat, akhirnya mereka sampai kepada Yesus, tujuan perjalanan mereka.

Maka kami mohon, tuntunlah kami sepanjang perjalanan yang akan kami tempuh. Jadilah naungan kami di saat panas terik; tempat berteduh di kala hujan dan dingin. Jadilah penopang kami di waktu penat, penghiburan bila kami ditimpa kemalangan. 

Jadilah pula tongkat kami di jalan yang sulit, dan pelabuhan yang aman kalau bahtera kami terancam bahaya karam. Semoga di bawah pimpinan-Mu kami siap dan tabah menghadapi segala kesulitan, dan bahaya dalam perjalanan.

Ya Allah, semoga perjalanan ini mengingatkan kami akan perjalanan ke tanah air abadi. Semoga dalam ziarah hidup ini kami selalu tekun, tabah, dan setia. Semua doa dn harapan ini kami haturkan ke hadirat-Mu lewat perantaraan Putera-Mu, Yesus Kristus yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa, Amin.”

4. Agama Hindu

Source: Shutterstock

“Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityun aya namah swaha. Om ayu widhi labhate dhanam widhi guna suci yadnya sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam.”

Artinya: “(Om Sanghyang Widhi Wasa Yang maha Jaya Yang maha mengatasi segala kematian. Kami memujamu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widi Wasa, semua keuntungan kekayaan, kepandaian adalah atas yadnya suciMu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagiaan lahir bathin).”

Info wajib baca: Bacaan Doa untuk Menghilangkan Jerawat di Wajah yang Mengganggu

5. Agama Buddha

“Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhassa. Sabbe Sata BhavantuSukhitatta. Sadhu! Sadhu! Sadhu!”

Artinya: “Terpujilah Sang Bhagava, yang Maha Suci, Yang Telah Mencapai Penerangan Sempurna. Semoga Semua Makhluk Berbahagia. Demikianlah hendaknya.”


Doa keluar rumah bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata, tetapi juga merupakan ungkapan rasa ketergantungan kita kepada Tuhan dalam setiap langkah perjalanan. Jangan lupa untuk mengingat Sang Pencipta sebelum, saat, dan setelah kita beraktivitas.

Mau tahu pengetahuan umum lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare