...
film horror Thailand
5-min read

Rekomendasi Film Horor Thailand, Kamu Berani Nggak Nonton Sendiri?

film horror Thailand

Buat menemani akhir pekanmu, cek rekomendasi film horor Thailand terseram berikut ini!

Siapa yang tidak suka merasakan sensasi menakutkan dengan menonton film horor? Namun, kali ini kita akan memperkenalkan rekomendasi film horor dari Thailand yang benar-benar bikin bulu kuduk berdiri!

Dengan penuh keberanian, apakah kamu siap menyaksikan sendiri dan menghadapi ketakutanmu? Jangan lewatkan artikel ini untuk mendapatkan list rekomendasi film horor Thailand terseram berikut ini!

Ciri Khas Film Horor Thailand

Sebelum simak rekomendasi film-film horor Thailand, ketahui ciri khas yang melekat dengan budaya Thailand berikut, yuk!

1. Kepercayaan kepada hantu dan makhluk halus

Tidak hanya negara Indonesia saja yang memiliki kepercayaan melekat tentang keberadaan hantu dan makhluk halus. Begitu pun juga dengan salah satu negara di Asia Tenggara lainnya ini yaitu Thailand.

Kultur dan tradisi dari budaya Thailand juga banyak mengandung kepercayaan terhadap keberadaan hantu dan makhluk halus. Banyak film horor Thailand yang kerap memanfaatkan unsur-unsur budaya ini dan membuatnya menjadi salah satu ciri khas dari film horor Thailand.

2. Konsep karma

Istilah karma atau yang biasa juga dikenal dengan arti hukum sebab akibat sangat ditekankan dalam budaya Thailand. Beberapa film horor Thailand mengambil tema dengan konsep karma ini dan mengangkat cerita tentang orang yang melakukan kejahatan dan kemudian mereka mendapatkan balasan dari perbuatannya tersebut yang menggentayangi mereka dalam bentuk hantu atau makhluk halus.

3. Tempat angker

Layaknya film horor pada umumnya menggunakan latar tempat angker, ciri khas Thailand juga memiliki hal yang sama dalam membuat film horor. Thailand juga terkenal memiliki banyak tempat mistis seperti rumah-rumah tua, kuil-kuil kuno, dan gedung-gedung bersejarah yang sering dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Tak sedikit film horror Thailand yang mengambil konsep tempat angker ini. Dengan menggunakan konsep tempat-tempat angker ini juga dapat memberikan kesan yang benar-benar menyeramkan kepada audiens.

4. Kecantikan yang menakutkan

Nah, kalau kamu pernah atau sering nonton film horor Thailand, sadar nggak beberapa aktor hantu di film tersebut justru direpresentasikan sebagai perempuan yang cantik. Hal ini juga berkaitan dengan budaya Thailand yang menekankan pada konsep kecantikan dan estetika.

Beberapa film horor Thailand sering mengangkat tema ini dan membuat karakter awal yang semula cantik atau tampan kemudian berubah menjadi sosok menakutkan. Biasanya, mereka juga suka menaruh adegan tersebut untuk jumpscare alias mengagetkan penonton, bahkan membuat mereka berteriak.

5. Musik tradisional

Ciri khas Thailand dalam membuat film horor selanjutnya juga berkaitan dengan musik tradisional. Musik tradisional Thailand memiliki suara seperti pipa dan gong yang sering kali digunakan sebagai awalan atau latar musik film horor.

Musik-musik tersebut memberikan kesan autentik dengan sentuhan khas Thailand dan lantunan musik yang indah. Keindahan lantunan musik tradisional Thailand ini juga terkadang ditujukan untuk menambah kesan horor dalam film agar penonton semakin dibuat merinding.

Info wajib baca: Film Hantu Thailand Terseram, Siap-Siap Merinding!

Rekomendasi Film Horor Thailand Terseram

Buat kamu yang lagi bahan tontonan seram untuk ditonton sendiri atau bareng-bareng, simak rekomendasi film horor Thailand terseram berikut ini, ya!

1. Coming Soon (2008)

film horor thailand
Source: Gowa Pos – Pikiran Rakyat

“Coming Soon” merupakan salah satu film horor yang telah dirilis tahun 2018 lalu. Film ini menceritakan teror secara nyata yang dialami oleh penonton film horor di suatu bioskop yang dibintangi oleh Vorakarn Rojjanavatchra sebagai Som dan Chantavit Dhanasevi sebagai Shane.

Film itu diawali oleh alur cerita dari film horor yang ditayangkan di bioskop. Shane yang bekerja sebagai pegawai di bioskop merasa deja vu setelah menonton adegan-adegan seram dari tayang film tersebut.

Terutama adegan di mana pemeran perempuan dari film itu menggantung dirinya dan meninggal. Adegan tersebut terasa sangat nyata sampai membuat semua penonton merinding. Selain Shane, Som juga merasakan kejanggalan yang sama setelah menonton film horor tersebut dan kemudian memilih untuk mencari tahu ada apa di balik kejanggalan film tersebut.

Selama berusaha mencari kejanggalan tersebut, alih-alih menemukan jawaban, Som dan Shane terus mendapatkan teror yang semakin menegangkan. Meskipun film ini telah dirilis beberapa tahun yang lalu namun tetap populer dan menjadi salah satu film horor Thailand yang terseram, lho!

2. The Promise (2017)

Source: Liputan Bekasi

Film “The Promise” ini pertama kali dirilis pada tahun 2017 dan disutradarai oleh Sophon Sakdaphisit. Di negara Thailand sendiri film ini memiliki julukan lain yaitu “Puen Tee Raulek”. Film ini diperankan utama oleh Namthip Jongrachatawiboon dan Apichaya Thongkam. “The Promise” menceritakan tentang pertemanan dua orang remaja yang bernama Ib dan Boum.

Pada suatu hari, keduanya memutuskan untuk membunuh diri mereka secara bersamaan. Namun, ketika Ib sudah bunuh diri, Boum menjadi ketakutan melihat jasad Ib dan tidak jadi melakukan bunuh diri kemudian pergi meninggalkan jasad Ib sendirian.

Perencanaan bunuh diri mereka didasari oleh situasi keluarga mereka yang sama-sama jatuh miskin akibat krisis ekonomi Thailand yang terjadi pada tahun 1997. Kemudian mereka berdua berjanji untuk mengakhiri hidup mereka bersama-sama namun Boum mengingkari janji tersebut.

Dua puluh tahun berlalu, tiba-tiba Boum mendapatkan teror akibat pengingkaran janjinya tersebut bersama Ib. Teror ini dimulai dari sikap anaknya yang semakin aneh setelah mereka mengunjungi sebuah bangunan yang baru setengah jadi. Lalu bagaimana akhir dari film ini? Kamu bisa tonton sendiri filmnya di beberapa streaming platform, ya!

Info wajib baca: Sinopsis Film Shut In, Suguhkan Aksi Memukau Naomi Watts | Pecinta Film Thriller Wajib Nonton!

3. Meat Grinder (2009)

film horor thailand
Source: CatchPlay

Rekomendasi film horor thriller selanjutnya ialah “Meat Grinder” yang telah dirilis pertama kali pada tahun 2009 lalu. Film “Meat Grinder” disutradarai oleh Tiwa Moeithaisong dan dibintangi oleh Mai Charoenpura, Rattanaballang Tohssawat, dan Wiradit Srimalai.

Film “Meat Grinder” berawal mula dari seorang perempuan bernama But yang mengalami gangguan dengan suara-suara di kepalanya. Suatu hari terdapat kerusuhan yang terjadi di sekitar tempat dagangnya, ia menemukan salah satu korban jiwa. Naasnya, But kemudian menggunakan daging korban tersebut sebagai bahan dasar mi yang ia jual.

Kondisi mental But kemudian semakin buruk akibat perbuatan yang ia lakukan. But juga menjadi kecanduan membunuh orang-orang yang ia kenal untuk dijadikan bahan masakan restorannya. Wah, sadis banget, ya.


Itulah bahasan singkat terkait ciri khas dan rekomendasi film horor Thailand terseram. Dari ketiga film di atas, mana yang sudah pernah ditonton, atau malah kamu belum pernah menonton semua? Film-film tersebut bisa masuk ke dalam wishlist film untuk kamu tonton di akhir pekan.

Kalau kamu punya rekomendasi film Thailand lainnya, boleh banget share di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Solo Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare