...
hadiah lebaran untuk orang tua
5-min read

Rekomendasi 7 Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Biar Full Senyum!

hadiah lebaran untuk orang tua

Udah mau lebaran, jangan lupa siapin hadiah lebaran untuk orang tua di kampung!

Lebaran sebentar lagi~ Udah ada rencana mudik? Kalo udah, hadiah lebaran buat orang tua kamu udah juga? Belum?

Bingung mau kasih apa? Sini sini, Kostmin kasih rekomendasi 7 hadiah yang bisa kamu kasih ke orang tua pas lebaran nanti!

Siapa yang udah nggak sabar mau lebaran? THR udah cair belum, nih? Kalo udah, cus dipisahin sedikit buat ngasih ke saudara yang masih cilik-cilik, sama beli hadiah lebaran buat orang tua biar full senyum pas lebaran nanti.

Mengenal Tradisi Lebaran

Lebaran atau Idul Fitri adalah salah satu hari raya besar dalam agama Islam yang dirayakan setelah sebulan penuh berpuasa pada bulan Ramadan. Perayaan keagamaan ini biasanya dirayakan pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah, yang merupakan kalender yang digunakan dalam agama Islam.

Lebaran memiliki makna penting bagi umat Islam, karena menjadi simbol kemenangan setelah berjuang melewati bulan Ramadan dengan berpuasa, menahan diri, dan beribadah.

Selain itu, lebaran juga jadi momen untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat, memaafkan kesalahan, dan mempererat silaturahmi. Momen Lebaran biasanya dirayakan dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang berbeda di setiap negara dan daerah.

Di Indonesia, beberapa tradisi yang biasa dilakukan pada lebaran. Salah satu tradisi yang unik adalah mudik. Kegiatan ini adalah waktu saat para muslim pulang ke kampung halaman mereka di daerah masing-masing untuk merayakan hari raya lebaran.

Nah, sebelum pulang kampung, tentunya kamu yang sudah kerja di luar kota udah nyiapin uang THR buat saudara-saudaramu yang masih kecil, dong! Jangan lupa juga bawa hadiah lebaran buat orang tuamu, kalau masih bingung, intip 7 rekomendasinya di bawah ini!

Info wajib baca: 9 Ide Dekorasi Idul Fitri untuk Kantor Biar Makin Cakep | Bisa Kamu Bikin Sendiri Juga

7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua

Lebaran selain waktunya bermaaf-maafan, juga bisa jadi waktu untuk ngasih hadiah spesial buat orang tua kamu. Ini dia 7 rekomendasi hadiah lebaran yang bisa kamu kasih ke orang tuamu, biar momen lebaran makin spesial!

1. Hadiah kue Lebaran untuk orang tua

hadiah lebaran untuk orang tua
Source: Mommyasia

Pada hari raya, makanan adalah hal yang sangat penting, dan memberikan kue lebaran kepada orang tua dapat menjadi hadiah yang berharga, seperti nastar, kastengel, atau putri salju. Kamu bisa kasih kue Lebaran yang udah jadi, atau lebih bagus kalau kamu bikin sendiri, biar makin spesial!

2. Baju baru dan aksesoris

hadiah lebaran untuk orang tua
Source: Cianjur Today

Lebaran identik sama baju baru. Baju baru dan aksesoris Lebaran buat orang tua kamu bisa jadi hadiah yang sangat berharga. Kamu bisa memilih baju koko, gamis, kerudung, atau jubah untuk ayah dan ibu.

Kamu juga bisa memberikan aksesoris seperti sarung, sepatu atau sendal, dan tas yang cocok dengan pakaian baru mereka.

3. Peralatan dapur atau elektronik rumah tangga

hadiah lebaran untuk orang tua
Source: Berita 99.co

Kalau orang tua kamu suka memasak atau sering menghabiskan waktu di dapur, memberikan peralatan dapur baru seperti oven, blender, atau mixer bisa jadi hadiah yang sangat berguna.

Selain itu, kalau kamu punya rezeki yang lebih, bisa juga memberikan elektronik rumah tangga seperti televisi, kipas angin, atau AC yang dapat meningkatkan kenyamanan rumah orang tuamu.

4. Voucher belanja

hadiah lebaran untuk orang tua
Source: Kompasiana.com

Nggak cuma kita atau temen-temenmu yang seneng kalo dapet voucher belanja. Orang tua kalau dikasih voucher belanja juga pasti bakal full senyum! Kamu bisa kasih voucher belanja gratis di supermarket favorit orang tuamu buat belanja bulanan.

Nominalnya pun bisa disesuaikan dengan dana yang kamu miliki. Selain itu, voucher belanja juga bisa jadi sebuah hal yang berguna buat orang tua kamu.

5. Hiasan rumah

hadiah lebaran untuk orang tua
Source: Shopee

Pernak pernik atau hiasan rumah juga bisa jadi salah satu ide kado hari raya idul fitri buat orang tua kamu. Hiasan rumah ini bisa mempercantik tampilan rumah orang tua mu di hari raya, dan hari-hari selanjutnya.

Kamu bisa kasih hadiah berupa bingkai foto, cermin atau gantungan estetik, atau mungkin kamu bisa ajak orang tuamu beli pernak pernik rumah secara langsung ke toko. Tapi, kalau belum punyadana buat beli langsung ke toko? Tenang, solusinya ada di poin berikutnya!

6. Barang buatan tangan atau handmade

Barang buatan tangan atau handmade
Source: FJB Kaskus

Ini dia solusi buat kamu yang belum punya budget cukup, atau mungkin mau bikin suasana lebaran semakin terasa hangat bersama orang tuamu. Yaitu dengan memberikan mereka hadiah hasil buatan tanganmu sendiri atau handmade!

Kamu bisa kasih pernak pernik kecil, syal, atau kartu ucapan yang kamu buat. Tapi kalau belum ada waktu, kamu bisa pakai jasa custom produk yang ingin kamu jadikan hadiah buat orang tua mu, misalnya custom cangkir atau mug dengan foto mereka berdua biar keliatan romantis, hihihi.

7. Hadiah perlengkapan ibadah Lebaran untuk orang tua

Perlengkapan ibadah
Source: Bukalapak

Selain sesuai temanya, ‘lebaran’, yang satu ini mungkin bakal jadi hadiah yang paling nggak terlupakan dan paling cakep, yaitu perlengkapan ibadah! Kamu bisa jadikan perlengkapan ibadah sebagai hadiah buat orang tuamu di rumah. Selain itu, hadiah ini juga bisa memberi manfaat buatmu dan orang tua mu.

Kamu bisa kasih set mukena, sarung, kopiah atau peci, tasbih, sajadah, atau bahkan Al-Qur’an dan tempat menaruhnya untuk membaca, sebagai hadiah lebaran untuk orang tua. Dijamin, selain sangat bermakna, orang tua juga bakalan full senyum pas lebaran!

Info wajib baca: Lebaran Tanpa Merogoh Kocek, Ini Dia 5 Rekomendasi Barang Murah!


Nggak cuma dengan kasih THR, hadiah lebaran yang kamu kasih pun bisa jadi berharga buat orang tuamu. Sekecil apapun hadiahnya, kalau memang berguna dan kamu memberinya dengan ikhlas, pasti bakalan jadi berkah, dan bikin orang tua senang menerimanya!

Nah, buat kamu yang udah ada rencana mudik ke kampung halaman dan ketemu orang tua, kira-kira kamu mau kasih hadiah lebaran yang mana, nih, buat lebaran nanti?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare