...
cerita kisah dan mukjizat Nabi Idris
5-min read

Mengenal Nabi Idris, Sang Nabi Pertama yang Memiliki Kemampuan Membaca dan Menulis

cerita kisah dan mukjizat Nabi Idris

Simak cerita kisah dan mukjizat Nabi Idris dalam artikel di bawah ini, yuk!

Pernahkah kamu mendengar tentang Nabi Idris? Beliau adalah nabi pertama yang memiliki kemampuan membaca dan menulis, sehingga menjadi sosok yang sangat penting dalam sejarah perkembangan tulisan.

Namun, meskipun begitu, tidak banyak orang yang benar-benar mengenal siapa Nabi Idris ini dan apa saja kontribusinya bagi peradaban manusia. Yuk, mari kita pelajari lebih dalam tentangnya!

Sejarah Singkat Nabi Idris

Sejarah Singkat Nabi Idris
Source: Alif.id

Nabi Idris adalah seorang putra dari Yarid bin Mihla’iel (Mahlail) bin Qinan bin Anusy bin Syith (Syits) bin Adam AS. Beliau juga terkenal di kalangan Yahudi dan Nasrani dengan sebutan nama Akhnukh.

Nabi Idris lahir di Memphis, Mesir sekitar tahun 4533-4188 SM. Nama Idris sendiri berasal dari kata ‘Darasa’ yang memiliki arti belajar. Hal ini disebabkan karena Nabi Idris dikenal sebagai sosok yang sangat senang belajar dan suka mengkaji fenomena terkait alam semesta.

Beliau diutus oleh Allah SWT sebagai nabi untuk menjalankan dakwah di Babilonia hingga ke Mesir. Nabi Idris juga merupakan manusia pertama yang menerima wahyu dari malaikat Jibril saat menginjak usia 82 tahun.

Info wajib baca: Kisah Nabi Ishaq AS yang Terkandung dalam Al-Qur’an | Dari Perjalanan Dakwah hingga Mukjizat

Perjalanan Dakwah Nabi Idris

Perjalanan Dakwah Nabi Idris
Source: AyoMalang.com

Nabi Idris diutus oleh Allah SWT sebagai nabi untuk menyebarkan ajaran Islam yang meyakini Allah SWT sebagai Tuhan satu-satunya. Ia juga mengajarkan bagaimana cara menyembah Allah SWT dengan melakukan ibadah termasuk juga pedoman hidup dalam berperilaku sebagai manusia di dunia.

Dalam sebuah riwayat, Nabi Idris dikaruniai kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu oleh Allah SWT., serta kemampuan untuk menciptakan alat-alat yang mempermudah pekerjaan manusia. Nabi Idris terkenal disiplin dalam ilmu-ilmu pengetahuan seperti pengenalan tulisan, matematika, dan astronomi. 

Beberapa sumber mengatakan bahwa awalnya Nabi Idris melakukan dakwah di Babilonia, namun karena para penduduk di sana tidak dapat menerima ajaran Nabi Idris, maka ia pun berhijrah ke Mesir untuk meneruskan dakwahnya dalam mengajarkan agama Islam.

Cerita Kisah dan Mukjizat Nabi Idris

Cerita Kisah dan Mukjizat Nabi Idris
Source: Inilah.com

1. Cerita kisah dan mukjizat Nabi Idris: Orang yang pertama dapat menulis

Nabi Idris merupakan orang pertama yang dapat menulis menggunakan pena. Pada masa itu, pena terbuat dari batu kerikil. Kemampuan Nabi Idris dalam menulis ini dikarenakan ia rajin belajar tanpa mengenal waktu dan tempat.

Tidak hanya kemampuan menulis, Nabi Idris juga merupakan orang pertama yang dapat membaca, menghitung, hingga pandai dalam menunggang kuda. Nabi Idris juga mengajarkan kaumnya untuk dapat menulis, membaca, dan menghitung. Hal tersebut tentunya sangat membantu mereka untuk mengenali dan menggolongkan beberapa hal.

2. Menerima 30 Suhuf

Suhuf adalah istilah dalam agama Islam yang merujuk pada naskah-naskah suci yang diturunkan kepada para nabi sebelum Al-Quran. Naskah-naskah ini disebut sebagai Suhuf al-Ula atau Suhuf al-Awwal (صُحُف الأُولَى) yang artinya “Naskah-naskah Pertama”.

Suhuf ini diyakini diturunkan oleh Allah SWT kepada beberapa nabi sebelum Nabi Muhammad, salah satunya yaitu Nabi Idris. Allah SWT. menurunkan 30 sahifah atau suhuf yang merupakan wahyu untuk disampaikan kepada Bani Qabil, kaum yang dikenal durhaka pada zaman Nabi Idris.

Info wajib baca: 5 Mukjizat Nabi Isa yang Terkandung di Al-Qur’an | Salah Satunya Bisa Menghidupkan Orang Mati

3. Cerita kisah dan mukjizat Nabi Idris: Melihat surga dan neraka

Allah SWT memberikan izin kepada Nabi Idris untuk masuk ke dalam surga setelah meminta Malaikat Izrail mencabut nyawanya. Sesuai dengan izin Allah SWT. dan permohonan Nabi Idris, Malaikat Izrail pun mencabut ruh Nabi Idris secara perlahan kemudian mengangkatnya ke langit.

Nabi Idris kemudian diperlihatkan antara surga dan neraka. Ia melihat keindahan dan kecantikan surga yang tidak dapat dibandingkan dengan nikmat dunia, sementara ia juga melihat pedihnya siksaan neraka dengan kobaran apinya.

Setelahnya, Nabi Idris pun dihidupkan kembali atas izin Allah SWT. Ketika hidup kembali, Nabi Idris menangis sejadi-jadinya membayangkan jika umatnya turut merasakan kesakitan yang dialaminya saat sakaratul maut.

Nabi Idris pun semakin giat untuk mengajak kaumnya agar taat kepada Allah SWT. dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Karena sesungguhnya, surga dan neraka itu nyata adanya.

4. Memiliki gelar “Singa Allah”

Tidak hanya memiliki budi pekerti yang baik, Nabi Idris juga dikenal sebagai orang yang tidak pernah merasa takut dalam menghadapi umat yang kafir. Oleh sebab itu, ia dijuluki sebagai “Singa Allah”.

Nabi Idris juga dikenal sebagai sosok yang pemaaf dan tidak sombong. Allah SWT pun memberikannya gelar ‘Asadul Usud’ karena ia tidak pernah putus asa dalam menyebarkan ajaran agama Islam kepada umatnya.


Demikian cerita kisah dan mukjizat Nabi Idris yang dapat kamu pahami. Sebagai umat muslim yang baik, tentunya merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk meneladani sifat-sifat teladan dari para 25 nabi dan rasul.

Selain kisah Nabi Idris, kamu juga dapat mengetahui dan memahami mukjizat Nabi Luth dan kisah Nabi Nuh yang nggak kalah menarik dan patut dicontoh sifat-sifat serta teladannya bagi para umat muslim.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare