...
5-min read

Jajanan Khas Sumatera Barat, Cocok Untuk Nyemil Saat Bosan!

Ingin makan camilan yang unik dan tidak membosankan? Pertimbangkanlah untuk mencoba 10 jajanan khas Sumatera Barat berikut!

Sumatera Barat memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang melekat. Provinsi ini tidak hanya menawarkan kebudayaan pemandangan alam yang menakjubkan, namun juga jajanan khasnya yang menggoda selera. Dari lemang lembut yang diolah dengan cara tradisional hingga kue talam ubi yang harum, jajanan khas Sumatera Barat tidak hanya cocok untuk merayakan hari besar, namun juga camilan sehari-hari.

Artikel ini membawa Anda dalam perjalanan kuliner melalui ragam jajanan khas Sumatera Barat yang tidak hanya lezat, tetapi juga mencerminkan kekayaan warisan budaya. Ikuti Kostmin dalam jelajahi setiap sudut kota dan desa yang menyajikan cita rasa autentik Sumatera Barat. Sudah siap untuk merayakan keunikan kuliner yang menggoda selera? Mari kita mulai!

1. Kue talam ubi

Kue talam ubi terbuat dari ubi jalar, tepung kanji, dan tepung beras sebagai bahan utama. Tak hanya itu, kue talam ubu juga menggunakan tambahan santan untuk menambah cita rasa pada kue. Terdapat dua warna pada jajanan ini, yakni putih dan cokelat. Bagian bawah hidangan ini berwarna coklat terbuat dari ubi yang telah dikukus dan dihaluskan dengan campuran gula pasir, tepung beras dan santan.

Info wajib baca: Nikmati Keindahan Alam yang Memukau! Berikut 6 Destinasi Wisata di Payakumbuh

2. Lapek sagan

Source: Yummy App

Lapek sagan merupakan salah satu jajanan tradisional khas Sumatra Barat. Adapun nama jajanan ini berasal dari kata sagan berasal dari kata ‘sagan karajo’ yang berarti malas bekerja. Penamaan tersebut dikarenakan hidangan ini terbuat dari ketan utuh yang tidak diproses terlebih dahulu. Selain ketan, lapek sagan juga menggunakan bahan baku pisang kepok dan gula merah, lalu dibungkus dengan daun pisang.

3. Bika bakar

Source: Yummy App

Bika atau singgang merupakan makanan tradisional khas Sumatera Barat yang terbuat dari bahan utama yaitu tepung beras, tape singkong, kelapa parut, dan gula pasir. Jajanan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih dari parutan kelapanya. Diproses dengan cara dibakar, terdapat aroma smoky pada kue ini yang menjadikannya ciri khas tersendiri.

4. Kipang kacang

Ingin makan jajanan yang gurih dan manis? Kipang kacang merupakan kudapan yang cocok untukmu. Kudapan ini menggunakan bahan dasar yaitu kacang tanah dan gula aren yang dipanaskan lalu dilarutkan dengan air. Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan mencampur kacang dengan gula aren kental, lalu mengaduknya dengan teliti. Setelah itu, adonan dicetak dan ditekan-tekan hingga rata.

5. Karupuak jangek

Bosan dengan kudapan yang manis? Mari kita mengeksplorasi jajanan asin khas Sumatera Baat. Kerupuk jangek atau nama lainnya adalah dorokdok adalah oleh-oleh khas Padang, Sumatera Barat yang terbuat dari kulit sapi. Cara memproses kerupuk ini yakni dengan cara merebus kulit sapi pilihan. Setelah itu kulit disangrai, dijemur, dan kemudian digoreng. Kerupuk jangek juga dibumbui dengan penyedap rasa setelah matang.

Info wajib baca: Berkunjung Ke Sumatera Barat? Berikut Minuman Khas yang Wajib Kamu Coba!

6. Kue sangko

Biasa ada pada saat perayaan spesial seperti hari raya, kue sangko merupakan kue yang diproses dengan cara dipanggang. Kue ini berasal dari Pesisir Selatan, tepatnya di Painan. Kudapan ini terbuat dari bahan utama tepung ketan, kelapa parut kukus, garam, dan gula pasir. Kue ini memiliki cita rasa yang manis serta tekstur yang padat dan rapuh. Tidak terlalu manis, kue ini kerap disukai orang tua.

7. Lamang tapai

Lamang Tapai adalah kudapan khas masyarakat Minangkabau tepatnya Kabupaten Solok Selatan. Hidangan ini terbuat dari bahan utama beras ketan dan santan. Keunikkannya yakni pembuatannya menggunakan wadah dari talang (bambu), yang membuatnya memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang lengket serta legit. Sedangkan tapainya terbuat dari beras ketan hitam yang sudah difermentasi.

8. Keripik sanjai

Keripik Sanjai atau Karupuak Sanjai adalah keripik dari irisan tebal singkong yang dipotong secara memanjang, lalu dibalur bumbu berbagai rasa, seperti balado yang pedas dan lengket. Nama ‘Sanjai’ sendiri berasal dari nama sebuah jalan atau daerah di bagian utara di kota Padang. Dinamakan Keripik Sanjai dikarenakan orang-orang yang tinggal di daerah Sanjai ini merupakan produsen keripik gurih ini.

9. Karak kaliang

Karak kaliang talua sianok merupakan makanan yang berasal dari daerah Sianok Anam Suku. Bahan baku utama dari hidangan ini yaitu tepung pulut (beras ketan), telur, dan garam. Masih diproses secara tradisional, kue ini dicetak dengan cetakan tangan, lalu digoreng. Mengutip dari JADESTA, kue ini memiliki tekstur yang sangat empuk dengan cita rasa yang gurih. Tak heran jika kue ini sangat digemari tidak hanya oleh masyarakat Sumatera Barat, namun juga masyarakat Indonesia dari daerah lainnya.

10. Kue sapik

Memiliki cita rasa yang manis dan gurih serta tekstur yang garing, kue sapik sering menjadi pilihan masyarakat Sumatera Barat untuk menjadikan jajanan ini sebagai camilan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kue ini memiliki bentuk seperti kue semprong, hanya saja camilan ini tidak digulung. Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam kue ini yakni dari tepung beras, gula, santan, telur, dan bubuk vanili atau kayu manis.


Pada perjalanan kuliner kali ini, kita telah menyusuri kelezatan jajanan khas yang merefleksikan warisan dan kehangatan masyarakat Sumatera Barat. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu untuk mencari jajanan enak dari berbagai kekayaan kuliner Indonesia yang begitu beragam!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare